“Babu” Asal India ini Tajir Melintir Sampai Punya 200 Mobil Mewah. Kok bisa?

Nasib siapa yang tahu, yang penting kita selalu berusaha, bekerja keras, dan rendah hati di setiap langkah yang kita ambil.

oleh Faisal Bosnia Ahmad
13:00 PM on Mar 10, 2017

Ramesh Babu adalah seorang pria asal Bangalore, India yang punya profesi sebagai pemangkas rambut. Meski demikian, ia punya pekerjaan ‘sampingan’ yakni menyewakan mobil-mobil mewah. Hingga saat ini, total mobil mewahnya berjumlah lebih dari 200 unit.

Akan tetapi, jika mengetahui seperti apa awal perjalanan kisahnya, tak akan ada yang berani memprediksi bahwa Ramesh akan sukses seperti ini. Dulunya, ia hanya berprofesi sebagai seorang tukang cukur. Pekerjaan yang juga digeluti oleh ayahnya.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Pekerja keras sejak masih remaja

Ia berasal dari keluarga miskin. Ayahnya, yang berprofesi sebagai pemangkas rambut, meninggal cepat pada tahun 1979. Untuk menghidupi seluruh anggota keluarga, ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Ramesh Babu India
Ramesh Babu. [Image Source].
Ayahnya hanya mewariskan tempat cukur yang saat itu dikelola oleh pamannya. Sebagai kompensasi, setiap hari pamannya selalu memberi Ramesh dan saudaranya uang saku. Tapi tak banyak, hanya 5 rupee. Jumlah uang yang bahkan pada saat itu tak mampu membiayai kebutuhan harian mereka. Uang tersebut hanya cukup untuk makan. Itupun hanya satu kali dalam sehari. Itupun dengan lauk seadanya.

Memasuki jenjang sekolah menengah, Ramesh mulai coba peruntungan dengan bekerja serabutan sekadar untuk meringankan beban hidup ibunya. Pekerjaan seperti loper koran atau pengantar susu sudah khatam ia jalankan sehari-harinya.

Titik balik kesuksesan

Pada usia 19 tahun, ibunya bertengkar hebat dengan pamannya karena ia berhenti sama sekali memberi anak-anaknya uang harian. Pamannya bilang, kalau ingin mencari uang, ia harus berusaha sendirian. Sejak saat itu kepemilikan salon diserahkan kepadanya.

Ramesh Babu India
Ramesh berpose di depan mobil mewahnya. [Image Source].
Ibunya tak setuju karena ingin Ramesh mengutamakan pendidikan. Namun, ia tetap nekat. Ia menyiasatinya dengan membagi waktu. Paginya, ia membuka tempat cukur, siangnya ia pergi ke kampus, dan pulang dari kampus ia kembali menerima pelanggan yang ingin dicukur.

Jangankan waktu untuk bermain, waktu untuk belajar juga ia sering keteteran. Hal itu tak terlepas dari kesibukannya sebagai pemangkas rambut. Bayangkan saja, jam operasionalnya bahkan kerap buka hingga tengah malam.

Awal munculnya gagasan riskan namun brilian

Kemudian pada tahun 1993. Pamannya membeli sebuah mobil kecil, karena tak mau kalah, ia pun membeli sebuah mobil van, namun bekas pakai. Ia sisihkan sebagian penghasilannya serta melakukan pinjaman untuk membeli mobil tersebut.

Ramesh Babu India
Ramesh berpose di depan mobil mewahnya (lagi). [Image Source].
Seorang wanita pemilik rumah di mana ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga, bertanya kenapa ia tidak menyewakannya saja? Alih-alih hanya digunakan untuk main-main. Ia mengajarkan hal-hal mendasar mengenai usaha ini. Ia sudah seperti saudara kandung bagi Ramesh, dan hingga saat ini wanita tersebut masih menjadi bagian besar kesuksesan hidupnya.

Kesuksesan yang tak dinyana

Setahun kemudian, Ramesh mulai serius menekuni jasa penyewaan mobil. Pelanggannya lumayan banyak datang silih berganti. Kian tahun bisnisnya kian menggelembung. Pada tahun 2004, ia sudah punya enam mobil.

Ramesh Babu India
Ramesh Babu. [Image Source].
Padahal prioritasnya adalah mengembangkan sayap usaha pangkas rambutnya selebar mungkin. Belum lagi, pada tahun itu bisnis sewa mobilnya tengah lesu karena ketatnya persaingan. Semua orang bisa membeli mobil dan menyewakannya. Sadar ceruk ini semakin ramai, ia pun mulai memikirkan gagasan untuk membeli dan menyewakan mobil mewah.

Nekat banting setir ke segmen lain

Pada tahun yang sama, ia langsung membeli satu unit mobil mewah. Orang-orang terdekatnya bilang kalau ia telah melakukan kesalahan fatal. Uang sebanyak 40 lakh (atau sekitar Rp800 juta) ia gelontorkan untuk membeli sedan Mercedes E-Class.

Ramesh Babu India
Yang penting nekat, hasil belakangan. [Image Source].
Sebetulnya ia juga sama khawatirnya dengan yang lain. Namun, ia berani mengambil langkah riskan seperti itu. Apabila hasil tak sesuai harapan, ia siap menjual mobil tersebut.

Beruntung, langkah nekatnya terbayar lunas. Tak ada yang berani menyewakan mobil mewah seperti dirinya. Ia orang pertama di Bangalore yang berinvestasi pada mobil mewah. Dan hasilnya luar biasa. Para pelanggannya kalangan premium, dari politikus hingga artis papan atas Bollywood. Sebut saja Aamir Khan, Aishwarya Rai, hingga Salman Khan.

Hingga saat ini, deretan mobil mewahnya sudah mencapai 200 buah. Ada BMW seri 5 dan seri 7, Mercedes-Benz S Class dan E Class, Honda Accord, Honda CR-V, Rolls-Royce Ghost, hingga yang terbaru seperti Mercedes Maybach S600. Ia menjalankan bisnisnya di bawah bendera Ramesh Tour & Travels.

Pelajaran dari si “Babu”

Ingin tahu apa resep kesuksesan Ramesh? Ia memperingatkan kita bahwa dalam setiap usaha pasti ada jalan terjal. Di pertengahan bisnisnya, ia pernah kelimpungan mencari dana talangan untuk membayar pajak semua mobil mewahnya. Makanya, ketika kamu mendapat cobaan dalam bisnismu, kamu tak perlu cengeng atau meratapi nasibmu. Hadapi semuanya dengan sepenuh hati.

Ramesh Babu India
Dalam konferensi TED Talks. [Image Source].
Terakhir, Ramesh punya prinsip yang ingin ia bagikan kepada orang lain.

Bekerja keraslah dan tetap rendah hati. Sisanya, hanya keberuntungan semata.

Seperti itulah Ramesh, sedari kecil ia selalu berusaha keras. Ia bahkan rela mengorbankan waktu bermain demi membantu ibunya. Ia juga berani mengambil risiko di saat orang lain meragukannya.

Ia juga dikenal sebagai penata rambut yang rendah hati dan tidak sombong. Meski penghasilan dari jasa travelnya luar biasa besar, hingga saat ini, ia tak lupa akar. Ia tetap berprofesi sebagai pemangkas rambut dengan bayaran hanya 65 rupee (sekitar Rp15 ribu) per pelanggan. Ia bilang, ia baru akan berhenti ketika tangannya sudah tak bisa diajak kompromi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 30 Gambar Kocak dan Nekat ini Buktikan Kenapa Usia Wanita Lebih Panjang Ketimbang Para Pria
BERITA TERKAIT
BACA JUGA