Mengenal Alfonso de Albuquerque, Pria Portugis yang Membuat Indonesia Dijajah Bangsa Eropa

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Aug 17, 2016

Segala hal bisa terjadi dengan sangat besar karena ada sebuah pemicu yang menarik. Hal itulah yang terjadi pada Nusantara di tahun 1500-an di mana Portugis untuk pertama kali datang ke kawasan Maluku. Banyaknya komoditas dagang terutama rempah-rempah membuat Maluku semakin berkibar di kawasan Eropa.

Akhirnya berbondong-bondonglah bangsa Eropa ke kawasan Asia terutama Indonesia. Mereka ingin mencari rempah yang kala itu harganya setara dengan emas. Akibat Alfonso de Albuquerque lah Belanda jadi tahu Indonesia dan akhirnya melakukan kolonialisasi selama ratusan tahun. Berikut kisah perjalanan dari Alfonso de Albuquerque.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Berasal dari Keluarga Kerajaan yang Kuat

Alfonso de Albuquerque adalah anak dari Gonçalo de Albuquerque yang merupakan penguasa dari dua wilayah besar di Portugal. Ayahnya juga memiliki pengaruh yang sangat hebat di bidang hukum dan masih bagian dari Monarki Portugal. Kedudukan yang sangat tinggi dari ayah, membuat Alfonso mendapatkan pendudukan yang sangat layak di sekolah milik Alfonso V.

Alfonso [image source]
Alfonso [image source]
Setelah menyelesaikan pendidikan formalnya, Alfonso menjalani pelatihan militer selama lebih kurang 10 tahun. Dia kerap menjalankan misi-misi besar di kawasan utara dari Afrika untuk melawan Muslim di kawasan Maroko, Mesir, dan juga Turki Ottoman yang kala itu kekuatannya sedang sangat besar.

Melakukan Ekspedisi ke India

Setelah dianggap cukup hebat di dalam dunia militer, Alfonso dikirim untuk melakukan ekspedisi ke kawasan bumi Timur. Ekspedisi pertama dilakukan di kawasan India yang kala itu mulai dikenal oleh bangsa Eropa. Di sini, Alfonso membawa banyak sekali pasukan dan melakukan beberapa kali penyerangan agar diperbolehkan masuk dan membuat sebuah pelabuhan.

Rencana penyerangan Goa [image source]
Rencana penyerangan Goa [image source]
Ekspedisi di India benar-benar dilakukan dengan sekuat tenaga. Setiap tahun selalu ada tambahan pasukan guna melumpuhkan beberapa kerajaan di kawasan India. Pada tahun 1510, Alfonso berhasil melumpuhkan Kerajaan Goa yang dikenal sangat kuat. Kekalahan Goa membuat Portugis semakin mengukuhkan kuasanya di anak benua Asia itu.

Penaklukan Malaka dan ke Pulau Rempah Maluku

Setelah berhasil menaklukkan beberapa kawasan di India, Alfonso diberi misi baru untuk menaklukkan kawasan Malaka. Alfonso mengirim banyak sekali diplomat untuk melakukan lobi-lobi politik guna melancarkan misi perdagangannya. Alfonso membuat perjanjian dengan kerajaan di Burma dan Thailand.

peninggalan malaka [image source]
peninggalan malaka [image source]
Setelah berhasil melakukan misi di kawasan Malaka, Alfonso kembali melanjutkan misi ke kawasan Maluku. Di sana kelompok ini mendapatkan banyak sekali rempah-rempah yang sangat mahal. Mereka memborong habis-habisan dan dibawa ke kawasan Eropa karena memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Bahkan harga dari rempah bisa setara dengan emas karena sangat dibutuhkan oleh orang di Eropa.

Nama Indonesia Dikenal oleh Eropa

Seiring dengan maraknya perdagangan dan penguasaan wilayah di kawasan Maluku, Eropa mulai mengenal kawasan itu sebagai spice islands. Negara-negara di kawasan Eropa juga mulai berminat untuk mendapatkan keuntungan itu. Akhirnya Belanda mengirimkan tim ekspedisi ke Indonesia guna mendapatkan rempah-rempah yang sangat mahal dan berpotensi menyumbang lumbung uang negara.

ternate [image source]
ternate [image source]
Akhirnya timbul perebutan kekuasaan di kawasan Maluku. Portugis (dipimpin Alfonso) yang terlebih dahulu datang dan menguasai kawasan itu tidak terima dengan kedatangan Belanda. Akhirnya peperangan yang sengit tidak bisa dihindarkan dan meninggalkan Belanda sebagai pemenangnya. Dari sini, Belanda mulai melakukan eksplorasi besar-besaran di kawasan Indonesia dari mulai Sabang sampai Merauke. Belanda tidak hanya menguasai sektor rempah saja tapi juga barang tambang yang memiliki nilai jual tinggi.

Inilah kisah tentang Alfonso de Albuquerque. Jika saja pemimpin hebat dari Portugis itu tidak mengenalkan Maluku ke Eropa mungkin bangsa ini masih adem ayem dan tidak dijadikan koloni oleh Belanda selama ratusan tahun.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA