Inilah 6 Alasan Kenapa Burung Jadi Peliharaan Favorit Pria Indonesia

oleh Rizal
12:00 PM on Sep 4, 2015

Selain bergelut dengan akik yang perlahan sudah mulai menurun geliat popularitasnya, memelihara burung juga merupakan hobi yang kental banget dengan orang-orang Indonesia, khususnya para pria. Bahkan kebiasaan ini sudah turun temurun sejak zaman dulu. Uniknya lagi, sepertinya hobi satu ini juga hanya dilakukan orang-orang Indonesia saja. Di Arab tidak akan ditemui seseorang yang memelihara kenari.

Memelihara burung sangat menyenangkan lho. Ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Nah, jika kamu sudah mulai bosan dengan kucing, ikan dan peliharaan lainnya, mungkin yang satu ini bisa jadi pelampiasan hobimu yang baru. Biar makin semangat, berikut deretan alasan kenapa orang-orang hobi sekali memelihara burung.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Suaranya Sangat Menenangkan

Mendengar suara burung berkicau ketika pagi rasanya benar-benar mengasyikkan. Seperti ada semacam gairah dan semangat untuk melakukan aktivitas seharian. Kamu yang memelihara burung pasti juga merasakan hal ini, atau kalau tidak percaya silahkan tanyakan ke orang-orang terdekat yang memiliki hobi seperti ini. Percaya atau tidak suara burung memang bisa memunculkan perasaan yang demikian.

Percaya atau tidak, mendengar suara burung itu sangat menyenangkan [Image Source]
Percaya atau tidak, mendengar suara burung itu sangat menyenangkan [Image Source]
Burung juga mampu khayalanmu tentang suasana alami pedesaan makin terlihat nyata. Cukup pejamkan mata, maka kamu akan merasa seperti ada di sebuah gubuk dan tengah menikmati siang. Selain membangkitkan semangat suara burung juga mampu memberikan efek relaxing alias menenangkan. Uniknya, setiap kicauan burung yang berbeda bisa membawa dampak menyenangkan yang lain pula.

2. Nilai Ekonomis

Ada berbagai kenapa seseorang menekuni sebuah hobi, termasuk memelihara burung ini. Sebagian orang mungkin hanya ingin merawat dan menikmati suaranya saja. Tapi, banyak juga yang memanfaatkan peliharaan ini untuk mendapatkan keuntungan material. Bahkan breeder kelas satu, pekerjaan full time mereka adalah memelihara burung.

Seekor Jalak Bali bisa dihargai sangat mahal [Image Source]
Seekor Jalak Bali bisa dihargai sangat mahal [Image Source]
Percaya atau tidak, sebuah burung bisa memberimu banyak sekali keuntungan ekonomis. Ada berbagai jenis burung yang kalau dijual akan menghasilkan banyak sekali uang. Terlebih jika sudah berkicau dan bulunya tumbuh dengan sempurna. Belum lagi kalau menang kontes, maka makin banyak keuntungan lagi yang akan kamu dapatkan. Sangat sering terjadi seseorang menukarkan mobil mereka hanya untuk sebuah burung juara. Hmm, bayangkan kalau kamu memiliki 10 saja maka sudah terbayang jelas berapa banyak yang akan kamu dapatkan.

3. Perawatannya Mudah dan Banyak Jenisnya

Tidak seperti kucing yang harus divaksin, grooming sampai pemeriksaan rutin ke dokter beberapa bulan sekali, burung jauh lebih mudah dipelihara. Tidak butuh macam-macam, asal beri mereka makanan aslinya itu sudah lebih dari cukup. Serta dimandikan tiap hari dengan air dan juga dipanaskan di depan rumah. Selebihnya tidak ada.

Tak butuk keahlian khusus, hanya telaten saja [Image Source]
Tak butuk keahlian khusus, hanya telaten saja [Image Source]
Burung juga sangat banyak jenisnya, sehingga kamu bisa punya banyak pilihan. Mulai dari love bird, kenari, punglor dan sebagainya. Biasanya mereka juga dibanderol dengan harga yang cukup murah. Namun ketika sudah jadi alias berbunyi dan tumbuh sempurna, maka harga jualnya bisa berkali lipat.

Soal tempat juga demikian. Kamu tidak perlu repot-repot menyediakan ruangan khusus, karena sudah ada sangkarnya. Tinggal digantungkan di tempat yang diinginkan. Hal ini juga memudahkanmu untuk memelihara beberapa ekor sekaligus.

4. Mitosnya Membawa Keberuntungan

Orang-orang kebanyakan, apalagi penghobi burung sangat percaya jika makhluk kecil ini membawa keberuntungan sendiri. Misalnya orang Jawa yang menganggap suara perkutut akan membawa rezeki bagi si empunya. Ada pula yang menganggap kicauan burung adalah pertanda jika akan ada tamu baik yang segera datang.

Burung perkutut diyakini membawa keberuntungan [Image Source]
Burung perkutut diyakini membawa keberuntungan [Image Source]
Tapi yang namanya mitos, tak semua tentang kesenangan dan kebahagiaan. Ada pula yang sebaliknya. Misalnya ketika menjumpai burung hantu atau gagak di atas rumah pada malam hari, maka bisa dipastikan salah satu keluarga yang tinggal di sana akan meninggal keesokan harinya. Mengingat hampir jarang sekali yang memelihara burung ini meskipun ada, maka bisa dianggap mitos buruk tersebut dianggap tak berlaku.

5. Makin Mempererat Hubungan Sosial

Seperti obrolan tentang akik yang tidak ada habisnya itu, burung pun demikian. Pasti kamu sering menjumpai tetangga yang berkumpul satu sama lain di depan kurungan burungnya satu persatu tengah bercerita seru. Hal ini bisa disimpulkan jika hobi satu itu bisa merekatkan hubungan antar sesama. Kalau sudah terjalin begini, seseorang biasanya akan makin menyukai burung. Pasalnya, selalu ada tips-tips baru yang didapatkan. Belum lagi, pasti juga ada transaksi di sana yang pastinya menguntungkan.

Gara-gara burung kamu bisa mendapatkan banyak sekali teman baru [Image Source]
Gara-gara burung kamu bisa mendapatkan banyak sekali teman baru [Image Source]
Hal yang sama juga terjadi dalam sebuah komunitas. Para penghobi burung akan share satu sama lain masalah peliharaan ini. Lewat aktivitas ini kamu akan mendapatkan banyak sekali teman dan juga hal-hal menguntungkan lainnya. Seperti trik rahasia atau juga ‘harga teman’ jika ingin membeli salah satu koleksi teman komunitas.

6. Menang Kontes Bikin Bangga

Ada yang memelihara burung hanya untuk dinikmati sendiri. Tapi, ada pula yang sengaja memelihara untuk diikutkan kontes. Kontes burung memang tak se-booming kompetisi hewan lainnya seperti anjing atau kucing. Tapi, bicara soal kebanggaan dan hadiah, maka kompetisi ini tidak kalah pamornya.

Tak hanya uang, kamu juga akan sangat bangga ketika si burung andalan menang kontes [Image Source]
Tak hanya uang, kamu juga akan sangat bangga ketika si burung andalan menang kontes [Image Source]
Sebuah kompetisi burung bisa menawarkan hadiah yang tidak kira-kira mulai puluhan hingga ratusan juta. Kadang juga bisa berupa mobil atau motor. Jadi, jangan heran ketika seseorang berangkat hanya membawa kurungan, tapi pulangnya membawa motor.

Selain hadiah yang menggiurkan itu, memenangkan kompetisi sama seperti mempromosikan namamu di kalangan breeder. Benar sekali, orang-orang akan mulai mencari informasi tentang dirimu dan juga si burung juara. Mereka biasanya bermaksud membeli telur-telur keturunan juara untuk dibesarkan dan kamu bisa membanderolnya dengan harga yang lumayan tinggi. Belum lagi kalau ada penghobi yang rela menguras uangnya demi membeli burung juara favoritmu. Hal ini sudah sering sekali terjadi di kalangan para penghobi.

Ternyata ada alasannya kenapa para pria suka menyibukkan diri dengan burung-burung peliharaannya. Jadi, jangan asal tembak dengan tuduhan mereka pengangguran yang pekerjaannya tidak jelas. Nah, sudah tahu keuntungan, mitos dan lainnya, sudahkah tertarik untuk memelihara burung pertamamu? Segera kunjungi pasar hewan terdekat dan bersiaplah merasakan kesenangan unik yang hanya dimengerti para penghobi burung.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA