Seperti Ini Lho Yel-Yel Unik Para Pasukan Elit Indonesia yang Pasti Belum Pernah Kamu Dengar

oleh Rizal
07:00 AM on Sep 4, 2016

Segala hal tentang pasukan elit memang bikin penasaran ya. Tak hanya tentang kemampuan sangar atau latihan edan mereka yang sungguh mematikan, tapi juga hal-hal seremeh bagaimana mereka menghibur diri. Nah, kira-kira bagaimana ya orang-orang hebat itu menghibur dirinya? Apakah mereka juga bermain smartphone seperti kita, ataukah menonton TV di sela-sela tugas?

Sebagai pasukan elit yang jadwalnya begitu ketat, hidup mereka jelas bukan seperti orang-orang kebanyakan. Makanya, cara mereka mencari hiburan pun juga pasti tak sama. Tentu mereka punya cara sendiri untuk menghibur diri, tapi dari banyak hal yang mereka lakukan untuk having fun, para tentara elit sangat suka melagukan yel-yel khas mereka. Tak hanya menyenangkan dan merekatkan persaudaraan, lewat yel-yel, semangat bela negara mereka pun tetap bergelora.

Baca Juga
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia
Dulu Dikenal Kanibal, Beginilah Nasib Sumanto yang Sempat Dikabarkan Jadi Penceramah Kondang

Lantaran mereka adalah pasukan elit, tentu yel-yel-nya pasti beda juga dong. Nah, uniknya, ternyata lagu-lagu penggugah semangat mereka tak melulu sangat patriotik, tapi juga bikin ketawa. Tak percaya? Simak ulasannya berikut.

Yel-Yel Kopassus yang Penuh Semangat dan Sindiran

Setiap pasukan pasti punya yel-yel-nya sendiri. Tapi, meskipun beda-beda, semuanya memiliki inti yang sama. Ya, sama-sama mengajarkan semangat dan bangga akan korps masing-masing. Kopassus pun demikian. Pasukan ini punya yel-yel pendobrak semangat dan cinta akan kesatuan. Tapi, tak hanya itu sih, beberapa penggalan liriknya juga mengandung sindiran lucu.

https://www.youtube.com/watch?v=isFX67eAMvY

Lagu di atas pasti tidak asing di telinga ya? Yup, itu adalah tembang Jawa yang judulnya Tul Jaenak, hanya saja liriknya diubah makin powerfull dan bikin semangat. Bagi Kopassus yel-yel ini berarti sangat besar. Lagu ini ibaratnya seperti pengiring saat mereka akan melakukan apa pun, entah apel, istirahat dan sebagainya.

Satgas Garuda dengan Yel-Yel-nya yang Asoy

Yel-Yel biasanya selalu berbentuk lagu gubahan. Maksudnya, lagunya sendiri sudah pernah tercipta dan mereka hanya mengubah liriknya saja. Lagu pilihannya sih beragam ya, tak hanya lagu Jawa seperti milik Kopassus tadi, lagu India pun juga dipakai. Satgas Garuda ini contohnya. Yel-yel mereka terinspirasi dari tembang Hindustan.

Meskipun terinspirasi lagu India, tapi ketika yang nyanyi adalah para Satgas Garuda, jatuhnya malah bikin semangat. Liriknya juga oke banget tuh, misalnya “Walau beda suku dan agama, mari kita jalin persatuan, demi perdamaian dunia, itulah prajurit Garuda.” Secara tidak langsung lagu ini juga mengingatkan akan misi mereka untuk memelihara perdamaian dunia. Sangar!

Lucunya Yel-Yel Paskhas AU

Paskhas AU boleh gahar ketika latihan, tapi kalau soal yel-yel ternyata mereka sama sekali tidak menunjukkan kesan kegaharan tersebut. Alih-alih menampilkan lirik-lirik tegas membakar semangat, yel-yel Paskhas AU malah terdengar lucu. Tapi, jelas nggak masalah dong, yang penting bisa sejenak menghibur diri.

“…burung bangau paruhnya gagak mencari makan di pinggir kali, para Komando kulitnya hitam kalau tersenyum manis sekali…” dengan gaya para tentara yang tegas, lagu ini terlihat unik dan bikin gelak tawa. Meskipun lagunya lucu-lucu, tapi kalau diperhatikan mereka tetap mengusung lirik kebanggaan akan korps mereka, si baret jingga.

Yel-Yel Brimob yang Unik dan Menarik

Brimob mungkin berasal dari kepolisian, tapi pasukan ini bisa dibilang spesial karena mereka juga beranggotakan orang-orang pilihan. Dan soal yel-yel, mereka pun juga memilikinya dan nggak kalah unik. Video berikut bakal menunjukkanmu bagaimana para brimob menghibur diri dengan yel-yel asik.

https://www.youtube.com/watch?v=cI90VEJ5BSU

Lagunya memang fun ya, tapi tetap dong liriknya mengusung banyak kalimat-kalimat patriotik dan juga bangga akan kesatuan. Sama seperti pasukan elit di atas, para Brimob juga selalu melagukan yel-yel ini dalam berbagai kondisi.

Ada istilah yang mengatakan jika lagu adalah bahasa universal yang bisa diterima oleh siapapun, hal ini memang 100 persen benar. Buktinya ya yel-yel pasukan elit di atas. Kita mungkin tidak mengira ya kalau orang-orang dengan kemampuan mematikan ternyata punya sisi lain seperti ini. Unik sih, dan pasti kamu juga baru mengetahuinya, kan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA