Apa yang ada di benak kalian kalau dengar kata “warung”? Hmm.. pasti semua mikirnya tentang makanan atau toko yang berjualan kelontong. Nah, kalau Warung Makanan Roh Halus kalian mikirnya jualan apa?

Ini bukan rekayasa loh , warung ini memang benar-benar ada di Kota Yogyakarta. Keunikan namanya membuat semua orang ingin tau barang apa yang dijual di kios yang terkenal akhir-akhir ini. Penasaran? Yuk disimak fakta-fakta menarik dari warung yang memiliki nama aneh ini.

1. Menjual berbagai makanan untuk roh halus

Menjual berbagai macam makanan roh halus [image source]
Sesuai dengan namanya, warung ini ternyata benar-benar menjual makanan untuk para roh halus. Menu-menu yang dijual adalah Bunga Sripah, Macan Kerah, syarat-syarat keperluan ritual, dupa, segala macam minyak untuk ritual dan berbagai jenis ronce melati. Tapi yang membeli ya bukan makhluk astralnya sendiri dong, yang belanja di sana tetap orang biasa. Cuma barang-barang tersebut diborong untuk keperluan sesajen dan semacamnya.

2. Diberi nama unik agar mudah diingat

Diberi nama unik agar mudah diingat [image source]
Pasti kalian ingin tau kan kenapa warung ini diberi nama unik? Ternyata selain karena menjual barang-barang untuk keperluan ritual dan semacamnya, nama aneh ini digunakan agar gampang diingat oleh masyarakat. Dan benar, setelah pemberitaan tentang kiosnya tersebar di dunia maya, banyak wisatawan yang datang ke sana karena hanya ingin mengetahui bagaimana rupa dari toko yang sedang hits akhir-akhir ini.

3. Cicak jatuh sebagai pertanda warung akan didatangi pembeli

Cicak jatuh sebagai pertanda ada yang meninggal [image source]
Apa kalian percaya kalau cicak itu sering dikaitkan dengan pertanda orang meninggal? Ya pasti beberapa di antara kalian sedikit percaya tentang mitos satu ini. Tetapi ternyata di warung bernama unik ini percaya dengan kejadian tersebut. Itu semua karena penjualnya mengalaminya sendiri. Jika ada cicak jatuh, maka pasti ada orang yang berkunjung ke warungnya untuk membeli bunga. Dan peristiwa itu terjadi secara terus menerus sampai sekarang.

4. Pelanggan tetapnya mulai dari kalangan biasa hingga selebritis

Pelanggan tetapnya dari kalangan biasa sampai selebritis [image source]
Tak disangka, walaupun pemberian nama unik ini belum lama ternyata Warung Makanan Roh Halus telah memiliki banyak pelanggan tetap. Sujilah si penjual mengungkapkan bahwa pelanggannya bermacam-macam. Ada yang dari masyarakat biasa, kerabat dari keraton Yogyakarta sampai artis. Mau tau siapa selebritis yang suka berlangganan di situ? Siapa lagi kalau bukan Roro Fitria. Pedagang yang berusia 47 tahun ini menjelaskan jika artis tersebut biasanya membeli kembang untuk nyekar dan ritual.

5. Tetap menjalankan usahanya meski dianggap menyalahi aturan agama

Tetap menjalankan bisnisnya walaupun banyak tanggapan negatiif [image source]
Warung Makanan Roh Halus kerap dianggap menyalahi aturan agama oleh orang-orang. Penyebabnya adalah masih menjual barang-barang ritual yang dirasa masyarakat mengandung kemusyrikan. Tetapi Bambang yang mendirikan warung ini tak bergeming. Ia berpendapat bahwa ini adalah budaya yang tidak bisa disamakan oleh agama. Walaupun tradisi tersebut kental dengan hal yang berbau mistis dan klenik, Bambang tidak peduli karena ini merupakan budaya yang sudah mengakar di Yogyakarta. Jadi pria tersebut ingin melestarikannya karena adat ini sudah mulai tenggelam di era yang modern.

Nah, sudah tau kan Warung Makanan Roh Halus ini seperti apa? Ya, dia hanyalah sebuah nama unik yang diberikan agar gampang diingat oleh orang banyak. Selain itu, warung ini juga didirikan untuk melestarikan budaya yang sudah lama melekat di kota gudeg tersebut. Dan bagi kalian yang ke Yogyakarta boleh mampir ke sana, tapi jangan untuk makan ya.