5 Aksi Terorisme Paling Gila ini Ternyata Bikin Rugi Miliaran Dolar!

oleh Rizal
07:00 AM on Mar 28, 2016

Setiap aksi terorisme entah berhasil menurut si pelakunya atau tidak, pasti membawa dampak secara materil. Tak cuma dari sisi mereka saja, lebih-lebih juga sipil dan juga negara yang jadi korban. Tapi, selama ini kita pasti beranggapan jika aksi terorisme itu dampaknya tidak terlalu besar. Maksudnya, angka kerugiannya masih bisa ditolerir jumlahnya. Tapi, nyatanya tidak demikian. Kerugian dari aksi terorisme bisa lebih dari yang kita duga,

Jika tak percaya, kita ambil salah satu contoh, misalnya aksi terorisme di Mumbai November 2008 lalu. Siapa yang sangka jika aksi pengeboman ini membuat pemerintah Hindustan rugi sampai $149 juta atau sekitar Rp 1.9 triliun. Padahal estimasinya mungkin aksi teror ini tidak menghasilkan kerugian sebesar itu. Memang seperti ini, aksi terorisme selalu memberikan dampak yang lebih besar daripada yang kita duga.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Tak hanya aksi teror di Mumbai saja, ada banyak aksi terorisme lain yang dipastikan juga memberikan kerugian dahsyat dengan nominal yang bikin sesak napas. Berikut ulasannya.

1. Aksi Bom London 2005 – Estimasi Kerugian: Lebih dari $1,2 Miliar

2005 mungkin jadi tahun yang traumatis bagi Inggris. Bagaimana tidak, di tahun tersebut pernah terjadi aksi terorisme parah yang bikin kredibilitas Inggris sebagai negara paling aman di Eropa runtuh. Saat itu, terjadi serangkaian pengeboman di titik paling ramai di Inggris. Setidaknya ada 4 lokasi bom meledak, misalnya di jalur kereta bawah tanah dan juga sebuah bus di London.

Bom London 2005 [image Source]
Bom London 2005 [image Source]
Dari kejadian ini setidaknya ada 56 korban yang tewas. Tak hanya menyebabkan hilangnya nyawa sipil, aksi terorisme ini juga bikin Inggris rugi banyak. Diperkirakan setidaknya pemerintah menelan kerugian sampai $1,2 miliar. Angka yang terlalu fantastis kalau dikonversikan ke dalam rupiah.

2. Pengeboman di World Trade Center 1993, New York – Estimasi Kerugian: $810 Juta

Sebelum persitiwa maha mengerikan di tahun 2001, gedung WTC ternyata pernah jadi tempat pelampiasan teroris. Menurut pihak AS, pelakunya sendiri adalah kelompok radikal yang geram melihat langkah AS membela Israel. Tidak seperti versi 9/11, bom WTC ini menggunakan sebuah truk.

Pengeboman WTC 1993 [Image Source]
Pengeboman WTC 1993 [Image Source]
Bom meledak dengan radius yang sangat dekat, namun jumlah korban sendiri hanya 6 orang tewas dan ratusan luka-luka terkena serpihan. Meskipun tidak terlalu parah, bom ini membuat pemerintah AS menelan kerugian sampai $810 juta.

3. Pengeboman di Bandara Sri Lanka – Estimasi Kerugian: $517 Juta

Sri Lanka, negara yang jarang terdengar kabarnya ini ternyata pernah jadi korban aksi terorisme gila. Aksi berupa pengemboman itu terjadi di bandara Bandaranaike dan diklaim oleh sebuah kelompok separatis bernama Liberation Tigers of Tamil Eelam. Aksi yang dilakukan pada tahun 2001 ini menghancurkan delapan buah pesawat militer Sri Lanka.

Aksi pengeboman bandara Sri Lanka [Image Source]
Aksi pengeboman bandara Sri Lanka [Image Source]
Tak hanya itu, sejumlah pesawat penumpang juga turut mengalami rusak parah akibat aksi ini. Jika dihitung, kerugian pemerintah Sri Lanka sendiri mencapai $517 juta. Jumlah yang sangat masuk akal mengingat banyaknya pesawat yang rusak.

4. Pengemboman di Bishopgate, London – Estimasi Kerugian: $1,2 Miliar

Tak hanya di tahun 2005, sebelum itu London juga pernah dihajar oleh aksi terorisme yang tak kalah parah. Aksi yang terjadi tahun 1993 ini diduga dilakukan oleh IRA, semacam gerakan separatis yang sudah lama menentang Inggris. Aksi pengemboman ini sendiri menargetkan distrik gedung keuangan di London dan bisa dibilang para teroris itu berhasil melakukannya.

Pengemboman Bishopgate, London [Image Source]
Pengemboman Bishopgate, London [Image Source]
Aksi ini pun akhirnya memaksa Inggris menelan kerugian yang cukup besar. Jumlahnya sendiri diperkirakan mencapai $1,2 miliar. Fakta miris tentang aksi pengeboman ini adalah ternyata biaya yang dipakai untuk melancarkan aksi tersebut hanya sekitar $4.800 saja.

5. Tragedi Gedung WTC 2001 – Estimasi Kerugian: Sekitar $3 Triliun

Tak diragukan lagi, aksi terorisme paling merugikan di dunia adalah tragedi WTC di bulan September 2001 itu. Dilihat dari cuplikan yang beredar, kita tentu sudah bisa mengira-ngira banyaknya kerugian yang ditelan oleh pemerintah AS. Ya, Amerika diperkirakan mengalami kerugian sampai $3 triliun. Sungguh jumlah yang sangat fantastis sekali.

Tragedi WTC 2001[Image Source]
Tragedi WTC 2001[Image Source]
Biaya ini tidak hanya mencakup kerugian materil akibat aksi terorisme saja, tapi meliputi banyak hal. Mulai dari biaya perbaikan sampai dengan anggaran perang Amerika. Tak hanya mengakibatkan kerugian super besar, aksi terorisme terparah ini juga membuat banyak warga Amerika menjadi trauma dan mengalami guncangan kejiwaan.

Tak disangkal memang salah satu tujuan aksi terorisme adalah membuat si negara korban mengalami kerugian yang besar. Dipandang dari sisi itu, lima tragedi di atas bisa dibilang sukses besar menurut versi para pelakunya. Inilah yang terjadi sebagai efek samping aksi terorisme. Semoga di masa depan nanti, tidak terjadi teror-teror gila semacam ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA