Fakta Warna Kuning Telur yang Harus Anda Ketahui

oleh Ayu
10:42 AM on Mar 24, 2015

Warna kuning telur ternyata bisa menjadi indikator apakah telur yang Anda makan sehat atau tidak. Selama ini kita mungkin memberikan label kolesterol tinggi pada kuning telur yang akan dimakan. Namun, setelah ini Anda tidak akan sembarangan menilai kuning telur itu lagi.

Telur mengandung dua bagian, yakni putih telur dan kuning telur. Orang yang sedang diet banyak mengira putih telur adalah yang paling sehat. Namun, bila mengulas si kuning telur yang enak rasanya ini, ternyata warna kuning telur yang tepat akan memberikan manfaat menyehatkan. Yuk kupas telur, eh.. informasi tentang warna kuning telur di sini.

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

1. Warna Kuning Telur

Ada 3 macam warna kuning telur yang banyak ditemukan. Kuning pucat, kuning agak oranye dan oranye tua. Bagi orang yang sering parno dengan apa yang mereka makan, mungkin akan bertanya-tanya ada apa dengan kuning telurnya. Tapi, jangan khawatir.

warna kuning telur (c) themindunleashed
warna kuning telur (c) themindunleashed

The Mind Unleashed menyebutkan dalam beberapa penelitian yang dilakukan pada kuning telur. Kuning telur hasil peternakan lokal, seringkali warnanya lebih kuning matang hingga oranye tua. Bentuknya juga lebih besar dan tebal. Telur tersebut dibandingkan dengan telur yang banyak dijual di minimarket maupun supermarket yang ternyata memiliki warna kuning pucat.

Jangan keburu menaruh curiga bahwa kuning telur yang makin oranye adalah efek suntikan. Kabar baiknya, kuning telur dengan warna tualah yang ternyata lebih bergizi dan menyehatkan. Makin pekat warna kuning telurnya, makin sehat telur tersebut.

2. Kenapa Kuning Telur Warna Pekat Lebih Sehat?

Warna kuning telur banyak dipengaruhi oleh makanan dari ayam tersebut. Ayam yang diberi makan lebih banyak jagung, biasanya memiliki kuning telur dengan warna yang lebih pekat. Selain terbentuk dari pangan yang alami, warna kuning telur ini biasanya mengindikasikan nutrisi yang lebih baik.

warna pekat kuning telur (c) fitnessrepublic
warna pekat kuning telur (c) fitnessrepublic

Makin kuning telurnya, makin banyak kandungan karotenoid atau vitamin A di dalamnya. Tapi tetap saja, jangan makan berlebihan ya. Sehari memang sebaiknya tidak lebih dari 2 kuning telur, namun ada juga yang lebih menyarankan seminggu cukup 2 kuning telur untuk menjaga level kolesterol.

3. Kuning Telur Yang Lebih Sehat Dimasak Sampai Matang

Kuning telur lebih optimal manfaatnya ketika Anda memasak hingga matang. Level bakteri di dalamnya sudah jauh berkurang, selain itu kandungan gizinya meningkat hingga 91% dibanding setengah matang yang hanya 51%.

Kuning telur lebih sehat di masak matang (c) turner
Kuning telur lebih sehat di masak matang (c) turner

Kuning telur mentah hanya bermanfaat ketika Anda menggunakannya sebagai masker rambut. Dengan menggunakan kuning telur di pangkal rambut, bisa menjauhkan kita dari masalah kebotakan dan menyuburkan rambut. Jangan lupa bilas dengan bersih agar tidak amis.

Itulah beberapa fakta tentang warna kuning telur. Ada juga informasi yang menyebutkan bahwa warna kulit telur mempengaruhi gizi di dalamnya. Namun dalam sebuah jurnal kesehatan yang diungkap Huffington Post, ternyata warna kulit telur tidak banyak berpengaruh pada gizi di dalamnya.

Nah, semoga informasi ini cukup bermanfaat dan membuat Anda makan kuning telur tanpa rasa bersalah lagi. Stay healthy and be happy.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA