in

Rekam Jejak Bangsa Yahudi di Indonesia yang Belum banyak Diketahui Orang!

Yahudi di Indonesia [image source]

Bangsa Yahudi dikenal sebagai salah satu bangsa yang sangat maju dari segi politik dan juga ilmu pengetahuan. Itulah mengapa di masa lalu, Hitler dengan Nazi yang ia pimpin membantai bangsa ini hingga jutaan nyawa melayang. Itu di masa lalu, di era modern, Yahudi atau dalam wujud negara Israel mendapat sokongan dana besar dari Amerika untuk melakukan banyak aksi makar. Seperti terus menyerang Palestina dengan dalih melawan militan.

Baca Juga : 5 Fakta Unik Tentang Israel yang Ternyata Tak Banyak Diketahui

Anyway, tahukah anda jika di Indonesia ternyata memiliki komunitas Yahudi? Mereka datang dan menetap sejak dahulu kala dan bertahan sampai sekarang. Inilah rekam jejak Bangsa Yahudi mulai datang hingga bertahan melawan gempuran modernisasi di Indonesia. Mari kita simak bersama-sama!

Kapan Kelompok Bangsa Yahudi Ini Datang?

Bangsa Yahudi pertama kali datang ke Indonesia ketika orang-orang Eropa mulai memasuki nusantara untuk menjajah. Sebagian besar orang Yahudi yang datang ke Indonesia berasal dari Belanda, Timur Tengah, dan Afrika  bagian Utara. Namun yang masih bertahan hingga sekarang adalah yang berasal dari Belanda.

Datangnya Yahudi di Indonesia [image source]
Datangnya Yahudi di Indonesia [image source]
Komunitas yang datang tak begitu banyak. Hanya sekitar 100-500 orang. Itu pun berasal dari Yahudi kaum Sephardi. Mereka menetap karena dibawa oleh Belanda namun jarang yang pulang. Banyak yang mengatakan mereka sudah kerasan dengan iklim dan keadaan alam Indonesia.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Dosen teladan

Dosen Menggendong Bayi Sambil Ajarkan Emansipasi Wanita dalam Ruang Kuliah

6 Alasan Kenapa Cristiano Ronaldo Jauh Lebih Keren Dibandingkan Lionel Messi