in

Dianggap Jam Kemunculan Hantu, 3 Waktu Keramat Ini Punya Fakta Sebenarnya

Indonesia memang masih sangat kental dengan yang namanya mistis. Contohnya saja seperti jam-jam tertentu yang dikaitkan dengan kemunculan hantu. Entah itu benar atau tidak, tapi banyak juga orang yang percaya akan hal ini.

Mungkin yang paling sering kita dengar adalah jam dua belas malam. Yap, kabar-kabarnya sih pada waktu ini ada banyak hantu yang berkeliaran di luar sana. Sehingga orang-orang lebih baik menghabiskan waktu tersebut di dalam rumah daripada sekedar nongkrong tak tahu arahnya. Nah tapi ada lagi, jam-jam lain yang dihubungkan dengan hal mistis seperti di bawah ini.

Tidak boleh keluar rumah saat menjelang maghrib

Orangtua selalu bilang, kalau selepas maghrib kita harus berada di dalam rumah. Paling tidak, di dalam ruangan lah kalau belum sampai ke rumah. Jangan sekali-kali nekat berada di luar rumah apalagi keliaran tak jelas. Sebab, orangtua bilang kalau saat maghrib itu banyak hantu yang sedang sliweran atau santet dan semacamnya sedang dilepas pada jam tersebut. Jadi, sebelum ada kejadian yang tidak-tidak, kita diwajibkan untuk waspada.

Tidak boleh keluar saat maghrib [Sumber Gambar]
Ini bukan mitos belaka lho Sahabat Boombastis. Alasannya karena suruhan dari orangtua ini ada penjelasan ilmiahnya. Menurut Prof.DR.ir H. Osly Rachma, MS dalam bukunya yang berjudul The Science Of Shalat, disampaikan bahwa saat menjelang maghrib, alam akan berubah spektrum cahaya menjadi kemerahan. Nah, perubahan spektrum merah tersebut ternyata selaras dengan frekuensi bangsa jin dan juga iblis. Makhluk tak kasat mata tersebut akan bertambah kuat karena memiliki gelombang yang sama dengan alam dunia.

Jam 12 malam yang diidentikkan dengan keluarnya makhluk gaib

Beredarnya mitos kalau jam 12 malam itu waktu keluarnya para hantu selalu membekas di ingatan seseorang. Bahkan dari sana, banyak orang-orang membuat cerita atau bahkan film horor yang dihubungkan dengan jam 12 malam. Sehingga, titik pergantian hari tersebut selalu dianggap sebagai jam yang paling ditakuti oleh hampir seluruh orang di dunia. Apa kalian juga termasuk?

Jam 12 malam selalu dianggap mistis [Sumber Gambar]
Kalau berbicara tentang jam 12 malam ini memang ada sedikit benarnya kok Sahabat Boombastis. Seperti dilansir dari brilio.net, jika tengah malam memang jam di mana para makhluk gaib bisa berkeliaran dengan bebas. Ini disebabkan aura dunia sedang mengalami penetralan sehingga makhluk tak kasat mata bisa mengganggu manusia sepuasnya. Selain itu, pada saat jam 12 malam merupakan waktu di mana emosi manusia sedang berada pada titik nol. Alhasil manusia masih belum bisa berpikiran jernih dan akibatnya dapat membangun sugesti menyeramkan.

Jam 3 pagi yang sering membuat orang mengalami tindihan

Waktu yang juga ditakuti oleh orang-orang adalah jam 3 pagi. Nah, pada sekitaran jam ini banyak yang menyebutkan jika kekuatan gaib mulai bangun dari peraduannya. Bisa dibilang, ilmu hitam sedang kuat-kuatnya pada jam tiga pagi. Maka dari itu, tidak heran kalau banyak orang bercerita jika dirinya sering kali mengalami tindihan di waktu tersebut. Biasanya, orang-orang menamakan waktu ini dengan sebutan witch hour atau jam sihir.

Tindihan pada jam tiga pagi [Sumber Gambar]
Sebenarnya fenomena ketindihan itu tidak ada lho Sahabat Boombastis. Dalam dunia kedokteran, itu dinamakan dengan Rapid Eye Movement (REM). Menurut dr Arman Jaya selaku Direktur RSUD dr. H Andi Abdurrahman Noor Tanahbumbu, kalau REM terjadi karena kelelahan atau bisa juga karena kurang tidur. Sehingga membuat otak manusia masih bekerja meskipun mata dalam kondisi tertutup. Akibatnya tubuh akan mengalami kesulitan menggerakkan kaki atau tangan, ketidakmampuan berbicara dan juga berhalusinasi dengan pendengaran ataupun penglihatan. Oleh sebab itu, orang-orang sering mengira dirinya telah melihat hantu pada jam tersebut.

Itulah jam-jam yang sering dianggap menakutkan oleh kebanyakan orang. Mungkin segelintir anggapan kita ada benarnya, namun sebaiknya Sahabat Boombastis tak perlu takut dengan ancaman setan atau apapun. Asalkan kita dekat dengan Tuhan, maka makhluk-makhluk gaib tersebut tak akan berani untuk mendekati kok. Ingat, kita adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna di muka bumi. Sehingga sebaiknya jangan takut dengan makhluk tak kasat mata tersebut ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Viral! Pria Ini Bisa Tirukan Suara Mirip Jokowi

Malam-malam Terakhir Mayjen S. Parman, Pahlawan Revolusi yang Gugur di Tangan Tjakrabirawa