in

Dari Facebook Sampai ke Pelaminan, Inilah Kisah Yoonha Kim yang Jadi Mualaf dan Menikahi Cewek Sulawesi

Pernikahan adat Bugis Yoonha dan Andi Ulil [image source]

Belum lama berselang sejak berita tentang Ilaria, bule cantik asal Italia yang rela jauh-jauh datang ke Indonesia demi pemuda desa bernama Dzulfikar. Rencananya, setelah pertemuan tersebut mereka juga akan segera melangsungkan pernikahan. Banyak yang takjub dengan kisah cinta yang berawal dari kedekatan melalui jejaring Facebook tersebut.

Tak habis dengan cerita Ilaria, baru-baru ini media juga digegerkan dengan berita pernikahan antara Andi Ulil Ilmi dengan Yoonha Kim, pria asal Korea Selatan. Pernikahan tersebut sontak saja menarik perhatian berbagai media. Sebagian berpendapat jika jodoh memang di tangan Tuhan. Tak peduli seberapa jauh jaraknya, pasti akan dipertemukan. Berikut ini adalah kisah percintaan sejoli beda negara ini dari mulai kedekatan hingga berakhir dengan prosesi pernikahan.

Menjalin pertemanan yang tidak lama

Kalau melihat riwayat pertemanan antara Andi Ulil dengan Yoonha, sebenarnya terhitung cukup singkat. Mereka menjalin keakraban mulai tahun 2016 lalu. Beberapa kali mereka juga terlibat percakapan publik. Dalam obrolan mereka di kolom komentar, Yoonha juga terlihat sudah bisa menggunakan bahasa Indonesia.

Foto yang diunggah Yoonha Kim [image source]
Bahkan, ia juga mampu menyampaikan kalimat-kalimat gombalnya. Diketahui jika Yoonha dan Andi Ulil memang bukan sebatas teman maya. Bereka sudah sering bertemu, dibuktikan dengan foto-foto mereka ketika bersama dengan teman-teman lainnya.

Yoonha menjadi mualaf

Untuk menunjukkan keseriuasanya menjalin hubungan dengan Andi Ulil, Yoonha pun rela menjadi seorang mualaf. Seminggu sebelum melangsungkan pernikahan, pria yang merupakan alumnus sekolah militer tersebut lebih dulu melangsungkan prosesi pengislaman yang berlangsung di Masjid Al-Markaz Al Islami Makassar.

Yoonha bersama Andi Ulil dan teman temannya [image source]

Meskipun belum terlalu dalam mengenal agama Islam, namun rupanya Yoonha selalu menyarankan agar Andi Ulil mengenakan jilbab, lho. Menurutnya, penampilan Andi Ulil bakal lebih bagus jika mengenakan hijab. Semoga bisa segera terlaksana ya keinginan tersebut.

Terbata-bata saat mengucap ijab kabul

Yoonha mempersunting Andi Ulil Ilmi dengan mahar yang sederhana saja, yakni kalung emas 5 gram. Keluarga Yoonha dari Seoul juga hadir untuk menyaksikan pernikahan tersebut. Ijab kabul pun dilakukan dengan disaksikan oleh kedua keluarga mempelai. Yoonha yang belum lancar berbahasa Indonesia juga terbata-bata saat mengucap ijab kabul, ia pun harus mengulanginya hingga beberapa kali.

https://www.youtube.com/watch?v=vJGnE_xltd4&feature=youtu.be

Meski terbata-bata, namun akhirnya ikrar suci tersebut pun bisa berhasil diucapkan. Yoonha juga mengakhiri proses tersebut dengan bacaan alfatihah yang bikin para saksi terlihat begitu antusias saat mengucap kata amin. Video ijab kabul yang diucapkan oleh Yoonha pun sontak menjadi viral di sosial media Facebook.

Pernikahan berlangsung meriah dengan adat Bugis

Pernikahan sejoli ini dilakukan dengan adat Bugis dengan begitu meriah. Maklum, baru kali ini ada warga Dusun Ajakkang, Desa Ajakkang, Kecamatan Soppeng Riaja yang dipersunting warga asing. Andi Ulil Ilmi yang tercatat sebagai karyawan di salah satu bank swasta akhirnya bisa duduk bersanding bersama Yoonha dengan mengenakan pakaian adat Bugis.

Pernikahan adat Bugis Yoonha dan Andi Ulil [image source]
Keduanya tampak bahagia dan mengabadikan pernikahan tersebut dalam jepretan bersama orang-orang terdekat. Setelah pernikahan tersebut, rencananya Yoonha Kim bersedia untuk tinggal dan menjadi warga negara Indonesia.

Itulah kisah bahagia dari Andi Ulil Ilmi, gadis beruntung yang bikin banyak cewek K-Poper jadi baper gara-gara dipersunting oleh Oppa ganteng. Tenang, para jomblo nggak usah sedih. Bercermin dari kisah Andi Ulil Ilmi dan juga Dzulfikar yang dipertemukan jodoh dari Facebook, bukan hal yang nggak mungkin kalau kalian juga bisa ketemu pasangan melalui jejaring internet tersebut.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Kisah Adang Yusril, Seorang Pemuda yang Akhirnya Dapat Segera Umrah dengan Berhenti Merokok dan Pacaran

Salut, Sekolah di Jepang Ini Memadukan Sistem Pendidikannya dengan Islam dan Indonesia