Dari banyaknya tempat di muka bumi, kutub selatan adalah salah satu yang paling berbahaya dan terlarang untuk dikunjungi. Alasannya apalagi kalau bukan karena tempat ini sangatlah berbahaya dan tidak mendukung kehidupan. Sejauh mata memandang kita hanya akan mendapati es-es abadi di mana ketika dipegang bakal langsung bikin hipotermia.

Namun, meskipun jadi tempat terlarang dan sangat berbahaya, ternyata kutub selatan masih tetap bisa dikunjungi. Kamu mungkin tidak menyangka, tapi di sana ada sebuah pemukiman unik yang dihuni oleh banyak manusia. Namanya adalah Villa Las Estrellas. Dan uniknya, tempat ini juga bisa kita singgahi. Di sana kita bakal merasakan sensasi ekstrem tinggal di kutub selatan yang terkenal berbahaya namun dengan cara yang nyaman.

Villa Las Estrellas sendiri adalah sebuah distrik kecil di mana isinya lengkap banget. Tak hanya ada rumah-rumah, tapi juga hal-hal lainnya. Lalu, seperti apa sih kehidupan di tempat ini? Simak ulasannya berikut.

Artikel Lainnya
70 Tahun Berada dalam Konflik, Ini Momen Bersejarah Saat Korea Mengusung Bendera Persatuan
Heboh Jokowi Freestyle Naik Moge, Inilah Fakta Stuntman yang Asyik Sekaligus Uji Nyali

Sekilas Tentang Villa Las Estrellas

Villa Las Estrellas bisa dibilang sebagai tempat yang paling terpencil di dunia. Hal ini disebabkan karena posisinya luar biasa unik. Ya, Villa Las Estrellas berdiri di sebuah kepulauan di utara kutub selatan. Jaraknya tidak begitu jauh dari Antartika inti yang sampai sekarang belum tereksplorasi sempurna itu.

Villa Las Estrellas [Image Source]
Villa Las Estrellas [Image Source]
Villa Las Estrellas adalah milik negara Chili. Tujuan dibangunnya pemukiman ini seratus persen untuk penelitian. Meskipun demikian, tapi cukup banyak orang yang tinggal di sana. Populasinya sekarang kurang lebih 100an orang termasuk wanita dan juga anak-anak. Di Villa Las Estrellas sendiri tak hanya berdiri lab-lab atau semacamnya, tapi juga banyak hal lain.

Kehidupan di Villa Las Estrellas

Hidup di kutub selatan mungkin tak pernah terbayangkan. Tapi, kalau melihat Villa Las Estrellas ini, hal tersebut ternyata bisa dilakukan. Bahkan di tempat tersebut, kehidupan bisa berjalan dengan nyaman dan menyenangkan. Kalau kita bicara infrastruktur, di pemukiman terpencil itu cukup lengkap untuk segala hal. Ada toko, mall mini, gereja, sekolah dan lain sebagainya. Di sana juga ada televisi berikut internetnya.

Kehidupan masyarakat Villa Las Estrellas [Image Source]
Kehidupan masyarakat Villa Las Estrellas [Image Source]
Bagaimana dengan kehidupan sosialnya? Ya, bisa dikatakan sangat dekat dan harmonis. Hidup dengan 100 orang saja membuat penduduk Villa Las Estrellas sangat menjaga kerukunannya. Di sana setiap orang pasti mengenal satu sama lain. Tak ada kejahatan atau permusuhan karena semua orang saling membantu satu sama lain.

Hal-Hal Menyenangkan Soal Tinggal di Sini

Meskipun kutub selatan dianggap sangat ekstrem, tapi hal tersebut tak selalu terjadi di sini. Memang dingin dan penuh es, tapi kehidupan di Villa Las Estrellas cukup menyenangkan. Terutama karena di sini kita juga akan mendapatkan hal-hal unik yang takkan dijumpai di tempat lain.

Aurora [Image Source]
Aurora [Image Source]
Sebut saja aurora. Di Villa Las Estrellas ini kita bakal sering lho mendapatkan pemandangan cahaya raksasa berwarna kehijauan ini. Tak perlu masuk lebih jauh ke Antartika karena kadang muncul sendiri di atas kepala. Tak hanya itu, di sini kesempatan kita menyaksikan satwa-satwa khas juga makin besar. Misalnya penguin Kaisar yang menakjubkan itu.

Sisi Tidak Menyenangkan Villa Las Estrellas

Meskipun penuh dengan hal-hal menyenangkan, tapi bagaimana pun juga Villa Las Estrellas berada di kutub selatan yang seyogyanya tidak ditinggali manusia. Ya, di sini ada begitu banyak tantangan yang harus dihadapi mereka yang tinggal di dalamnya. Dan yang paling jadi musuh bagi orang Villa Las Estrellas jelas adalah musim dinginnya.

Musim dingin di Villa Las Estrellas [Image Source]
Musim dingin di Villa Las Estrellas [Image Source]
Ya, tiap musim dingin datang, suhu di sana turun sangat drastis. Rata-rata sih minus 10 derajat celcius. Sebagai gambaran, nol derajat adalah suhu di mana air akan membeku. Jadi, bisa dibayangkan ya minus 10 derajat itu seperti apa. Kadang kalau sedang ekstrem, suhu yang sudah sangat dingin itu bisa lebih rendah lagi, sekitar minus 30 derajat. Makanya, ketika musim dingin datang, sebagian orang Villa Las Estrellas akan bermigrasi ke Chili untuk sementara waktu.

Cara Menuju Villa Las Estrellas

Tempat ini dulunya rahasia, namun seiring dengan publikasi yang makin banyak akhirnya dibuka untuk umum. Jadi, artinya siapa pun bisa untuk berkunjung ke sana. Bahkan nih ada semacam paket travel khusus untuk menuju si pemukiman terpencil itu. Biasanya sih dari pihak Chili-nya sendiri yang mengadakan paket tur tersebut.

Villa Las Estrellas bisa dikunjungi kapan pun [Image Source]
Villa Las Estrellas bisa dikunjungi kapan pun [Image Source]
Meskipun kutub selatan adalah ujung dunia, tapi uniknya tak butuh waktu yang sangat lama untuk ke sana. Dari Chili mungkin hanya menempuh beberapa waktu saja. Perlu diketahui, jarak dari Chili ke Antartika memang relatif cukup dekat. Oh iya, kalau kamu mungkin berminat dengan paket travel ini, maka persiapkan uang yang banyak sekali.

Inilah Villa Las Estrellas, tempat menarik yang bisa kita kunjungi di ekstrem dan dinginnya Antartika. Siapa yang menyangka ya benua ini sekarang bisa dijelajahi, padahal dulu hal yang semacam itu adalah sesuatu yang cukup mustahil. Makanya, tentu akan jadi pengalaman yang benar-benar menarik ketika bisa menjejakkan kaki di sana dan merasakan sendiri angkuhnya si kutub selatan.