in

Bertahun-Tahun Wirda Diduga Bohongi Publik Kuliah di Oxford

Belum usai polemik tentang token kripto yang dirilis Wirda Mansur. Kini giliran pendidikan sang putri Ustadz Yusuf Mansur ini menjadi sorotan. Wirda diduga membohongi publik karena mengaku sebagai lulusan Oxford University.

Bahkan sebuah akun Twitter @strawbeelly menjabarkan sejumlah bukti yang menguatkan dugaan tersebut. Hingga kini cuitan tersebut telah disukai 57 ribu orang. Simak ulasannya berikut ini.

Kejanggalan akun linkedin Wirda hingga status PDDikti terungkap

Akun @strawbeelly memposting halaman linkedin Wirda Mansur yang secara jelas menyantumkan University Oxford. Namun klaim Wirda ini ternyata berbeda dengan jawaban yang ia tuliskan di Instagram story kala seorang netizen menanyakan perihal pendidikannya. Wirda menuliskan dirinya menempuh gelar sarjana di UoB.

Akun linkedin Wirda Mansur [sumber gambar]
Lantas akun @strawbeelly kembali memposting biodata Wirda dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) yang mengungkap bahwa gadis berusia 20 tahun tersebut sedang berkuliah di Institut Daarul Quran Jakarta milik ayahnya sendiri.

Wirda akui bohong kuliah di tiga universitas

Klarifikasi Wirda [sumber gambar]
Di Instagram story miliknya, Wirda justru mengakui bahwa kabar dirinya kuliah di tiga kampus adalah bohong. Ia mengatakan sebenarnya ia kuliah di empat kampus. Tahun 2017, Wirda mengikuti program International Baccalaurate di Oxford namun tak sampai selesai dan pindah ke Raffless University selama tiga semester. Sambil menunjukkan jadwal kuliah, Wirda mengatakan ia sedang berkuliah di UoB pada 2019. Ia juga mengambil S1 Ilmu Hadist di Institut Daarul Quran.

Jadwal kuliah Wirda [sumber gambar]
Tak butuh waktu lama, akun @strawbeelly mempermasalahkan jadwal kuliah yang ditunjukkan Wirda di Instagram story. Rupanya jadwal tersebut bisa diunduh secara bebas melalui website Buckingham University. Akun tersebut juga memberikan jadwal yang seharusnya ditampilkan Wirda. Bahkan akun tersebut menantang Wirda untuk memperlihatkan LOA (Letter of Acceptance) yang bisa membuktikan bahwa dirinya memang berkuliah di kampus tersebut.

Postingan foto Wirda bersama teman-temanya kembali muncul

Wirda bersama teman-teman bule [sumber gambar]
Rupanya pada 2017, Wirda pernah memposting momen bersama teman-temannya. Wirda menuliskan keterangan bahwa foto itu diambil kala dirinya sedang berada di Oxfordshire. Akun @strawbeelly menuturkan Wirda hanya mengikuti kelas summer program di Oxfordshire dan bukan di Oxford University. Pemilik akun mengatakan ia mengetahui hal itu lantaran sudah lama menjadi pengikut Wirda Mansur.

Riwayat pendidikan Wirda ramai diperbincangkan netizen

Di unggahan lain, Wirda menjabarkan bahwa dirinya bersekolah TK hingga SD di Daarul Quran. Ia juga sempat melanjutkan SMP di Jordan dan Amerika. Wirda juga mengaku mencicipi kuliah di Inggris. Namun pada akhirnya ia tetap mengambil kerjar paket B dan C agar mendapat ijazah. Penjelasan Wirda pun mendapat komentar netizen. Menurut netizen @pu***, Wirda berlebihan ingin menunjukkan kehebatannya padahal intinya Wirda sekolah paket B dan C hingga belum lulus sarjana.

Jawaban Wirda di Instagram Story [sumber gambar]
Sama halnya dengan sang putri, Yusuf Mansur juga memberikan respon mengenai Wirda yang diduga berbohong. Yusuf memberikan penjelasan yang sama dan justru mengungkap fakta terbaru bahwa saat ini putrinya ingin pindah kuliah di Singapura lantaran jadwal kuliah online yang bermasalah di UoB.

Hingga kini Wirda belum memberikan klarifikasi lagi tentang kontroversi yang menimpanya. Wirda justru mengungkapkan impiannya berkuliah S2 di Harvard yang menurut Wirda persyaratannya mudah. Wirda juga terlihat gencar mempromosikan koin kripto dan usaha kosmetik miliknya.

Written by F A Agustina

Momen 5 Penceramah Kondang Tuai Kontroversi

Kasus Indra Kenz dan Doni Salmanan, Nilep Duit Lewat Investasi Bodong