Pergi ke tanah suci Makkah tentunya menjadi impian siapa saja, banyak orang yang rela menabung puluhan tahun demi bisa melihat keagungan kota Makkah dan Madinah. Tetapi, setelah sampai di sana pun, banyak hal unik yang dialami, mulai tersesat dari rombongan sampai mengalami berbagai pengalaman unik.

Berada di antara ribuan jamaah ternyata membuat salah satu pembimbing haji tanah air punya cara unik agar jamaah tidak bingung menemukan sosoknya. Adalah H. Afifi Zaini Abdullah Albrend yang viral karena busana ‘nyentrik’ saat berada di tanah suci. Seperti inilah kira-kira gaya ustaz Afifi yang lain daripada yang lain.

Busana warna terang dengan berbagai bentuk

Penampilan ustaz Afifi [Sumber gambar]
Adalah Afifi Zaini Abdullah Albrend, seorang pengasuh pondok MTA Zainul Ibad Madura sekaligus pembimbing haji yang punya model busana unik. Jika dilihat secara teliti, motif yang ia pakai sebenarnya sama dengan para jamaah yang ia bimbing, hanya saja kopiah yang dipakai ada berbagai macam jenisnya. Bentuknya tak biasa, ada yang seperti kubah masjid (gembung dan besar), ada yang model tumpeng, uzbek, maroko, serta topi koki. Warna yang dipilih pun yang terang dan mencolok, seperti ungu, hijau, dan warna lain dengan motif batik. Tak hanya baju dan peci saja, setiap memakai busana, asesoris seperti jam, kacamata, bahkan sepatu akan disesuaikan dengan warna busananya.

Tujuan dari berbusana ‘nyentrik’ sebagai pembimbing haji

Dulu Vs Sekarang [Sumber gambar]
Pemilihan outfit yang unik ini bukan tanpa alasan loh Sahabat. Ustaz Afifi mengaku kalau sebagai pembimbing haji, dirinya kerap susah ditemukan oleh jamaah yang dibimbingnya karena busana putih yang mirip dengan jutaan orang. Di saat itulah ide muncul dengan mengenakan pakaian yang berbeda sendiri. Dengan begitu, dari jarak jauh pun sudah bisa dilihat tanpa harus muter-muter mencari di antara banyak jamaah haji di Makkah. Keren juga ya!

Sering dikira raja dan dikenal oleh orang-orang Arab

Nah, ternyata busana tersebut menjadikan Ustaz Afifi tak hanya dikenal di tanah air, tetapi juga oleh banyak orang Arab. Dia pernah dikira raja oleh orang Pakistan saat bertemu di Masjid Nabawi. Walaupun unik, busana ini tak pernah mendapat tentangan dari petugas bahkan Askar (polisi) yang ada di sekitar tempat ibadah haji. Mereka malah menyambut Ustaz Afifi dengan senang hati, sering juga diajak selfie sama orang-orang asing.

Penuturan dari tukang jahit pakaiannya

Penjahit, anak serta istri ustaz nyentrik [Sumber gambar]
Nah, dalam tayangan yang ada di Hitam Putih, ustaz Afifi membawa serta tukang jahit yang menjadi perancang semua busana uniknya tersebut. Perempuan bernama Ida Hazairini itu pertama kali juga bingung karena permintaan uztaz Afifi meminta dijahitkan busana yang beda dari yang lain. Walaupun awalnya susah, lama kelamaan juga terbiasa. Maka, lahirlah baju plus peci-peci unik –yang ada ventilasinya, agar tidak kepanasan di tanah suci.

Wah, pakaian yang awalnya dibuat agar mudah dikenali jamaah ini ternyata menjadi ciri khas tersendiri bagi ustaz Afifi Sahabat. Btw, ustaz Afifi ini adalah seorang hafiz sekaligus seniman yang sudah punya lagu religi sendiri, wajar deh kalau gayanya agak ‘nyentrik’.