Antimatter, Benda Termahal di Muka Bumi yang Takkan Bisa Terbeli Siapa pun

oleh Norman Duarte
10:32 AM on Dec 22, 2016

Kalo kamu pernah membaca atau menonton film ‘Angels and Demons’ karya Dan Brown, kamu pasti pernah mendengar tentang ‘Antimatter’. Gak cuma di film itu, Antimatter banyak sekali disebut dalam film-film science fiction lain seperti Star Trek, dll.

Tahu gak, kalo ternyata ‘benda’ yang disebut ‘Antimatter’ atau ‘Darkmatter’ ini bukanlah khayalan fiksi dan benar-benar ada. Dan ternyata harganya mahal banget!!!!

Baca Juga
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah

Harganya sekitar 65 trilyun per gram! Mau tau lebih banyak tentang ‘benda’ ini, dan apakah benar-benar berbahaya, yuk simak fakta-faktanya di bawah ini!

Apa Itu Anti Matter?

Cukup rumit sebenarnya untuk menjelaskan dengan detail apa itu ‘Antimatter’. Intinya gini, segala sesuatu hal di dunia ini ada ‘pasangannya’. Angka 1 punya pasangan -1. Angka 2 punya pasangan -2. Dan seterusnya.

Semua yang ada di alam semesta ini terbuat dari ‘matter’. Arti dari ‘Matter’ sendiri adalah ‘sesuatu’ yang mempunyai ‘massa’. Benda-benda yang tercipta di alam semesta terbuat dari kumpulan atom-atom. Nah, atom ini memiliki massa.

Antimatter [image source]
Dalam bahasa Indonesia, Matter diartikan sebagai Materi. Segala sesuatu hal di dunia tercipta dari materi.  Dan Materi adalah sesuatu yang memiliki ‘massa’, dapat dilihat, dapat diukur, dll. (Hmm, mungkin ini sebabnya lahir istilah Materialisme. Segala hal harus dapat diukur, dilihat, dll)

Antiproton [image source]
Berarti ‘Antimatter’ adalah pasangan dari ‘matter’. Ia adalah sesuatu yang tidak memiliki ‘massa’. Jika ‘matter’ pembentuk air adalah H20 maka antimatter air adalah –H-2-0. Semuanya berlawanan. Ada proton, ada anti proton. Ada hydrogen ada anti hydrogen. Jadi bisa saja ada antimatter saya, antimatter kamu, yang sifatnya berbanding terbalik.

Apa yang terjadi jika ‘Matter’ bertemu dengan pasangan ‘Anti Matter’ nya? Mereka saling menghilangkan menjadi “0”. Seperti 1 ketemu -1.

Asal Muasal Anti Matter

Para ilmuwan meyakini, ketika terjadi Big Bang yang menjadi awal terciptanya alam semesta ini, ledakan itu menghasilkan “Matter/Materi” dan “AntiMatter/Antimateri” dalam jumlah yang sebanding sama persis. Tetapi entah mengapa justru ‘Materi’ malah jauh lebih banyak. Hal ini sama sekali belum terjawab oleh para ilmuwan sampai saat ini.

Teori Big Bang [image source]
Logikanya gini, kalo “matter” selalu punya pasangan “antimatter”, maka jumlahnya harus sama persis dong. Tapi jika mereka bertemu, kan malah saling menghilangkan. Bisa-bisa gak pernah ada alam semesta, karena matter dan antimatter ketemu. Untunglah hal ini tidak terjadi. Kenapa? Para ilmuwan belum menemukan jawabannya.

Kegunaan Anti Matter

Antimatter sebenarnya sangat berguna untuk menghasilkan energy. Ingat jika matter dan antimatter bertemu mereka akan saling menghilangkan. Nah dalam proses saling menghilangkan itu, akan tercipta energy yang sangat besar.

Teori Einstein [image source]
Karena itulah Antimatter bisa digunakan untuk bom, sumber energy tanpa batas, dll. Bayangkan perjalanan luar angkasa kamu gak perlu bawa bahan bakar. Cukup dengan sedikit antimatter yang ditabrakin dengan matter, akan menghasilkan lonjakan energy yang sangat besar!

Bayangin juga dahsyatnya ledakan bom jika antimatter bertemu matter!

Pembuatan Anti Matter

Saat ini para ilmuwan sudah berhasil menciptakan anti matter. Atau lebih tepatnya mengumpulkan sedikit antimatter melalui percobaan di laboratorium. Hanya saja mereka cuma bisa menghasilkan sedikit bangat. Hanya 0,000 berapa gitu deh. Itu pun mereka hanya bisa menyimpannya selama 16 menit.

Membuat Anti Matter [image source]
Nah yang bedain fiksi sama ilmiah tuh di sini. Secara teori Antimatter memang bisa menghasilkan energy yang besar. Tapi sampai sekarang belum ada ilmuwan yang berhasil mengumpulkan/membuatnya cukup banyak dan bertahan lama. Sedangkan dalam cerita-cerita fiksi, manusia sudah berhasil membuat antimatter dan menyimpannya untuk waktu yang lama.

Harganya Mahal

Salah satu alasan mengapa ilmuwan cuma bisa bikin sedikit itu karena proses pembuatannya yang sangat mahal. Diperlukan berbagai peralatan khusus dan teknik khusus yang biayanya sangat besar. Percobaan yang berhasil tercatat adalah pembuatan antimatter untuk hydrogen yang cuma dapat bertahan selama 1000 detik (sekitar 16 menit).

[image source]
Lalu jika mahal, emang siapa yang beli?

Sebenarnya gak ada yang beli. Harga fantastis itu adalah gambaran betapa mahalnya kita membuat antimatter, dan betapa mahalnya antimatter dijadikan sumber energi atau senjata di masa depan.

Oke, sekarang udah paham kan? Sebenarnya ada penjelasan yang lebih ilmiah dan rumit sih. Cuman emang sengaja Boombastis membahasnya dengan ringan biar gampang dimengerti. Semoga ke depannya, manusia lebih kreatif dan berhati-hati mengembangkan pengetahuannya ya, supaya kehidupan kita aman tentram sentosa. Amin!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA