Setahun Berlalu, Inilah Wajah Nepal Setelah Gempa Bumi Mematikan di Tahun 2015

oleh Rizal
09:37 AM on Apr 29, 2016

Mungkin sudah banyak yang lupa kalau setahun lalu pernah ada kejadian paling mengerikan sepanjang tahun. Ya, gempa Nepal. Berita ini dulu begitu viral lantaran kedahsyatannya yang bikin bulu kuduk merinding. 7,8 sekala richter mengguncang Nepal ketika orang-orang tengah sibuk beraktivitas. Disusul kemudian guncangan yang tak kalah dahsyatnya dengan intensitas waktu yang dekat.

Akibat dari gempa ini bangunan-bangunan hancur seperti Lego yang dirobohkan, termasuk situs-situs bersejarah UNESCO. Yang lebih memilukan tentu jumlah korbannya sendiri. Diperkirakan selama gempa terjadi, sekitar 8.947 orang tewas dan 23.447 luka-luka. Kini setahun sudah peristiwa itu berlalu. Kengerian tentu tidak pernah hilang, tapi warga Nepal sudah kembali hidup normal.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Setahun berlalu, bagaimana keadaan Nepal sekarang? Bisa dibilang lebih baik, meskipun masih ada sisa-sisa dari kejadian mengerikan itu. Untuk mengetahuinya lebih dalam, simak lewat foto-foto berikut.

1. Bekas bangunan yang hancur ini sudah dihilangkan. Tapi tetap terasa kesan traumatisnya

Jalanan Kathmandu
Jalanan Kathmandu

2. Kuil Durbar yang dulu hancur berantakan kini sudah berdiri tegak lagi

Candi di Bashantapur Durbar Square
Kuil Durbar

3. Salah satu sudut kota Kathmandu. Gambar pertama adalah prosesi kremasi para korban

Sudut kota Kathmandu dulu dan sekarang
Sudut kota Kathmandu dulu dan sekarang

4. Bangunan yang hancur itu kini sudah tidak ada lagi

Salah satu lokasi gempa terparah dulu dan sekarang
Salah satu lokasi gempa terparah dulu dan sekarang

5. Setahun berlalu, tidak ada yang benar-benar beda dari gambar ini

Sudut kota yang tak banyak berubah
Sudut kota yang tak banyak berubah

6. Jalanan yang retak sudah diperbaiki, tapi jembatan penyeberangannya dibuang

Jalanan kota Kathmandu
Jalanan kota Kathmandu

7. Masih belum nampak perbaikan yang signifikan di menara ini. Tak ada bedanya dari setahun lalu

Menara Dharahara dulu dan sekarang
Menara Dharahara dulu dan sekarang

8. Kuil Burbar kini sudah benar-benar dipulihkan meskipun beberapa bagian hilang

Kuil Bhaktapur Durbar dulu dan sekarang
Kuil Bhaktapur Durbar dulu dan sekarang

9. Lokasi ini sudah banyak dilakukan perbaikan. Terlihat perbedaan yang mencolok

Seorang pria berdoa di reruntuhan kuil
Seorang pria berdoa di reruntuhan kuil

10. Riuhnya orang-orang dan rusaknya bangunan, kini sudah tidak terlihat lagi

Kuil Durbar dulu dan sekarang
Kuil Durbar dulu dan sekarang

Dari gambar-gambar di atas, nampak Nepal sudah melakukan yang terbaik untuk memulihkan dirinya, walaupun di beberapa titik masih terlihat sama seperti setahun lalu. Meskipun demikian, tentu saja hal ini sangat positif mengingat gempanya sendiri sangatlah dahsyat. Gempa itu sendiri dikatakan merupakan yang paling parah di Nepal sejak tahun 1934. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi untuk kesekian kalinya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA