Waspada Beredar Beras Plastik Di Bekasi

oleh Adys Disty
06:04 AM on May 20, 2015
Waspada Beredar Beras Plastik Di Bekasi via okezone
Waspada Beredar Beras Plastik Di Bekasi via okezone

Belakangan ini santer terdengar ada beras yang berasal dari plastik hasil produksi China. Beras palsu tersebut terbuat dari bahan campuran kentang, ubi jalar, dan plastik atau resin sintetis industri. Sejumlah negara memang kembali dihebohkan oleh beras plastik asal China setelah booming pada tahun 2012 lalu.

Selain meresahkan China, penjualan beras plastik tersebut juga sudah menjalar ke berbagai tempat. Sekarang beras plastik itu santer telah beredar di Indonesia, yakni di Bekasi. Beras plastik diam-diam beredar di pasar tradisional.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Seorang warga mendapat beras plastik setelah membelinya dari pedagang beras di sebuah pasar tradisional. Dia mengatakan beras plastik bentuknya sangat mirip dengan beras asli. “Ketika saya memasak untuk membuat bubur dan nasi uduk, kok beda ya? Tak seperti beras sebelumnya. Padahal saya beli dengan harga Rp 8000 di tempat langganan saya,” kicaunya dalam akun instagram, Senin (18/5).

Beras plastik tersebut ternyata diproduksi secara massal di China. Bahkan, berbagai laman berita internasional telah menginformasikan keberadaan industri tersebut sejak tahun 2011. “Beras plastik ini dibuat dengan campuran kentang. Karena bukan beras asli, maka ketika dimasak akan mengeras seperti batu. Ini tentunya berbahaya bagi manusia,” kata seorang ahli makanan.

Untuk menyamarkan beras palsu itu, perusahaan menambahkan bumbu yang biasa dipakai untuk beras biasa. Sebelumnya, pembuatan beras berbahan dasar plastik itu terungkap oleh video berjudul “Awas!!! Beras Palsu buatan Negara China!!” yang diunggah ke dalam akun Youtube, Rabu (13/5) pekan lalu.

Video tersebut memperlihatkan pembuatan beras palsu dari limbah plastik. Produksi beras plastik sendiri memakai peralatan canggih. Tampak satu pria tengah memilah limbah plastik. Kemudian plastik itu dimasukkan dalam mesin dan menghasilkan cairan. Setelah menjadi cairan, plastik diubah bentuknya memakai mesin cetak. Hasilnya plastik itu menjadi seperti benang panjang yang kemudian dipotong pendek menyerupai beras.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA