ILOVEYOU, Virus Ganas yang Bikin WannaCry Nggak Ada Apa-Apanya

Virus mengerikan yang diciptakan oleh dua orang ahli. Well, karena orang pinter itu nggak semuanya bener

oleh Nikmatus Solikha
16:00 PM on May 15, 2017

Belakangan ini hampir semua netizen dibikin geger dengan berita menyebarnya virus Wannacry. Mungkin kamu juga salah satu orang yang gelisah dan khawatir dengan ancaman tersebut. Bagaimana nggak? Virus mengerikan tersebut mengancam keselamatan file-file korbannya.

Banyak pihak yang lebih memilih nggak menggunakan internet sementara waktu demi menjaga keselamatan komputernya. Namun, bagi mereka yang bekerja harus dengan jaringan internet, mau nggak mau tetap membiarkan komputer tetap terkoneksi. Yah, nggak apa-apa juga sih, asal tetap waspada dan hati-hati. Toh, dunia juga sudah pernah diteror oleh virus yang lebih mengerikan, yaitu Iloveyou. Seperti apa virus tersebut? Berikut ulasannya.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Salah satu worm paling terkenal tahun 2000

Virus adalah program yang hanya bisa dibuat oleh orang-orang ahli. Sayangnya, keahlian tersebut digunakan dengan tujuan yang jahat. Begitu banyak jenis virus yang membahayakan komputer kita, antara lain worm, trojan dan lain sebagainya.

virus iloveyou [image source]
Dari banyaknya jenis virus, yang paling berbahaya adalah worm. Jenis virus tersebut dapat merusak komputer tanpa bantuan pihak ketiga. Jenis tersebut memanfaatkan kelemahan sebuah program yang disebut vulnerability. Nah, virus bernama ILOVEYOU alias loveletter adalah salah satu worm paling terkenal di tahun 2000.

Virus yang dikenal sangat pintar

Cara kerja ILOVEYOU memang sangat pintar. Virus satu ini mengirim email ke semua alamat yang ada di program outlook dengan subyek, ILOVEYOU. Di dalam email tersebut, disertakan lampiran LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs.

bahayanya virus iloveyou [image source]
Namun, extention.vbs yang sebenarnya merupakan program tempat virus tersebut disembunyikan. Melalui rekayasa sosial, lampiran tersebut terlihat seperti teks biasa. Namun, begitu dibuka virus tersebut akan mengirim surat dengan lampiran yang sama ke semua alamat email yang tersimpan di komputer tersebut. Sehingga dalam waktu singkat, worm pun menyebar luas.

Virus ILOVEYOU bisa bikin pengguna komputer patah hati

Pada mumumnya, orang pasti akan bahagia jika mendapat surat cinta. Tapi lain ceritanya jika surat cinta yang dilampirkan dalam email tersebut merupakan virus yang bikin komputer terluka. Bagaimana tidak? Sekali loveletter tersebut dibuka, virus tersebut akan menyerang file JPEG, MP3, dan lain-lain milik korbannya.

seremnya iloveyou [image source]
Di awal tahun 2000, virus mengerikan ini sudah menyerang 45 juta pengguna komputer dalam jangka waktu satu hari saja. Tak cukup sampai di sana, diperkirakan kerusakan yang disebabkan oleh virus satu ini mencapai Rp 70,2 triliun. Nilai yang sangat fantastis pada masanya. Angka kerugian tersebut juga sangat gila mengingat penyebabnya adalah sebuah virus.

Dibuat oleh orang Filipina

Onel de Guzman dan Reomel Ramones adalah dua otak yang berdiri di balik tersebarnya virus ILOVEYOU.  Dua orang yang isengnya kebangetan tersebut berasal dari Filipina. Memang, dua orang jahat tersebut pernah ditangkap oleh aparat setempat.

Onel de Guzman dan Reomel Ramones [image source]
Sayangnya keduanya akhirnya dibebaskan karena pihak otoritas lokal yang menyadari jika tidak ada hukum yang mengatur larangan mengenai penciptaan virus malware di Filipina. Hmmm, dengan segala kerugian gila-gilaan, si pelaku begitu mudah dibebaskan?

Virus memang musuh bagi semua pengguna komputer. Namun, percayalah jika tiap penyakit pasti ada obatnya. Jika ada orang iseng yang membuat virus, tentu masih banyak orang pintar dan baik yang menciptakan antivirus. Terbukti, tak lama setelah menyebarnya virus ILOVEYOU, sudah ada McAfee, program yang bisa mengalahkan virus tersebut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA