5 Petunjuk Mengetahui Kesehatan Tubuh Lewat Warna Lidah

oleh Rahma Muliani
12:00 PM on Aug 6, 2015

Lidah merupakan otot rangka yang dapat membantu pencernaan makanan dengan cara mengunyah dan menelan. Lidah juga disebut sebagai indera pengecap. Dengan lidah, kita bisa menikmati rasa manis, asam, asin, dan sejuta rasa lainnya.

Tapi ternyata, dari lidah kita juga bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Hanya dengan melihat warna pada lidah, kita bisa mengukur seberapa sehatkah tubuh kita ini. Seperti apakah caranya? Mari kita simak di bawah ini.

Baca Juga
15 Status Resolusi Suka-suka ala Netizen Indonesia, dari Realistis Hingga Bikin Ngakak
Inilah 5 Fakta Makam Keramat di Purwokerto yang Tak Dipindah Meski Ganggu Lalu Lintas

1. Putih

Warna putih pada lidah mengindikasikan bahwa adanya masalah pada pencernaan kita. Jika lidah berwarna putih tipis, itu tandanya kita mengalami kekurangan darah. Namun jika warna putih itu terlihat tebal, itu berarti ada masalah pada kelamin kita.

Warna Putih Karena Kekurangan Darah
Warna Putih Karena Kekurangan Darah [ImageSource]
Saat mengalami gejala influenza, lidah kita juga dapat berwarna putih. Agar terhindar perubahan warna lidah menjadi putih, cobalah untuk merutinkan konsumsi air putih dan menjaga kebersihan mulut secara teratur.

2. Merah

Warna merah pada lidah muncul karena suhu tubuh atau panas abnormal yang meningkat pada tubuh kita. Lidah yang berwarna merah itu bisa menunjukkan adanya panas pada jantung, masalah di ginjal, dan masalah di kandung empedu. Tak jarang juga warna merah ini muncul disertai bengkak.

Saat Muncul Disertai Bengkak
Saat Muncul Disertai Bengkak [ImageSource]
Beberapa penyakit yang memicu warna merah ini adalah deman berdarah, kekurangan vitaman serta penyakit kawasaki pada balita. Perbanyaklah untuk mengkonsumsi  telur, daging sapi, ikan, kerang, buah mangga, asparagus, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Ungu

Warna ungu pada lidah bisa menunjukkan bahwa kita sedang menderita demam, memiliki kelainan darah atau sirkulasi darah tidak lancar. Jika warna tersebut sudah ada di seluruh permukaan lidah, itu menandakan adanya  suhu panas yang tinggi pada organ, jika berwarna ungu terang berarti ada masalah pada jantung dan juga hati.

Jika Berwarna Ungu Terang, Segera Hubungi Dokter
Jika Berwarna Ungu Terang, Segera Hubungi Dokter [ImageSource]
Beberapa penyakit yang memicu warna ungu ini adalah bronkitis kronis dan kadar kolesterol tinggi. Untuk mengembalikan warna lidah seperti semula, kita bisa mengkonsumsi bawang putih dan jahe dengan takaran yang cukup. Tapi jika warna lidah mu berwarna ungu terang, segeralah untuk menghubungi dokter.

4. Hitam

Saat lidah berwarna merah, itu menandakan bahwa keadaan mulut kita tidak bersih. Ada bakteri yang terjebak dan berkembang di lidah. Selain itu mengkonsumsi rokok dan minum kopi atau terlalu banyak juga dapat memicu warna hitam pada lidah.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Rokok Dan Kafein
Terlalu Banyak Mengkonsumsi Rokok Dan Kafein [ImageSource]
Agar tidak muncul warna hitam pada lidah, rajinlah untuk menjaga kebersihan mulut kita. Tambahkan juga berkumur dengan cairan hidrogen peroksida yang cair. Lakukan secara rutin, saat setelah makan dan saat bangun tidur.

5. Cokelat

Warna coklat pada lidah merupakan warna yang paling berbahaya. Beberapa para ahli menyimpulkan warna ini menunjukkan tahap awal penyakit kanker kulit. Terlebih lagi jika warna itu muncul disertai bintik cokelat. Jika sudah terjadi seperti itu, segeralah untuk menghubungi dokter ahli.

Waspadalah Dengan Warna Lidah Seperti Ini
Waspadalah dengan Warna Lidah Seperti Ini [ImageSource]
Untuk mencegah resiko kanker kulit, konsumsilah 8 gelas air putih setiap hari, bawang putih, hindari makanan yang dibakar, batasi penggunaan ponsel, dan pilih warna pakaian yang dapat menghalangi kontak langsung sinar matahari pada tubuh kita.

Jika kamu pernah memeriksa kesehatan ke dokter, pasti kamu pernah diminta untuk membuka mulut dan menjulurkan lidah kepada sang dokter. Ya, para dokter juga menggunakan cara ini untuk mengecek kesehatan pada tubuh pasiennya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA