in

Buat yang Suka Misteri, 5 Lokasi Wisata Ini Wajib Banget Dikunjungi Buat Uji Nyali

Goa Jepang Bandung [image source]

Ngomongin soal wisata, Indonesia memang gudangnya. Sebelum liburan ke luar negeri, sepertinya orang-orang perlu ditanyain, sudahkah menjelajah seluruh Indonesia? Kalau belum, bukankah sangat disayangkan tuh melewatkan keindahan yang lebih dekat? Apalagi, wisata di Indonesia sudah banyak dikenal oleh warga mancanegara.

Begitu banyak wisata Indonesia yang menarik di kunjungi. Mulai dari wisata alam, water park, hingga wisata keluarga seperti kebun binatang. Tapi, buat kamu pecinta horor, Indonesia juga punya banyak lokasi mistis yang bakal menguji nyalimu. Nggak usah jauh-jauh pergi ke Jepang hanya buat menyaksikan betapa Hutan Aokigahara menyimpan banyak misteri. Karena di Indonesia punya 5 wisata paling super mistis ini.

Goa Jepang di Bandung yang konon sering terdengar suara teriakan, rintihan sampai penampakan bayangan

Seperti umumnya goa, wisata Goa Jepang juga punya punya lorong yang gelap dan lantai yang licin. Yang membuat goa yang berlokasi di Taman Hutan Raya Juanda, Bandung ini beda adalah suasananya memang lebih terkesan angker. Tiap langkahmu saat menjelajahi tempat bersejarah tersebut, pasti serasa lagi berada di lokasi syuting film horor. Terlebih, menurut keterangan yang ada di dalam goa, sering terdengar suara teriakan, rintihan dan juga penampakan sesosok bayangan misterius.

Goa Jepang Bandung [image source]
Mitosnya, goa tersebut merupakan tempat kuburan para pekerja paksa yang tewas di zaman penjajahan. Meski bernuansa horor, tapi masih banyak pengunjung yang justru penasaran dengan Goa Jepang. Di sana juga ada semacam aturan yang harus ditaati oleh setiap pengunjung, seperti dilarang membuang sampah sembarangan,  dilarang berisik dan konon selama berada di kawasan goa, pengunjung dilarang mengatakan kata ‘Lada’. Entah apa alasannya, namun peraturan tersebut sudah ada sejak dulu.

Lawang Sewu juga dikenal dengan ribuan hantu penunggu

Siapa yang nggak kenal Lawang Sewu? Bangunan peninggalan kolonial Belanda tersebut memang selalu menyimpan banyak legenda dan misteri. Gedung yang bangunan arsitekturnya begitu unik ini dulunya juga dibangun dalam waktu yang sangat lama, setidaknya butuh waktu hingga 3 tahun lamanya hingga bangunan dengan seribu pintu ini selesai.

Lawang sewu [image source]
Selain megah, gedung yang berlokasi di  Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah ini juga menjadi saksi bisu betapa kelamnya masa penjajahan Balanda pada saat itu, termasuk lokasi di mana para pejuang Indonesia disiksa. Berdasarkan pengakuan warga setempat, ada ribuan makhluk gaib yang bermukim di tempat itu. Tak heran jika warga setempat kerap mengaku melihat penampakan semacam hantu kuntilanak, genderuwo, noni Belanda hingga serdadu Jepang.

Lubang Buaya Kalibata, Jakarta tempatnya para pahlawan dibantai dan dibuang

Dulu, ketika masih SD tentu pernah membahas soal Lubang Buaya, kan? Apalagi sejarah kelam tentang G-30S PKI, di mana para Pahlawan Indonesia disiksa oleh para PKI bertempat di Lubang Buaya, tempat pelatihan para PKI di kawasan Cipayung, Jakarta Timur. Sebelum insiden tersebut terjadi, para jenderal besar juga disiksa dan dibuang dengan keji dalam sebuah lubang.

Wisata sejarah Lubang Buaya Jakarta [image source]
Saat ini, di tempat tersebut berdiri lapangan peringatan Lubang Buaya sekaligus Monumen Pancasila. Usut punya usut, lokasi tersebut banyak yang mengaku mendengar suara teriakan-teriakan kesakitan dari lubang di mana mayat para pahlawan dibuang. Cerita yang beneran bikin bulu kudung berdiri. Tapi, sebagai warga Indonesia yang menikmati hasil perjuangan para pahlawan, kita tetap patut mengunjungi lokasi tersebut.  Sebagai pengingat, bahwa kemerdekaan ini telah dibayar oleh darah para pahlawan.

Pantai Selatan yang penuh legenda

Kalau ngebahas pantai Selatan, mungkin yang kamu bayangin adalah sosok Nyi Roro Kidul. Pantai yang ada di Selatan Pulau Jawa sendiri adalah Parangtritis dan Pengandaran. Pantai ini dikenal punya ombak yang sangat luar biasa, hingga tak jarang memakan korban jiwa. Selain itu, masyarakat setempat juga sangat percaya jika pantai Selatan merupakan daerah kekuasaan Nyi Roro Kidul.

Pantai Selatan Parangtritis [image source]
Mitosnya, pengunjung yang datang dilarang menggunakan pakaian berwarga hijau, karena warna tersebut merupakan favorit Nyi Roro Kidul. Menurut kepercayaan, siapapun yang berani melanggar pantangan tersebut, akan menjadi budak Sang Penguasa Pantai Selatan.

Pulau Kumala yang dulunya hutan 

Salah satu lokasi wisata beken di Kalimantan ini memadukan budaya tradisional dan teknologi modern. Saat ini, pulau Kumala sudah menyediakan fasilitas seperti kereta gantung, sky tower dan lain sebagainya. Buat kamu yang ingin menginap, tersedia juga hotel untuk kenyamananmu. Dari segala perkembangan yang ada di lokasi wisata yang terletak di Jalan K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Timbau, Tenggarong, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara ini, ternyata dulunya adalah hutan lebat yang juga dihuni binatang-binatang liar.

Pulau Kumala [image source]
Namun, lokasi hutan tersebut juga terancam tenggelam jika sungai Mahakam meluap. Mungkin karena dulunya merupakan hutan belantara, makanya orang-orang sekitar kerap mengaku melihat sesosok hantu genderuwo di pepohonan yang ada di pulau tersebut. Tak jarang juga yang melihat sosok wanita yang duduk seorang diri di sana.

Itulah lima wisata dengan nuansa horor di Indonesia. Yang harus diingat, lokasi di atas khusus buat yang punya mental baja ya. Buat kamu yang nyalinya ciut, mending jangan coba-coba ke sana, daripada ketakutan sampai pipis di celana, hehe… Tapi, terlepas dari kemistisannya, tempat-tempat di atas memang layak untuk dikunjungi.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

5 Hal ini Membuktikan Bahwa Perkelahian Anak SD Gak Kalah Mengerikan dari Orang Dewasa

Menguak Fakta-Fakta Tentang Evakuasi Terbesar Dalam Sejarah Militer di Dunkirk