7 Wisata Enggak Biasa di Malang yang Layak Kamu Lakukan Ketika Singgah!

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Aug 29, 2015

Mendengar kata Malang apa yang ada di pikiran anda? Bakso? Arema? Tempat kuliah? Atau tempat belanja yang asyik? Well, semuanya benar. Malang memang dikenal banget dengan wisata belanja dan kulinernya. Bahkan sudah seperti trademark yang enggak bisa dipisahkan. Jika anda menganggap wisata di Malang cuma itu-itu saja, sepertinya uraian di bawah ini wajib anda lahap hingga habis!

Malang tak hanya menyajikan keragaman makanan dan juga pusat perbelanjaan. Lebih dari itu, sebenarnya ada spot-spot tersembunyi yang layak anda jelajahi lebih dalam lagi. Tanpa berpanjang lebar, inilah tujuh wisata enggak biasa di Malang yang layak anda lakukan ketika singgah. Monggo, Sam!

Baca Juga
5 Rumah Pohon Cantik Nan Spektakuler di Malang-Batu Ini Bakal Membuatmu Bak Berdiri Di Atas Awan
Miliki Fasilitas Bintang 5, Masjid di Lamongan Ini Mendadak Banyak Fans

1. Wisata Horor yang Membuatmu Begidik Setengah Mati

Kalau anda memang seorang pemberani, coba kunjungi beberapa tempat yang konon serem banget di Malang. Pertama ada Wisma Erni yang terletak di dekat pasar Lawang, Malang. Tempat ini dikenal sangat angker banget karena lama tak ditinggali. Bangunan yang besar karena bekas hotel ini dibiarkan tak terawat hingga hancur. Cobalah ke sini untuk merasakan sensasi serem tapi juga seru!

Wisma Erni, Malang [image source]
Wisma Erni, Malang [image source]
Tempat serem kedua terletak di kawasan SMA bundaran Tugu, di depan kantor Wali Kota, Malang. Bangunan kuno, zaman kolonial ternyata menyimpan sejuta misteri. Banyak siswa yang mengatakan melihat penampakan serta bercak darah. Well, buktikan sendiri jika tidak percaya.

Gerbong Maut Museum Brawijaya Malang [image source]
Gerbong Maut Museum Brawijaya Malang [image source]
Terakhir (sebenarnya masih banyak) ada Museum Brawijaya di kawasan Ijen Boulevard. Museum ini menyimpan benda kuno seperti gerbong maut yang dulunya berisi banyak mayat, serta perahu besar yang juga digunakan untuk membuang mayat. Bisa dibayangkan bagaimana sensasinya di dekat museum ini? Ngeri, bro! Coba deh, tapi selalu hati-hati ya!

2. Wisata Uji Nyali yang Bisa Memacu Adrenalin Anda Menuju Puncaknya!

Malang memiliki jalanan yang beragam, dari yang datar, lebar, sampai yang sempit hingga menyeramkan. Salah satu track paling berbahaya sampai diberi nama siratal mustaqim saking sempit dan berbahayanya. Track itu adalah sebuah jembatan sempit yang akan bergoyang jika dilalui, pun di bawahnya masih dalam dan merupakan sebuah sungai. Jika anda penyuka hal-hal menantang coba deh dan beberapa track lainnya!

Jembatan Pelor Malang (Shiratal mustaqim) [image source]
Jembatan Pelor Malang (Siratal mustaqim) [image source]
Masih kurang? Coba pergi ke area Kota Baru yang masih satu kawasan Malang Raya. Cobalah track jalanan menuju salah satu objek wisata air Terjun Coban Rondo. Rasakan sensasi kelokan-kelokan mautnya. Anda akan merasa seperti pembalap yang melakukan manuver berkali-kali dengan tantangan yang besar. Berani enggak? Tapi tetap be careful ya!

3. Wisata Flora dan Fauna yang Akan Membuat Anda Semakin Betah

Malang memiliki wisata Fauna yang cukup lengkap meski tak bisa dibilang kebun binatang. Hewan-hewan ini terletak di Taman Rekreasi Kota (Tarekot) yang masuknya gratis. Jika anda datang ke sini siapkan nyali untuk melihat beberapa hewan yang kondisinya agak miris! Anyway, jika anda masih ingin melihat hewan yang lebih banyak, coba datangi pasar burung Splendid. Di sana banyak sekali pedagang yang menjajakan aneka jenis burung yang siap anda tebus. Eits, meski namanya pasar burung, isinya ada hewan lain, lho! Ada anak anjing, anak kucing, reptil, dan ikan siap anda adopsi semuanya!

Pasar Burung Splendid, Malang [image source]
Pasar Burung Splendid, Malang [image source]
Di sebelah pasar burung, terdapat pasar bunga! Ada ratusan koleksi bunga yang dijual di sini. Anda bisa membeli beberapa jika singgah ke Malang. Tak perlu jauh-jauh sampai mencarinya ke puncak Kota Batu. Di pusat Kota Malang, bunga indah-indah siap anda bawa pulang untuk dikembangkan agar jadi lebih indah. So, ketika singgah ke Malang, sempatkan melihat-lihat, jangan makanan terus yang diburu!

4. Wisata Fotografi yang Membuat Anda Kehabisan Memori Kamera

Bagi semua fotografer, objek yang bagus bisa ditemui di mana saja mereka berada. Mau sedang di tengah padang pasir atau kedinginan di dalam kamar ber-AC. Namun jika mereka dicemplungkan ke kota yang penuh spot magic-nya? Apa bakalan menolak? Hmm, Malang memiliki banyak sekali objek yang bisa anda abadikan menjadi sebuah gambar dengan cita rasa seni yang sangat tinggi.

wisata fotografi Malang [image source]
wisata fotografi Malang [image source]
Saat ke Malang, cobalah bawa kamera dan sesekali jalan ke tempat yang random. Misal pilih jalan kaki di Ijen Boulevard, atau jalan di area Lapangan Rampal, atau jalan di mana saja. Objek yang bagus seperti bangunan kuno, ragam jenis manusia, ragam tumbuhan dan lainnya akan menyambut kedatangan anda. Oh, ya saat malam hari, suasana Malang benar-benar asyik lho buat berburu gambar. Coba saja, jika ingin membuktikannya!

5. Wisata Budaya yang Tidak Akan Membuatmu Bosan Belajar Sejarah

Jika sedang ke Malang mungkin anda akan mencari ragam kulinernya yang dikenal enak. Atau menghabiskan tabungan untuk beli pakaian yang lagi diskon. Tapi jika anda jeli dan sedikit mau mencari hal baru, coba telusuri jejak sejarah di Malang. Anda bisa mengunjungi beberapa candi seperti Candi Singasari, Candi Jago, Candi Kidal, dan Candi Sumberawan. Seluruh Candi ini memiliki akses yang mudah hingga anda akan gampang mengunjunginya.

Candi Kidal, Malang [image source]
Candi Kidal, Malang [image source]
Coba perhatikan beberapa relief candi yang unik-unik dan memiliki banyak cerita. Jika tidak paham coba sewa guide lokal. Dijamin anda akan betah dan terpesona dengan kisah di balik pembangunan candi serta relief di permukaannya. Jangan khawatir akan bosan, suasana di beberapa sekitar candi benar-benar indah. Anda bisa menikmati alam, menikmati sejarah sembari melepas lelah. Bukankah ini hebat?

6. Wisata Keunikan yang Tidak Akan Pernah Ada di Kota Lain

Malang memiliki banyak sekali keunikan yang jarang ditemui di kota lain. Salah satu keunikan itu adalah penggunaan bahasa walikan (balikan) yang menjadi ciri khas. Orang Malang asli biasanya bercakap-cakap dengan bahasa yang dibalik-balik. Misal kata “saya” jadi “ayas” atau kata “Mas” jadi “Sam”. Hal sederhana ini bisa anda lihat di beberapa kampung atau pasar lokal. Keunikan bahasa ini akhirnya ditangkap oleh seorang pengusaha menjadi sebuah kaos (dalam bahasa balikan menjadi soak). Kata-kata balikan itu tertempel menjadi sablon soak khas Ngalam.

Oleh-oleh Soak NGalam [image source]
Oleh-oleh Soak NGalam [image source]
Selain bahasa, ada juga masjid unik yang terletak di Malang bagian selatan. Banyak orang menyebutnya dengan masjid tiban atau masjid yang dibangun makhluk halus. Bangunan masjid ini sangat unik dan memiliki sekitar delapan lantai. Keunikan dari segi desain dan juga cerita membuat masjid ini selalu dibanjiri pelancong.

Masjid Tiban, Turen, Malang [image source]
Masjid Tiban, Turen, Malang [image source]
Keunikan lain sebenarnya berada di zona kuliner. Namun tak masalah, toh yang penting masih di Malang dan unik! Coba kunjungi beberapa kuliner dengan ide unik di beberapa jalan besar seperti Soekarno Hatta. Banyak pengusaha muda yang menelorkan usahanya di sana hingga mendulang banyak sukses. Daripada bakso terus lebih baik coba kuliner unik lain yang rasanya dijamin enggak mengecewakan!

7. Wisata Ketenangan yang Bisa Membuat Anda Betah Tak Mau Pulang

Malang tak hanya terkenal akan hingar-bingarnya dari pagi sampai malam. Kota kedua terbesar di Jawa Timur ini ternyata juga menyimpan sebuah ketenangan yang layak anda coba ketika telah lelah dengan petualangan. Coba cari beberapa penginapan di pinggiran kota yang terkenal sangat senyap hingga akan membuat anda benar-benar rileks dan mengistirahatkan tubuh dan juga pikiran.

Kelengangan kota batu [image source]
Kelengangan kota batu [image source]
Jika ingin suasana yang lebih syahdu, sewalah kamar-kamar atau villa di puncak Kota Batu. Dijamin ketenangan akan membuat anda semangat untuk melakukan aktivitas esok harinya. Wisata ketenangan ini bisa anda letakkan di akhir petualangan menyusuri Malang yang menjadi salah satu denyut nadi Jawa Timur.

Mencari sesuatu yang berbeda harus kita lakukan untuk lebih mengenali suatu kota secara menyeluruh. Semoga tujuh wisata yang enggak biasa di atas bisa membuat anda lebih mengenal Malang dan sekitarnya. Selamat berwisata, dan selalu ingatlah untuk berhati-hati dan menjaga kebersihan!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA