8 Jenis Usaha Dadakan yang Laris Manis Saat Hari Valentine Tiba

oleh Diah
14:40 PM on Feb 12, 2016

Walaupun di Indonesia pada khususnya masih menjadi polemik atau pro dan kontra tentang perayaan Hari Kasih Sayang, Valentine’s Day tetap banyak yang merayakannya. Tidak hanya merayakan dengan keluarga atau kekasih.

Ada pula yang memanfaatkan momen Valentine ini untuk meraup keuntungan. Banyak hal yang sifatnya musiman bermunculan saat Hari Valentine tiba. Berikut ini adalah bisnis dadakan saat Valentine menjelang di Indonesia.

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

1. Bunga

Banyak anak-anak muda pada khususnya yang menjual bunga saat Valentine. Kemudian ditawarkan kepada khususnya pasangan di tempat-tempat wisata atau daerah yang sering digunakan untuk hangout pada umumnya.

Bunga [image source]
Bunga [image source]
Bahkan tidak hanya di tempat-tempat khusus saja, ada pula yang menjemput bola dengan menjajakannya sembari berjalan-jalan di area publik. Seperti taman atau pedestrian di sekitar kota. Selain itu, tidak sedikit pula yang akan bergerombol di sekitaran traffic light, guna menjual bunga yang sudah dikemas menarik tersebut saat kendaraan berhenti menunggu lampu hijau menyala.

2. Cokelat

Dilihat dari sejarahnya, pemberian cokelat pada waktu Valentine pertama kali digagas oleh Richard Cadbury pada tahun 1868. Setelah itu, banyak orang di seluruh dunia yang turut menjadikan cokelat sebagai hadiah khusus kepada kekasih saat Hari Kasih Sayang tiba.

Cokelat [image source]
Cokelat [image source]
Dikarenakan hal ini, bisnis cokelat juga bermunculan saat Valentine tiba. Tidak sedikit orang yang membuat cokelat yang telah dikemas secara menarik sendiri dan ada pula yang membeli dari toko kemudian mengemas ulang dan menjualnya dengan harga berbeda.

3. Kue atau cupcake

Seperti halnya cokelat, kue atau cupcake bertemakan Valentine juga menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan saat Hari Kasih Sayang itu tiba. Banyak pelaku usaha pembuatan kue yang kebanjiran order untuk membuat kue atau cupcake mungil bertemakan Valentine.

Kue atau cupcake [image source]
Kue atau cupcake [image source]
Walaupun tidak dijajakan secara manual atau door-to-door, namun bisnis kue atau cupcake Valentine ini cukup marak dilakukan dan penjualannya dilakukan dengan cara menitipkan di toko atau swalayan yang ikut merayakan hari spesial tesebut.

4. Parcel

Tidak hanya saat lebaran atau hari besar keagamaan atau juga saat Tahun Baru saja, bisnis parcel saat Valentine juga tumbuh pesat. Tidak sedikit dari pelaku usaha yang membidangi pembuatan parcel kebanjiran order.

Parcel [image source]
Parcel [image source]
Walaupun rata-rata di dalam bingkisan parcel tersebut didominasi oleh produk makanan ringan, namun ada pula yang mengisinya dengan produk-produk non-makanan, seperti kaos atau mug cantik. Tentu saja karena memiliki beragam produk di dalamnya dan proses pembuatannya yang rumit, maka harganya juga tergolong mahal.

5. Cincin dan Kalung

Jika di hari-hari biasa, orderan cincin atau kalung di para pelaku bisnis pembuatan benda-benda tersebut dapat dibilang biasa. Maka saat menjelang Valentine, pesanan pembuatan cincin atau kalung yang bertemakan Hari Kasih Sayang atau juga yang bersifat pribadi sangat besar.

Cincin dan Kalung [image source]
Cincin dan Kalung [image source]
Rata-rata bentuk kalung atau cincin yang dipesan adalah yang couple yang berfungsi agar pasangan memiliki benda sama yang dikenakan atau kompak. Rata-rata pemesan dari produk cincin dan kalung ini didominasi remaja dan kaum muda yang berusia sekitar 18-24 tahunan.

6. Kaos couple

Seperti halnya cincin dan kalung, bisnis kaos couple juga termasuk ide usaha yang cukup menggiurkan saat menjelang Hari Kasih Sayang tiba. Banyak pesanan akan berdatangan ke pelaku usaha pembuatan atau sablonan kaos.

Kaos couple [image source]
Kaos couple [image source]
Mayoritas desain yang dipesan adalah simpel, berupa nama, anekdot atau juga gambar-gambar lucu yang menandakan keserasian pasangan dalam berpakaian. Walaupun tidak hanya saat Valentine saja, kaos tersebut bersifat long last time karena dapat dikenakan sewaktu-waktu.

7. Boneka

Tidak sedikit dari wanita yang gemar mengoleksi boneka dalam bentuk lucu. Saat Hari Kasih Sayang tiba, produk berupa boneka juga sangat laris dan diminati karena nantinya akan menjadi satu hadiah khusus yang akan diberikan ke pasangan.

Boneka [image source]
Boneka [image source]
Oleh karena itu, menjelang atau pas hari H saat Valentine’s Day, omzet bisnis penjualan boneka juga melesat cukup tinggi. Banyak pelaku usaha yang membuat sendiri dengan memesan di pembuat boneka atau juga ada yang membelinya dari grosir kemudian dikemas apik dan dijual dengan harga khusus.

8. Musik

Bagi para musisi, khususnya yang gemar bermain di cafe-to-cafe, saat Valentine merupakan salah satu hari yang dinanti-nantikan. Karena akan banyak tawaran manggung untuk mengisi acara di cafe, restoran atau tempat hangout.

Musik [image source]
Musik [image source]
Walaupun bersifat temporer karena hanya disewa pada saat itu saja, tidak menutup kemungkinan akan ada kesepakatan lanjutan jika grup band, penyanyi atau musisi yang mengisi acara di hari tersebut bermain dengan sangat bagus. Hal ini merupakan ‘investasi’ jangka panjang yang juga menggiurkan.

Mendekati Hari Kasih Sayang yang jatuh pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya nanti, apakah ada kado atau bingkisan spesial yang akan Anda berikan kepada pasangan? Ataukah Anda termasuk salah satu pelaku usaha yang turut mengeruk keuntungan saat Valentine tiba?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA