Ketika Steve Jobs Menjauhkan iPad dari Anak-Anaknya Sendiri

oleh Tetalogi
16:25 PM on Aug 25, 2015

Kamu mungkin akan mengira bahwa kehidupan Steve Jobs dan keluarganya sehari-hari akan selalu dikelilingi dengan teknologi. Mengingat Steve Jobs adalah pendiri Apple Inc. maka tidak aneh jika kita menyangka ia dan keluarganya akan bergantung dengan teknologi. Tapi nyatanya, Steve Jobs malah membatasi penggunaan teknologi pada anak-anaknya. Mereka bahkan tidak memiliki iPad.

Steve Jobs tidak mengijinkan anaknya untuk menghabiskan terlalu banyak waktu menggunakan gadget-gadget tersebut bahkan ketika iPad sukses besar di pasaran pada tahun 2010. Putrinya bahkan tidak memiliki iPad. Steve Jobs sendiri mengaku bahwa ia dan keluarganya tidak menggunakan iPad dan membatasi penggunaan teknologi pada anak-anak di rumah.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Setiap sore, Steve Jobs dan keluarganya akan makan malam bersama di meja panjang di dapur, membicarakan tentang buku, sejarah, dan banyak hal lainnya. Namun tidak ada yang mengeluarkan iPad atau laptop atau menyalakan komputer. Anak-anak Steve Jobs tidak ketagihan alat-alat tersebut karena ia tahu bahwa terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget bukanlah hal yang baik bagi perkembangan anak-anak.

Steve Jobs dan keluarganya [Image Source]
Steve Jobs dan keluarganya [Image Source]
Bukan hanya Steve Jobs yang membatasi penggunaan teknologi pada anak-anaknya. Banyak ahli teknologi melakukan hal yang sama, salah satu contohnya adalah CEO Chris Anderson yang merupakan pembuat drone 3D Robotics. Anderson dengan jelas melarang kelima anaknya berada terlalu lama di depan layar karena potensi bahaya yang dimilikinya.

“Ini karena kami telah melihat bahaya teknologi pertama kali. Aku sudah melihatnya sendiri, aku tidak ingin hal tersebut terjadi pada anakku,” ujar Chris Anderson.

Tidak hanya Chris Anderson dan Steve Jobs, beberapa orang tua yang bekerja di perusahaan teknologi tinggi seperti Apple, eBay, Google, Helwtt-Packard dan Yahoo justru membatasi paparan teknologi pada anaknya. Mereka bahkan mengambil langkah lebih jauh dengan menyekolahkan anak-anaknya di sekolah yang juga membatasi peralatan elektronik seperti Waldorf Elementary School di Los Altos, California. Di sekolah ini, para murid diajak untuk mengembangkan bakat mereka masing-masing tanpa gangguan dari gadget elektronik semacam smartphone, iPad, bahkan televisi.

Chris Anderson, CEO 3D Robotics [Image Source]
Chris Anderson, CEO 3D Robotics [Image Source]
Yang perlu dilakukan orang tua adalah membiarkan anak-anak tumbuh dengan berinteraksi, mengembangkan kreativitas dan melatih spontanitas mereka yang merupakan ciri khas kehidupan anak-anak yang sehat. Sudah seharusnya anak-anak melakukan hal seperti bermain dengan temannya, makan bersama dengan keluarga, dan menyelesaikan masalah bersama-sama.

Justru yang mengerikan adalah membiarkan anak-anak menjadi terasing gara-gara terikat dengan gadget mereka yang akhirnya membuat mereka tidak pernah memasuki dunia nyata. Membiarkan anak-anak terpapar dengan smartphone atau gadget sejenisnya di usia yang terlalu dini bisa membatasi kemampuannya mengembangkan imajinasi, kreativitas, dan berinteraksi dengan orang lain.

Biarkan anak-anak bermain sesuai dengan usianya bersama dengan teman-teman mereka [Image Source]
Biarkan anak-anak bermain sesuai dengan usianya bersama dengan teman-teman mereka [Image Source]
Rasanya bukan hal yang aneh jika di era teknologi seperti sekarang ini setiap orang menginginkan untuk bisa mengikuti segala perkembangan teknologi sedini mungkin. Jadi jangan heran jika anak-anak kecil saja sudah pegang iPad, laptop dan sejenisnya kemana-mana dengan harapan mereka tidak akan jadi gaptek. Namun kita perlu bertanya pada diri sendiri, apa konsekuensi dari gaya hidup seperti ini?

Tidak hanya anak-anak, setiap orang juga perlu untuk mengembangkan diri dan tidak tergantung dan terikat dengan peralatan semacam smartphone, iPad, dan sejenisnya. Kita perlu berjalan ke luar dan berinteraksi secara langsung dengan orang-orang lainnya. Ajak anak-anakmu untuk bermain bersama di luar dan menikmati hidup mereka dengan lebih sehat dan seimbang secara fisik dan mental, tanpa terikat dengan gadget.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA