4 Awan Yang Paling Ditakuti Oleh Pilot Saat Menerbangkan Pesawat

oleh Admin
14:12 PM on Dec 29, 2014

Tragedi hilangnya pesawat Air Asia dengan rute Surabaya-Singapura kemarin (28/12) menyisakan duka mendalam dan rasa sedih luar biasa bagi banyak orang. Ada yang keluarga, sahabat, suami, rekan kerjanya ada di dalam penerbangan itu. Hingga hari ini, kepastian di mana letak pesawat airbus ini belum juga diketahui. Hipotesa awal, pesawat menabrak awan Cumolonimbus, sehingga Pilot sempat meminta penggantian rute.

Baca Juga :6 Kisah Menyentuh Dibalik Hilangnya Air Asia QZ8501

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Jika dilihat dari bumi, awan apapun bentuknya sama aja. Namun jika berada di udara, ada beberapa awan yang harus diwaspadai dan berbahaya bagi pesawat yang sedang terbang. Untuk Anda yang kerap bepergian menggunakan transportasi udara ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui agar tidak bingung jika saat di dalam pesawat, terjadi sedikit guncangan atau Pilot menyarakan kondisi siaga:

1. Awan Lenticular – Penyebab Turbulensi Hebat Untuk Pesawat

Indonesia memiliki banyak sekali tantangan bagi Pilot, salah satunya adalah awan Lenticular. Bentuknya seperti UFO dan biasanya berada di atas puncak gunung. Awan ini terbentuk karena aliran udara yang melewati penghalang, misalnya pegunungan, yang menyebabkan terjadinya pusaran (eddie) yang membentuk awan ini.

Awan Lenticular
Awan Lenticular

Jika Penerbangan melewati gunung yang atasnya diselimuti oleh awan ini, maka para Pilot memilih untuk menghindarinya. Soalnya nih, jika nekat menerobos atau bahkan terbang di dekatnya saja, dapat menyebabkan turbulensi yang kuat bagi pesawat-pesawat yang terbang dekat dengan puncak pegunungan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA