in

Jadi Tambah ‘Ompong’, Inilah 4 Fakta Yakuza yang Makin Lemah Bahkan Ada yang Jadi Pencuri Buah

Di beberapa negara, mafia menjadi salah satu organisasi yang paling ditakuti. Bagaimana tidak, pasalnya selain memiliki jumlah anggota yang banyak juga sangat sulit pihak berwajib untuk memberantasnya. Oleh sebab itu sampai saat ini pun yang namanya mafia masih saja tumbuh subur, bahkan jadi pihak kuat lainnya yang bersaing dengan pemerintah.

Namun ada yang unik dengan beberapa kelompok Yakuza di Jepang. Bagaimana tidak, pasalnya mafia negeri sakura ini dianggap makin ‘ompong’. Lalu kenapa organisasi gelap yang kuat di negeri sakura itu bisa seperti itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sebelumnya ‘prestasi’ Yakuza yang bikin banyak orang ngeri

Kalau bicara mengenai Yakuza tentunya sudah bikin merinding orang-orang yang mendengarnya. Bagaimana tidak, mafia asal negeri bunga sakura ini memang sangat ditakuti tidak hanya di dalam namun luar negeri. Belum lagi segala kegiatan ilegal yang mereka lakukan, mulai dari bisnis gelap, perkelahian antar geng dan segala tindak kriminal lainnya.

Prestasi Yakuza bikin ngeri [sumber gambar]
Uniknya, organisasi mafia ini sudah ada bahkan sejak zaman keshogunan Tokugawa dan sampai sekarang pun masih ada. Jumlah anggotanya yang besar hingga dukungan dari orang-orang ‘besar’ membuat mereka tumbuh subur. Namun sayang, akhir-akhir ini yang ada malah kengerian Yakuza mulai meluntur ketimbang zaman dulu.

Tekanan dari pemerintah dan masalah internal jadi penyebabnya

Ada beberapa hal yang membuat kekuatan Yakuza menjadi semakin ‘ompong’. Salah satunya adalah tekanan dari pemerintahnya sendiri. Bagaimana tidak, dilansir dari South China Morning Post mengatakan kalau hukum yang berlaku semakin ketat dan membatasi gerak-gerik para Yakuza. Belum lagi adanya masalah lain semisal sulitnya mencari rekrutan baru yang berkualitas membuat pengaruhnya tidak seperti dulu.

Sulit dalam merekrut anggota [sumber gambar]
Alhasil masih banyak para Yakuza ‘baru’ yang tak terlalu kompeten dan berdampak pada pemasukan dan nama baik organisasi ini yang makin merosok. Akhirnya banyak dari kelompok-kelompok mafia Jepang ini yang memilih melakukan ‘aksi’ yang lebih minim resiko.

Banyak dari mereka yang jadi pencuri buah

Dilansir dari Tempo, meskipun dulu memiliki image yang lumayan ditakuti, namun ternyata malah akhir-akhir ini kejahatan kecil lah yang dilakukan. Alih-alih melakukan bisnis ilegal atau pemerasan pada perusahaan besar, yang ada malah pencurian di swalayan atau toko-toko lainnya lah yang dilakukan. Bahkan ada pula yang beralih menjadi pencuri buah seperti melon yang memang di Jepang sendiri dijual dengan harga yang lumayan mahal.

Ada yang sampai jadi pencuri [sumber gambar]
Sebaliknya, para penduduk yang ladang atau tokonya pernah jadi korban pencurian pun melakukan ‘siskamling’ untuk menanggulangi pencurian olah Yakuza itu. Usut punya usut, kegiatan ini dilakukan hanya untuk bertahan hidup karena selain mata pencahariannya yang menurun juga resiko pidananya lebih minim.

Bisnis gelap masih ada, namun bukan lagi narkoba atau senjata

Seperti yang sudah dijelaskan, lahan Yakuza yang makin sempit saat ini memaksa mereka melakukan segala usaha untuk mengatasi masalah keungan. Seperti yang dilakukan salah satu kelompok Yakuza di sana yang memilih untuk tetap melakukan penjualan ilegal.

Jual beli teripang ilegal [sumber gambar]
Jika dulu barang-barang mahal yang dijual seperti narkoba atau pun senjata, maka sekarang mereka malah menjual teripang yang dilakukan secara diam-diam ke luar negeri. Untuk mengatasi kejadian penjualan teripang yang ilegal dan makin meningkat, maka pihak berwajib Jepang pun meningkatkan denda bagi mereka yang melakukan transaksi gelap itu.

Memang yang namanya bisnis ilegal memiliki resiko yang sangat besar. Selain uang yang dihasilkan kemungkinan tidak halal, ancaman pidana pun bisa saja terjadi pada mereka. Oleh sebab itu akan lebih baik kalau kita menjauhi usaha atau bisnis seperti Yakuza ini.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

10 Potret Kelakuan Greget Tentara Rusia Saat Berebut Colokan, Ngeri-ngeri Sedap Lihatnya

Vyanisty Harus Bangga, Begini Kiprah Via Vallen dalam Asian Games 2018