Situs Warisan Budaya Dunia Terindah Ini Bisa Membuatmu Ngebet Ingin Mengunjunginya

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Sep 21, 2016

Setiap tahun UNESCO selalu mengadakan sebuah pertemuan untuk memasukkan beberapa tempat menjadi sebuah kawasan warisan budaya. Pemberian gelar world heritage site ini diberikan karena tempat atau situs ini sangat unik, memiliki nilai budaya yang kaya, dan membuatnya dijaga lebih baik dari sebelumnya. Pemberian gelar world heritage site membuat sebuah tempat menjadi lebih istimewa sehingga semua orang memiliki kewajiban untuk merawatnya.

Dari dari ratusan situs budaya di dunia, baik tempat bersejarah hingga kawasan konservasi memiliki keindahan sendiri-sendiri. Semuanya memiliki kekhasan sehingga selalu menarik semua orang untuk mendekatinya. Anyway, inilah beberapa situs warisan budaya dunia terbaik dan terindah yang bisa membuatmu pengin traveling ke sana.

Baca Juga
Cantiknya Istri 6 Pemimpin Daerah di Tanah Air Ini Dijamin Bikin Kamu Terpesona dan Ngiri
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model

Angkor – Kaboja

Angkor adalah sebuah situs terbesar dan terpenting di kawasan Asia Tenggara. Membentang di kawasan seluas 400 km persegi, Angkor terdiri dari kawasan kota dan juga hutan yang memiliki banyak sekali bangunan candi. Setiap bangunan di sini memiliki keunikan terutama dari segi arsitektur kuno dari Kerajaan Khmer di abad ke-9 hingga ke-15. Semua jejak bangunan selama lima abad itu sebagian besar masih utuh di sini.

Angkor [image source]
Angkor [image source]
Oh ya, Angkor memiliki beberapa bangunan yang sangat terkenal mencakup Kuil Angkor Wat, Angkor Thom, dan kuil Thom. Sejak pertama kali ditemukan, bangunan candi banyak yang menyatu dengan hutan. Akar-akar besar dari pohon banyak yang membebat bangunan sehingga memberi kesan unik dan agak ngeri. Keistimewaan ini membuat Angkor pernah menjadi syuting film dan juga setting game.

Machu Picchu – Peru

Machu Picchu adalah sebuah kompleks perkotaan kuno yang konon dibangun pada tahun 1450. Peradaban Inca membangunnya untuk melakukan ritual, terbukti di bagian tertinggi dari situs ini terdapat kuil dewa matahari. Selain digunakan sebagai tempat ritual, Machu Picchu juga digunakan sebagai kawasan pertanian yang cukup subur untuk menampung kehidupan penduduk yang ada di sana.

Machu Picchu [image source]
Machu Picchu [image source]
Kawasan Machu Picchu hanya ditempati selama 100 tahun saja, saat Bangsa Spanyol masuk dan mengalahkan Inca, kawasan ini langsung jadi kota mati. Selama ratusan tahun, bangunan ini ditinggalkan dan akhirnya baru ditemukan pada awal tahun 1900-an. Setelah diketahui dunia internasional, kawasan ini langsung menjadi destinasi paling TOP di Peru dan masuk menjadi kawasan situs budaya dunia.

Kepulauan Galapagos – Ekuador

Masih ingat dengan pelajaran Biologi materi evolusi makhluk hidup? Masih ingat dengan Charles Darwin dan juga Kepulauan Galapagos juga, kan? Well, kepulauan Galapagos tidak hanya kawasan menyajikan keunikan flora dan fauna saja. Tempat ini juga dianggap sebagai salah satu situs warisan budaya dunia kategori alam. UNESCO menganugerahinya pada tahun 1978.

Galapagos [image source]
Galapagos [image source]
Flora dan fauna di kawasan kepulauan Galapagos sangatlah unik. Letaknya yang berada di tengah laut membuat hewan di sini beradaptasi lalu berevolusi. Lokasi dari kepulauan yang terisolasi ini benar-benar seperti laboratorium hidup. Para ahli biologi dan lingkungan pasti terobsesi untuk mengunjungi kepulauan yang saat ini kondisinya sudah semakin terancam oleh pengrusakan.

Bagan – Myanmar

Bagan adalah kompleks kota kuno yang pada abad ke-11 hingga 13 menjadi pusat pemerintahan kerajaan Pagan. Dahulu di kawasan yang memiliki luas hingga 104 kilometer persegi ini memiliki 10.000 candi. Namun, setelah diserang oleh kerajaan Mongol di tahun 1277-1301, candi hanya tersisa 2000-an saja dan kerajaan hancur lebur.

Bagan [image source]
Bagan [image source]
Saat ini kawasan Bagan menjadi objek wisata unggulan di Myanmar. Traveler bisa berkeliling untuk melihat sisa bangunan candi yang megah. Oh ya, Anda bisa berkeliling ke banyak tempat sambil menikmati alam yang masih alami serta balon udara yang kadang diterbangkan untuk menambah kemegahan dari Bagan.

Petra – Yordania

Petra adalah sebuah kota kuno yang ditinggalkan begitu saja oleh para orang Arab Nabataen. Dibangun pada tahun 312 SM, kota ini menjadi pusat jual beli di masa itu. Segala bentuk komoditas unggul disalurkan lewat Petra yang dikenal juga dengan saluran air mirip pipa meski dibangun 2000 tahun yang lalu.

Petra [image source]
Petra [image source]
Oh ya, Petra juga dikenal sebagai kota mawar karena batuan yang  dipahat menjadi kota berwarna merah mawar. Pada tahun 1985 situs ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan budaya dunia dari Yordania. Setelah pemberian gelar ini, setiap tahun selalu ada ratusan ribu orang datang untuk menyaksikan kemegahan dari Petra.

Inilah lima situs warisan budaya dunia terindah versi Boombastis. Dari lima situs di atas, mana yang kira-kira ingin Anda kunjungi?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA