Arti Warna Warni Pada Dekorasi Natal

oleh wahyu
16:43 PM on Dec 26, 2014

Dalam ibadah umat Kristiani, warna merupakan suatu simbol dan masing-masing pasti memiliki maknanya tersendiri. Warna-warna tersebut bisa Anda temukan sebagai penghias pakaian, Mesdinar, liturgi Imam, Prodiakon hingga dekorasi altar Gereja.

Lima warna dasar yang digunakan dalam tata warna liturgi Ekaristi antara lain merah, putih, hijau, hitam, dan ungu. Selain Ekaristi, Natal juga tak lepas dengan warna merah, hijau, dan putih. Yuk cari tahu apa sih maknanya!

Baca Juga
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia
Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat dan Harganya Bikin Dompet Meringis

Pohon Natal
Pohon Natal

1. Merah

warna merah dalam perayaan natal melambangkan darah Yesus (pengorbanan Yesus) dan sebagai simbol energi, kehangatan dan cinta. Karena Natal menjadi momen berkumpul dengan orang-orang tersayang. Warna merah juga melambangkan semangat, kebebasan, keberanian dan pengorbanan. Sebagai tata warna liturgi, warna merah merupakan lambang Roh Kudus yang penuh kekuataan dan kesetiaan. Nah, Anda bisa melihat warna merah menghiasi pohon Natal, konstum Santa Klaus, hadiah Natal dan masih banyak lagi tentunya.

2. Hijau

Warna ini adalah simbol kehidupan abadi Yesus dan harapan atas sesuatu yang baru. Warna ini juga seringkali diwakili oleh pohon Natal yang melambangkan kehidupan dan kelahiran kembali (kebangkitan Yesus). Hijau juga merupakan simbol pengharapan, penyembuhan dan pertumbuhan iman. Sebagai tata warna liturgi, hijau merupakan warna hidup baru, harapan, masa depan dan keremajaan. Saat Natal, warna hijau dirangkai dengan warna merah seperti yang biasa Anda temukan pada pohon Natal dan berbagai hiasannya.

3. Putih

Saat Natal warna putih juga banyak terlihat dalam sebuah dekorasi Natal. Ada pada janggut Santa Klaus, dan juga salju di negara yang sedang mengalami musim dingin. Putih melambangkan kesucian, ketenangan, harapan terang, pengampunan dan spiritual. Putih juga sering dilambangkan sebagai cahaya Ilahi melalui cahaya lilin, yang melambangkan peran para malaikat dan orang-orang suci Kristiani sehingga juga dimaknai sebagai kekudusan dan kemurnian. Putih juga merupakan lambang kebangkitan. Pada pohon Natal, warna putih atau perak diharapkan dapat memberikan aura kelembutan dan kesabaran bagi seluruh keluarga. (IT)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA