in

4 Wanita Tiongkok Tercantik Sepanjang Masa yang Mampu Mengubah Sejarah

Hingga kini, China dikenal sebagai negara yang dihuni segudang wanita cantik. Meski begitu, katanya kecantikan wanita China saat ini belum seberapa jika dibandingkan kecantikan wanita-wanita pada masa dinasti-dinasti kerajaan. Tidak hanya berwajah rupawan, perempuan-perempuan zaman dulu juga memiliki banyak bakat yang menawan. Bahkan beberapa juga sanggup mengubah sejarah.

Dari sekian banyak wanita cantik di China, ada 4 orang yang dianggap paling cantik sepanjang masa. Si Da Mei Nu, itulah julukan bagi deretan empat wanita tercantik yang juga paling berpengaruh dalam sejarah. Siapa sajakah mereka dan apa pengaruh sosoknya dalam sejarah? Berikut ini paparannya.

Xi Shi, Dinasti Zhou

Xi Shi adalah wanita cantik yang berhasil memporak-porandakkan negara Wu. Tentu bukan karena Xi Shi pandai bersilat lantas memerangi kerajaan Wu, namun kecantikan Xi Shi membuat petinggi negara itu lalai akan segala hal. Saking cantiknya Xi Shi, hingga diabadikan dalam ungkapan yang berbunyi, “kecantikan Xi Shi ini membuat ikan-ikan kolam lupa akan cara berenang sehingga tenggelam ke dalam dasar kolam”.

Lukisan Xi Shi yang dibuat Tan Mian Xiang [image: source]
Diceritakan bahwa Xi Shi yang hidup sekitar tahun 560 SM digunakan sebagai senjata yang dikirim negara Yue untuk melawan Raja negara Wu, Fu Chai. Tugas Xi Shi adalah menempeli raja hingga lupa akan tugas-tugas negaranya. Dan berhasil, kecantikan Xi Shi benar-benar membuatnya menjadi selir paling dicintai. Sampai-sampai, Raja Fu Chai membuatkan istana megah khusus untuk Xi Shi. Kesempatan ini, dipakai kerajaan Yue untuk menyerang kerajaan Wu. Akhirnya, Fu Chai tumbang dan digantikan raja negara Yue yang bernama Go Jian.

Setelahnya, Kaisar Go Jian malah gentar karena takut tergoda kecantikan Xi Shi seperti Fu Cai. Karenanya, sang raja menyuruh bawahannya untuk menenggelamkan Xi Shi. Namun menurut cerita, Xi Shi pergi jauh dan hidup dengan kekasihnya yang bernama Fan Li.

Wang Zhao Jun, Dinasti Han

Perempuan yang hidup pada abad ke 1 Masehi ini dikenal juga dengan nama Wang Qiang. Memiliki kecantikan alami ditambah keahlian memetik alat musik pipa, pesoana Zhao Jun makin lengkap dengan jaket bulu yang biasa dikenakannya. Kecantikan yang tersebar ke seluruh negeri, membuat orang-orang mengatakan bahwa kecantikan Zhoujun dapat menjatuhkan burung-burung yang sedang terbang.

Kecantikan Wang Zhaojun si putri perdamaian [image: source]
Karena itulah, dirinya termasuk salah satu wanita cantik yang diundang Kaisar Yuan ke istana. Sayangnya, kaisar yang hanya melihat kecantikan seseorang dari lukisan seniman Mao Yanshuo, tidak mendapati eloknya Wang Zhaojun dalam lukisan. Alhasil, sang raja tidak pernah menemui Zhaojun. Malahan, Zhoujun dikirim untuk menjadi pengantin dalam pernikahan perdamaian dengan pemimpin Xiong Nu. Berkat Zhao Jun, perdamaian antara Dinasi Han dan Negara Xiong Nu terjalin hingga lebih dari setengah abad. Untuk menghargai jasanya, rakyat China menggunakan Wang Zhaojun sebagai simbol persatuan antara etnis Han dengan etnis minoritas lainnya.

Diao Chan, Dinasti Han

Entah bagaimana menggambarkan kecantikan Diao Chan. Yang jelas ungkapan masyhur yang beredar di masyarakat adalah, bahwa bulan pun menutupi dirinya dengan awan-awan karena minder melawan kecantikan Diao Chan. Hidup pada akhir Dinasti Han, penyanyi cantik ini digunakan sebagai alat untuk menaklukkan pejabat Jahat bernama Dong Zhou yang mengancam kekuasaan Dinasti Han.

Diao Chan [image: source]
Kala itu menteri Dinasti Han mempersembahkan Diao Chan kepada Dong Zhou. Namun di balik itu, Diao Chan juga diperkenalkan kepada Lu Bu, anak buah andalan Dong Zhou yang ahli silat dan pendukung utama kejayaan ayahnya. Lu Bu yang jatuh hati pada Diao Chan di awal bertemu, digiring untuk memerangi ayahnya yang juga mencintai Diao Chan. Tidak sadar sedang diadu domba, Lu Bu benar-benar melakukan pemberontakan pada ayahnya sendiri. Bukan hanya itu, ia justru dengan kejam membunuh ayahnya. Berkat Diao Chan, Dinasti Han terselamatkan.

Yang Yu Huan, Dinasti Tang

Yang Yu Huan yang hidup pada sekitar tahun 719-756 Masehi. Perempuan yang juga dikenal dengan sebutan Yang Gui Fei ini selain cantik, bakat musiknya amat menonjol. Karena kelihaiannya dan bermain musik dan menari, ia merupakan selir kesayangan Kaisar Tang Xuan Zong. Hingga terdapat ungkapan bahwa kecantikan Yang Gui Fei membuat bunga menutupi dirinya karena malu.

Yang Yu Huan [image: source]
Kecantikan Yang Gui Fei juga disebut-sebut telah memperdayai mertuanya sendiri, Li Long Ji. Dengan dukungan banyak pihak, Yuan Gui Fei menjadi salah satu wanita terkuat dalam sejarah Tiongkok. Sayangnya, ia harus mati di tangan suaminya sendiri. Lantaran Gui Fei dianggap bertanggung jawab atas pemberontakan yang dilakukan kakaknya pada Kaisar Tang.

Kecantikan perempuan-perempuan ini tidak hanya bikin raja-raja klepek-klepek, tapi berperan juga dalam membuat perdamaian, memperkuat kerajaan, bahkan menghancurkan kekuasan raja. Wah, kira-kira zaman sekarang apa ada ya perempuan seperti ini? Bagaimana menurutmu?

Written by Aini Boom

Leave a Reply

7 Sepeda Termahal di Dunia yang Harganya Melampaui Mobil Mewah

Profesor Yohanes Surya

Prof. Yohanes Surya, Guru Bangsa yang Mampu Mendidik Anak Paling “Bodoh” Menjadi Langganan Jawara Olimpiade