7 Benda Rumah Tangga yang Sebenarnya ‘Membunuhmu’ Pelan-Pelan

oleh Rizal
15:00 PM on Aug 25, 2015

Ungkapan populer mengatakan tidak ada tempat paling nyaman selain di rumah. Setuju dengan pernyataan ini? Sebaiknya cek kembali karena kenyataannya jauh dari itu. Benar sekali, rumah yang selama ini jadi tempat berlindung kita yang paling aman, tak lebih dari bangsal pembunuhan yang siap mencelakai kita setiap saat tanpa disadari. Ya, tentu saja hal tersebut bisa terjadi jika syarat dan ketentuannya terpenuhi.

Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti atau bikin paranoid. Kenyataannya memang banyak tersebar hal-hal mengerikan di rumah dan cukup berpotensi untuk membunuh. Berhati-hatilah, terutama terhadap deretan benda ini.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Air Conditioner

Di kota-kota besar hampir semua penduduknya memiliki alat ini. AC memang berguna sekali  untuk membuat suasana menjadi dingin seketika. Namun ada masa di mana si pendingin ini berubah menjadi mesin pembunuh diam-diam. Ketika AC bocor, ia akan mengeluarkan freon. Sebuah gas yang tidak berbau dan tidak berasa yang akan sangat fatal bila terhirup.

AC bocor bisa menghasilkan freon yang akan membahayakan dirimu [Image Source]
AC bocor bisa menghasilkan freon yang akan membahayakan dirimu [Image Source]
Menghirup freon dalam jumlah besar akan membuatmu pusing, mual, jantung berdebar kencang, kerusakan organ hingga kematian. Oleh karenanya, diwajibkan untuk selalu memeriksa pendingin ruang. Jangan sampai bocor atau hal fatal akan terjadi.

2. Colokan Listrik

Jangan sekali-sekali meremehkan listrik dan semua perangkatnya, termasuk salah satunya adalah colokan listrik. Memang sangat berguna, tapi alat ini ternyata memberikan bahaya yang tidak kira-kira. Sekitar 4000 orang di Amerika Serikat pertahunnya harus dilarikan ke instalasi gawat darurat karena penyalahgunaan alat ini.

Meskipun familiar digunakan sehari-hari, harus tetap waspada [Image Source]
Meskipun familiar digunakan sehari-hari, harus tetap waspada [Image Source]
Colokan listrik ini juga rata-rata menewaskan tak kurang dari 50 orang. Bahkan sudah berapa banyak rumah yang terbakar hingga jadi debu gara-gara alat ini. Harus lebih perhatian ketika menggunakan colokan listrik. Jangan menggunakannya ketika tangan atau tubuh dalam keadaan basah dan juga diletakkan di tempat yang dekat dengan jangkauan anak-anak. Begitu menimbulkan percikan api, ganti semua komponennya.

3. Bathtub

Ya, bak mandi yang nyaman itu ternyata juga adalah salah satu pembunuh paling potensial di rumah. Kasusnya sangat beragam, mulai dari terpeleset ubin dan kemudian kepala terbentuk bathtub sampai tenggelam tiba-tiba. Oleh karenanya, jangan pernah tidak waspada ketika mandi dan berendam. Selalu bekali sekitar bathtup dengan karpet anti selip.

Tempat nyaman ini bisa jadi monster mematikan [Image Source]
Tempat nyaman ini bisa jadi monster mematikan [Image Source]
Ancaman bathtup tidak hanya tenggelam dan terpeleset, tapi juga kebiasaan membawa barang elektronik. Ya, listrik sangat berteman baik dengan air. Sudah terlalu banyak peringatan untuk tidak mendekatkan dua benda ini. Namun karena faktor kenyamanan dan egoisme, banyak orang yang akhirnya malah celaka. Suka memakai smartphone atau mp3 ketika berendam? Sebaiknya mulai hindari kebiasaan mematikan itu.

4. Ubin Kayu

Berbeda dengan keramik, ubin kayu memberikan sensasi keindahan ruang yang benar-benar beda. Ada sentuhan elegan serta kehangatan di sana. Bahkan sudah sejak lama ubin kayu ini jadi penghias ruang di rumah-rumah orang kaya. Namun percaya kah kamu bahwa benda ini juga ternyata cukup mematikan?

Ya, rumah dengan dekorasi lantai kayu ini pun tidak sangat aman untuk siapa pun [Image Source]
Ya, rumah dengan dekorasi lantai kayu ini pun tidak sangat aman untuk siapa pun [Image Source]
Yup, ubin kayu rata-rata menggunakan jenis lem urea-formaldehyde yang membuatnya bisa menempel dengan rapi dan kuat. Namun demikian, jenis bahan ini sudah seringkali membuat hewan peliharaan terkena kanker yang sangat mungkin juga terjadi padamu. Untungnya, saat ini para perusahaan furnitur sudah mulai mengurangi penggunaan jenis lem tersebut. Namun perlu untuk tetap diperhatikan agar melakukan perawatan dengan ubin kayu ini. Misalnya dengan terus membuat rumah tetap sejuk. Suhu yang hangat dan panas di dalam rumah akan membuat ubin kayu ini mengeluarkan emisi dari urea-formaldehyde walaupun jumlahnya sedikit.

5. Air Panas

Punya fasilitas air panas otomatis mungkin adalah alasan kenapa rumah menjadi sangat nyaman. Setiap saat kita bisa menggunakannya untuk mandi atau sekedar cuci muka. Uniknya, air panas ini bisa langsung keluar dari keran-keran rumah. Terlihat sangat nyaman, tapi air panas otomatis ternyata adalah pembunuh yang kejam.

Berhati-hati ketika menggunakan keran air panas seperti ini [Image Source]
Berhati-hati ketika menggunakan keran air panas seperti ini [Image Source]
Di Amerika Serikat sekitar seribuan orang mati melepuh gara-gara air panas otomatis ini. Bagaimana tidak, ketika mereka hendak mencuci muka atau menggosok gigi, air keran yang keluar justru super panas. Anak-anak juga jadi korban yang cukup sering. Mereka bermain-main keran dan berakhir dengan tangan atau muka melepuh. Jika kamu juga menggunakan fasilitas ini di rumah, disarankan untuk berhati-hati. Kalau perlu gunakan pula alat pengaman.

6. Perapian dan Cerobong Asap

Di malam yang dingin, paling asyik minum segelas coklat hangat sambil duduk di kursi malas dekat perapian. Berasa seperti surga banget. Walaupun secara harfiah akan benar-benar membawamu ke surga tentunya lewat proses kematian dulu. Yup, dua perangkat ini ternyata juga menyajikan bahaya besar dan bisa membunuh seseorang tanpa disadari.

Tempat pengapian ternyata juga menghasilkan gas monoksida yang berbahaya bagi manusia [Image Source]
Tempat pengapian ternyata juga menghasilkan gas monoksida yang berbahaya bagi manusia [Image Source]
Perapian berisi barang-barang yang mudah terbakar. Artinya, bukan tidak mungkin apinya akan menyebar ke benda-benda lain di sekitarnya. Sudah lumayan banyak kasus kebakaran yang disebabkan oleh perapian ini. Namun yang lebih bahaya lagi adalah asap perapiannya. Tidak semua hasil pembakaran akan keluar lewat cerobong asap. Sebagian kecil lainnya pasti berputar di sekitar rumah.

Asap pembakaran ini mengandung carbon monoksida yang sangat berbahaya jika terhirup. Memang sangat menarik dan artistik sekali sih keberadaan cerobong asap ini. Tapi, dampak buruknya juga tidak tanggung-tanggung.

7. Toilet

Harus diakui meskipun jorok dan bau, toilet adalah tempat mencari inspirasi yang paling bisa diandalkan. Namun, toilet sejatinya adalah bom waktu. Ia bisa meledak tanpa pernah kita kira sebelumnya. Serius, benda ini memang sedang menunggu momentum untuk memuntahkan isinya. Seperti yang kamu tahu, toilet adalah penghasil gas metan yang berasal dari kotoran. Nah, gas metan ini sangat mudah terbakar  dan juga bisa membuatmu mati lemas jika menghirupnya dalam jumlah besar.

Di dalam tempat ini terdapat sebuah bom waktu yang bisa meledak kapan saja [Image Source]
Di dalam tempat ini terdapat sebuah bom waktu yang bisa meledak kapan saja [Image Source]
Ketika kamu menyadari ada yang salah dengan toilet di rumah entah saluran airnya yang macet atau mulai mengeluarkan bebauan yang busuk, segera panggil tenaga ahli. Membiarkan hal tersebut terjadi sama halnya kamu mempercepat kematian.

Rumah memang tempat ternyaman, tapi kalau kita tidak telaten dalam merawatnya justru akan jadi tempat kematian yang tak terduga. Mulai cek satu persatu, apakah ada yang salah dengan benda-benda di atas jika kamu juga menggunakannya. Sedikit berkeringat tidak masalah dari pada kemalasan yang akan menggiringmu kepada hal mengerikan yang tak terbayangkan sebelumnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA