5 Fenomena yang Terjadi Akibat Cuaca Dingin Ekstrem Ini Bikin Melongo

oleh Rizal
12:00 PM on Aug 11, 2015

Enaknya tinggal di daerah beriklim subtropis adalah kita bisa menyaksikan cantiknya pergantian musim tiap tahunnya. Asyiknya Spring hingga syahdunya salju turun di Winter. Namun, belakangan kondisi di belahan utara tersebut mengalami suhu dingin ekstrem. Diketahui ini sebagai akibat dari global warming yang melanda dunia.

Yup, global warming membuat suhu dunia semakin dingin. Sebagai salah satu buktinya, coba deh tengok belahan bumi terdingin bagian utara, Artik. Seperti yang kamu tahu, es di sana sebagian mencair lantaran pemanasan global. Hal tersebut membuat beberapa negara mengalami suhu dingin yang ekstrem, termasuk Amerika dan sebagian Eropa.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Namun, kejadian ini tidak melulu dianggap musibah lho. Ada cukup banyak fenomena keren yang membuat kita berdecak kagum gara-gara suhu dingin ekstrem. Hal-hal unik apa saja yang tercipta? Simak ulasannya berikut.

1. Danau Beku Kristal

Pada tiap musim dingin hampir semua danau di Bumi belahan utara yang beriklim subtropis mengalami pembekuan. Tapi biasanya warna air danau berubah menjadi putih tulang dan terlihat seperti hamparan padang salju. Namun hal yang berbeda terjadi di sebuah danau di Slovakia.

Danau beku ini lebih bening dari kaca
Danau beku ini lebih bening dari kaca

Alih-alih berwarna pekatĀ seperti perairan pada umumnya, air danau yang ada di pegunungan High Tatras ini mengkristal. Beku, tapi sangat bening.

 

Sehingga bagian bawah danau seperti bebatuan terlihat dengan jelas. Sebuah pemandangan yang keren sekali tentunya di mana kamu seperti berjalan di atas kaca sepanjang mata memandang.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA