5 Fakta Keji Wisatawan Merusak ‘Surga Kecil’ Indonesia

oleh Centralismo
09:17 AM on Apr 16, 2015

Berwisata memang aktivitas yang bertujuan untuk membuat Anda bahagia. Namun, kebahagiaan itu bukan berarti Anda bebas berbuat apa saja tanpa tanggung jawab. Meski sedang berwisata, Anda tetap harus mengikuti aturan agar kenyamanan bersama terwujud.

Namun sepertinya tidak semua orang mengerti akan hal tersebut. Banyak orang yang tidak memakai akal sehatnya dan berbuat sesuka hati di tempat wisata. Berikut, Boombastis sajikan 5 perbuatan tidak bertanggung jawab dari para wisatawan Indonesia, yang akhirnya merusak surga-surga kecil kita.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

1. Ramai-Ramai Menyerbu Pulau Sempu

Pulau Sempu adalah pulau dengan pantai yang sangat indah yang terletak di Jawa Timur. Keindahan pulau ini awalnya tidak terkenal. Namun, beberapa traveler datang dan memposting foto mereka di pulau dengan pasir putih yang mengagumkan tersebut. Sejak itu Pulau Sempu menjadi sangat populer di kalangan para pelancong.

Pulau Sempu (via)hipwee
Pulau Sempu (via)hipwee

Semakin lama, pengunjung Pulau Sempu semakin membludak. Orang-orang ramai-ramai mendirikan tenda di atas pasirnya yang lembut dan hangat. Namun sedikit sekali orang yang menyempatkan diri untuk mencari informasi. Sesungguhnya Pulau Sempu adalah kawasan konservasi yang hanya boleh dikunjungi untuk tujuan budidaya atau penelitian ilmiah. Jadi, salah besar jika anda berpikir Pulau Sempu adalah tempat yang bisa seenaknya dikunjungi ramai-ramai. Banyak ekosistem penting dan rentan yang bisa rusak akibat aktivitas wisata di Pulau Sempu.

2. Ekosistem di Pulau Sempu Yang Terancam

“Kan Pulau Sempu itu indah dan membanggakan. Kenapa tidak boleh dikunjungi? Bukankah itu memang tempat wisata?” Mungkin itu yang ada di pikiran Anda ketika membaca poin pertama. Hal pertama yang harus Anda sadari adalah kawasan konservasi bertujuan untuk melindungi kehidupan yang ada di sana. Pulau Sempu ditinggali oleh berbagai jenis kera dan ganggang di sepanjang garis pantainya.

Hewan-Hewan di Pulau Sempu (via)Hipwee
Hewan-Hewan di Pulau Sempu (via)Hipwee

Keseimbangan ekosistem ganggang dan hewan-hewan lain akan terganggu jika banyak aktivitas manusia di tempat tinggal mereka. Misalnya, ketika Anda mandi di pantai, bahan kimia dari sampo atau sabun Anda bisa mencemari pantai. Dan lihatlah kera di Pulau Sempu ini. Mereka yang biasanya makan buah dan tanaman, sekarang mulai mengais-ngais sampah yang sebagian berbahaya jika dimakan oleh mereka.

3. Ranu Kumbolo Yang Ternoda

Bagi Anda yang pernah mendaki Gunung Semeru sebelum tahun 2010 Anda akan tahu bahwa Ranu Kumbolo memiliki danau sebening kaca. Danau ini demikian indahnya sehingga banyak orang yang memutuskan berkemah berhari-hari di dekatnya. Namun, belakangan ini, Ranu kumbolo tidak seindah dulu lagi.

Sampah di Ranu Kumbolo (via)wisatagunung
Sampah di Ranu Kumbolo (via)wisatagunung

Banyak pendaki-pendaki “alay” yang tidak tahu aturan. Mereka seenaknya meninggalkan sampah di kawasan Ranu Kumbolo yang harusnya steril dari sampah. Kawasan yang dulu indah bak surga kini tidak ada bedanya dengan sudut-sudut kotor di kota kita.

4. Lautan Tenda di Ranu Kumbolo

Tidak ada salahnya mendaki gunung beramai-ramai dengan sahabat Anda. Tapi, Anda sebaiknya berpikir ulang jika jumlah pendaki di sebuah gunung sudah terlalu banyak. Bayangkan berapa banyak rumput atau ekosistem sekitar yang rusak jika dikunjungi secara massal.

Lautan Tenda di Ranu Kumbolo (via)Nurulaneh
Lautan Tenda di Ranu Kumbolo (via)Nurulaneh

Di Gunung Semeru, sering sekali diadakan pendakian massal dengan jumlah pendaki ratusan hingga ribuan orang. Itu adalah perbuatan yang kurang masuk akal. Apalagi jika tenda didirikan terlalu dekat dengan sumber air. Itu justru akan mencemari lingkungan karena aktivitas alamiah manusia mengharuskan kita untuk buang air besar atau air kecil. Bayangkan, seberapa kotor sumber air jika ribuan orang tersebut membuang hajatnya?

5. Sampah di Gunung Gede

Gunung Gede adalah salah satu gunung yang menjadi primadona para pendaki, khususnya pendaki dari Jakarta. Gunung ini memiliki eksotisme sendiri, dengan banyak sekali bunga edelweis yang bertumbuhan di atasnya. Pendakipun semakin bersemangat mendaki gunung ini karena sosok Soe Hok Gie yang pernah mengabadikan keindahan Gede-Pangrango lewat puisinya.

Sampah di Gunung Gede (via)xplorewisata
Sampah di Gunung Gede (via)xplorewisata

Namun, dari hasil operasi bersih terakhir yang dilakukan pihak TNI dan Ranger Gede-Pangrangi, ditemukan ratusan kilo sampah. Ini adalah perbuatan ilegal karena meninggalkan satu sampahpun dapat diganjar dengan pidana. Kawasan Gunung Gede-Pangrango juga salah satu cagar alam yang kelestariannya dilindungi oleh undang-undang.

Kita sering sekali mengaku bangga jadi orang Indonesia. Kita juga bangga melihat orang asing mengagumi keindahan orang Indonesia. Kita juga sering menunjukkan nasionalisme dengan mendaki membawa bendera Indonesia.

Namun, benarkah kita mencintai negara ini kalau kita masih belum beres dalam membuang sampah? Sudahkah kita menjadi wisatawan yang bertanggung jawab, yang memakai akal sehat ketika berwisata? Mari tanyakan pada diri kita masing-masing.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA