in

7 Video Letusan Gunung Paling Berbahaya dan Mengerikan di Dunia!

Gunung selalu menyimpan banyak misteri dan kengerian. Mereka dapat meledak dalam sekali waktu tanpa bisa diprediksi terlebih dahulu. Energi dan material yang dikeluarkan mampu membuat orang yang ada di sekitarnya luluh lantak. Itulah mengapa, gunung selalu dianggap sebagai tempat yang mengerikan, entah dari segi kontur wilayah, atau potensi letusannya yang maha dahsyat.

Di dunia ini ada ribuan gunung api yang masih aktif. Beberapa di antaranya terdapat di Indonesia dan kerap menyebabkan kematian. Berikut 7 video letusan gunung paling berbahaya dan mengerikan yang ada di seluruh penjuru dunia. Monggo!

1. Gunung Yasur, Vanuatu

Gunung Yasur adalah gunung api aktif yang terletak di negara Vanutu. Sejak 400 tahun lalu gunung ini selalu aktif dan kerap mengalami erupsi yang sangat besar. Itulah mengapa gunung Yasur masuk ke dalam daftar ini meski hanya memiliki ketinggian 361 meter.

Pemerintah Vanutu menggunakan gunung ini sebagai objek wisata alam. Mereka membiarkan wisatawan mendekat dan melihat ke kawah yang selalu meledak sepanjang tahun, sepanjang hari, dan bahkan setiap beberapa menit sekali. Pemerintah Vanutu akan menutup gunung dari pendakian jika kondisi aktivitas Gunung Yasur meningkat. Beranikah anda melihat ledakan gunung tepat di muka anda?

2.  Gunung Strombolini – Italia

Gunung Strombolini terakhir kali meletus pada tahun 2013-2014 silam. Gunung ini melepaskan asap hitam tebal ke atas dengan lava meluber ke mana-mana. Gunung Strombolini terletak di tengah laut, di dekat pulau Sisilia, Italia. Saat meletus gunung ini akan mengirimkan banyak sekali material ke Semenajung Balkan.

Gunung ini dikenal sangat berbahaya karena letusannya berjenis strombolian. Dalam tempo yang singkat, gunung ini akan meletus beberapa kali. Lava yang dihasilkan juga sangat cair hingga gampang meluber ke mana-mana. Saat sedang ayem tentrem, gunung ini bisa didaki dan ditengok kedalaman magmanya.

3. Gunung Etna – Italia

Gunung Etna terletak di Pulau Sisilia, Italia. Gunung ini terus mengalami erupsi sejak tahun 2013 hingga sekarang. Ledakan dan lelehan lava yang berwarna merah panas selalu keluar dan meluber ke mana-mana. Gunung ini termasuk sangat berbahaya karena kerap memakan banyak korban jiwa. Meski demikian, UNESCO justru menganugerahi gunung ini sebagai salah satu warisan budaya dunia.

https://www.youtube.com/watch?v=s9vEfEPvynQ

Meski terus mengalami erupsi yang tidak ada habisnya. Gunung ini justru menarik banyak sekali wisatawan. Banyak orang ingin melihat bagaimana menariknya gunung ini saat meledak. Selain menakutkan, pengunjung akan merasa tertantang untuk mendekat meski. Jika anda sedang berada di Pulau Sisilia, kira-kira berani enggak mendekat?

4. Mauna Loa – Hawaii

Mauna Loa adalah salah satu gunung paling besar di dunia. Ledakannya sangat mengerikan hingga bisa membuat banyak korban jatuh dengan cepat. Salah satu hal yang membuat gunung ini sangat berbahaya adalah lavanya yang keluar sangat banyak, bahkan bisa meluber ke mana-mana. Gunung ini mengeluarkan banyak sekali lava seperti tak ada habisnya.

Gunung Mauna Loa telah meletus sejak 700.000 tahun yang lalu. Letusan ini terus diulang-ulang hingga terakhir kalinya terjadi di tahun 1984. Meski tak memiliki ledakan dahsyat seperti dahulu. Gunung ini tetap mengeluarkan lava yang meluber ke mana-mana. Hal ini banyak membuat wisatawan hingga fotografer selalu berdatangan untuk menyaksikan keindahan sekaligus sensasi berbahaya.

5. Gunung Bromo – Indonesia

Gunung Bromo terletak di Probolingo, Jawa Timur. Gunung ini adalah ikon pariwisata Jawa Timur yang bersinar hingga ke seluruh dunia. Setiap tahun saat musim panas datang, puluhan ribu turis memadati Gunung Bromo. Sebagian besar berasal dari Eropa khususnya negeri Belanda. Gunung yang bisa didaki hingga ke puncak ini bisa membuat siapa saja terpesona.

Yang menjadikan Gunung Bromo menjadi gunung berbahaya adalah karena fungsinya. Sebagai tempat wisata, di sini banyak sekali turis. Jika mendadak meledak akan memakan banyak korban. Selain itu material yang di keluarkan juga bisa membuat banyak sektor pariwisata di Bromo hancur.

6. Gunung Mayon – Filipina

Gunung Mayon adalah gunung yang terletak di Pulau Luzon, Filipina. Dengan ketinggian yang mencapai 2.463 meter, Gunung Mayon mampu memberikan efek besar di area Pulau Luzon. Ledakan terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah terjadi pada tahun 1814. Saat itu terjadi, terdapat 2.000 lebih orang meninggal dunia. Bahkan semua desa hangus hingga bersisa bangunan besar seperti gereja.

Area Gunung Mayon adalah tempat wisata. Dalam sehari ada sekitar 2.400 wisatawan dari dalam dan luar negeri. Jika gunung ini mulai bergejolak lagi, pemerintah akan segera melakukan evakuasi. Bahkan melakukan sterilisasi besar-besaran. Dampak dari Gunung Mayon sangat besar dan sulit untuk diprediksi erupsinya.

7. Gunung St. Helens – Amerika

Gunung St. Helens terletak di Amerika, tepatnya di Washington.  Gunung dengan tinggi mencapai 2.549 meter ini pernah mencetak ledakan paling dahsyat dalam sejarah di Amerika. Tepatnya di tahun 1980, sebuah ledakan besar membuat Amerika mengalami kerugian secara ekonomi yang besar. Selain itu, Gunung St. Helens juga membunuh 57 orang dalam waktu yang sangat cepat.

https://www.youtube.com/watch?v=xP2dreOI8gI

Jalanan kota rusak sejauh ratusan kilometer, 47 jembatan runtuh, dan 24 kilometer rel kereta api hancur. Dalam radius puluhan kilometer, penduduk harus mengungsi karena dikhawatirkan dampak letusan akan terus ada. Gunung St. Helens terakhir kali meletus pada tahun 2008 silam. Namun efeknya tak begitu besar karena pihak pemerintah Amerika telah melakukan antisipasi.

Well, itulah tujuh letusan gunung paling berbahaya di dunia. Letusan yang terjadi bisa membuat banyak orang sengsara dan meninggal dunia. Hal ini menunjukkan jika kekuatan alam sungguh sangat besar dan manusia tidak bisa melakukan apa-apa.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Hal-hal Keren yang Nggak Didapatkan Anak Jaman Sekarang

Tukang Troll di Internet yang Ketahuan