Video Mengenaskan Pemabuk Lebih Dihargai dari Tunawisma Anak Satu!

oleh Adi Nugroho
15:11 PM on Jul 27, 2015

Anda mungkin akan menyangsikan judul yang kami buat untuk tulisan ini. Seorang pemabuk, bahkan pecandu narkoba lebih dihargai, bahkan dikasihi oleh banyak orang. Sedangkan seorang tunawisma dengan satu anak diberikan perlakukan sebaliknya. Hal mengenaskan ini ditunjukkan oleh sebuah video social experiment yang dilakukan oleh Youtuber bernama Coby Persin.

Video social experiment adalah sebuah video yang digunakan untuk mengetahui respons masyarakat terhadap isu tertentu. Dalam video berdurasi 3 menitan ini, Coby Persin ingin mengetahui reaksi warga di New York jika bertemu dengan “pengemis pemabuk” dan “pengemis tunawisma beranak satu, single parent pula”. Ia akan menyamar sebagai pengemis dan melakukan eksperimen.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

Coby Persin Sebagai Pemabuk
Coby Persin Sebagai Pemabuk

Eksperimen pertama menunjukkan jika pengemis yang memiliki tulisan “HOMELESS NEED MONEY FOR WEED, DRUGS AND ALCOHOL” di sampingnya lebih dikasihani. Banyak orang lewat memberi beberapa dolar dengan mengucap: “Stay high!” “Make sure you get a big bottle!” “Just live it man!”

Mungkin kita mengira tidak akan ada orang yang rela memberikan uangnya pada pemabuk. Namun ternyata banyak sekali orang yang menyumbang. Bahkan mereka melakukannya dengan sangat senang. Seperti sebuah ironi, hal buruk justru dibantu bahkan secara terang-terangan.

Coby Persin sebagai Tunawisma
Coby Persin sebagai Tunawisma

Hal berbeda dialami saat Coby Persin mengganti tulisan di sampingnya dengan ini: “HOMELESS SINGLE FATHER NEED MONEY FOR FAMILY”. Hampir satu jam tidak ada orang yang lewat untuk memberinya uang satu dolar pun. Orang-orang yang lewat hanya melihat, membaca tulisannya dan pergi.

Hingga suatu ketika ada seorang wanita tunawisma yang datang dan memberinya uang. Uang itu adalah yang ia dapat seharian. Namun rela diberikan kepada Coby yang menyamar karena ia sangat kasihan. Sebelum pergi pun wanita yang membawa satu anjing ini sempat mendoakan Coby hingga membuat video percobaan ini usai.

Kesimpulan dari video ini adalah orang-orang (New York khususnya) kurang begitu memberikan respons dari apa yang terjadi sekitar. Hanya orang-orang menderita yang merasakan penderitaan orang lain. Seperti yang ditunjukkan pada video di bawah ini.

Kadang-kadang seseorang yang memberimu sedikit adalah seseorang yang memberimu lebih: sebuah kebahagiaan yang tak bisa dinilai oleh apa pun.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA