Jadi Petugas Kebersihan, Aksi Damai Bela Islam Ala Aa Gym yang Bikin Terenyuh

oleh Adi Nugroho
11:02 AM on Nov 5, 2016

Aa Gym, salah satu nama kondang yang pernah populer dan bikin Indonesia adem berkat dakwah-dakwahnya yang menyejukkan hati. Acara pengajian dan ceramahnya ramai oleh ibu-ibu. Namun sayang, sejak berita poligaminya tersiar, Aa Gym mulai ditinggalkan beberapa penggemarnya. Tapi toh, Aa Gym tetap konsisten dengan jalan dakwahnya.

Beberapa bulan pasca Aa Gym sakit dan berita beredar di sosial media, praktis keberadaan dai yang pernah kondang ini kembali meredup. Orang-orang di seluruh Indonesia tidak lagi mengetahui apa yang beliau lakukan hingga pada aksi demonstrasi damai 4 November 2016, Abdullah Gymnastiar muncul kembali. Bila yang lainnya melakukan aksi demo untuk membela agama, Aa Gym memilih menjadi bagian yang ‘cinta kebersihan’.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Jika para peserta aksi demonstrasi datang dengan berbagai atribut dan semangat yang membara. Aa Gym justru sengaja datang telat dalam aksi yang secara tidak diduga berakhir dengan kericuhan. Beliau dengan para santri dari Pondok Pesantren Daarut Tauhid datang sebagai petugas kebersihan. Beramunisikan sapu lidi dan kantong sampah yang digunakan untuk memungut sisa-sisa kotoran yang sudah pasti ditinggalkan oleh para pendemo.

Aa Gym dan santri [image source]
Aa Gym dan santri [image source]
Setidaknya lebih dari 1.000 santri dari Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung datang sebagai tim BRTT atau bersih, rapi, tertib, dan teratur. Berdasarkan instruksi dari Aa Gym, mereka bergerak dengan jarak beberapa meter dari gelombang utama pedemo. Pemisahan dilakukan oleh para santri agar mereka bisa memunguti sampah-sampah yang dihasilkan oleh para pedemo.

Tidak Banyak Bicara, Aksi Aa Gym Mengundang Simpati Warga

Ide sebagai petugas kebersihan ini merupakan gagasan utama dari Aa Gym. Menurut beliau, Islam itu menyukai kebersihan dan keteraturan. Jadi, kalau ada sampah harus segara dibersihkan agar tidak mengganggu pengguna jalan. Gagasan yang diberikan oleh Aa Gym ini juga diwujudkan dari beberapa poster yang membuat kalimat: Islam itu bersih, dan Islam itu Tertib.

santri Aa Gym bersih-bersih [image source]
santri Aa Gym bersih-bersih
Aksi yang dilakukan oleh Aa Gym ini langsung disambut hangat oleh masyarakat. Mereka kagum dengan cara Aa Gym melakukan syiar Islam. Beliau datang ke Jakarta bukan hanya untuk mendukung aspirasi para umat Islam saja. Namun, membawa tim bersih-bersih yang membuat jalanan Jakarta kembali bebas sampah.

Tim bersih-bersih dari Aa Gym bergerak dari Istiqlal menuju jalur demonstrasi mulai bakda Asar hingga menjelang Magrib. Mereka ingin menaati semua peraturan di mana demonstrasi harus berakhir jelang pukul 18.00 WIB.

santri Aa Gym jadi petugas kebersihan [image source]
santri Aa Gym jadi petugas kebersihan
Lepas dari kehidupan pribadinya, Aa Gym memang sering berdakwah atau menunjukkan aksinya dengan jalan yang sejuk. Bila Anda mampir ke Masjid Daarut Tauhid, bisa dipastikan Anda tak akan melihat pemandangan sandal atau sepatu berserakan atau bahkan hilang, karena Aa Gym selalu mengajarkan pada santrinya bahwa alas kaki harus rapi dalam 5 detik.

Apa yang dilakukan Aa Gym memberikan inspirasi banyak orang bahwa dengan cara yang damai segala aspirasi bisa tetap diutarakan. Meski semalam sempat terjadi kericuhan, namun tidak lama situasi bisa dibuat kondusif. Demonstrasi yang damai adalah hal yang perlu diwujudkan agar negeri ini tetap aman dan damai.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA