Indonesia dan 4 Negara dengan Upah Buruh Terendah di Dunia

oleh Halimah Halimah
09:25 AM on May 1, 2015

Kenaikan upah adalah sesuatu yang selalu dituntut para buruh dari tahun ke tahun. Tentu saja, karena mereka menginginkan kehidupan yang layak setelah bekerja begitu keras untuk perusahaan. Hal ini dianggap wajar dan memang terjadi dimana-mana.

Namun, kenaikan upah tidak terjadi semudah itu. Banyak proses negosiasi alot. Selain itu, masyarakat juga sering menilai bahwa buruh Indoesia terlalu “banyak minta”. Benarkah begitu? Ternyata tidak. Indonesia masih menjadi salah satu negara dengan upah buruh paling rendah di dunia. Berikut Boombastis sajikan ulasan tentang negara yang memberikan upah rendah pada buruhnya.

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

1. Sierra Leone

Sierra Leone adalah negara kecil yang masih terus berusaha memperbaiki keadaan ekonomi negaranya. Negara ini menjadi negara dengan upah buruh termurah di dunia. Upah perjam di negaranya ini hanya 0,03 dollar per jam atau sekitar Rp.500- per jam. Perbulan, penghasilan rata-rata buruh di sana hanya sekitar Rp.70.000.

Buruh di Sierra Leone via Madisson Blu

Namun hal ini cukup sebanding dengan biaya hidup yang terjangkau. Harga air minum kemasan 10 liter berharga kurang dari Rp.10.000 dan sepotong roti harganya kurang dari Rp.300. Jadi, kecilnya pendapatan para buruh tidak terlalu menyusahkan mereka.

2. Afghanistan

Di negara yang masih ramai dengan konflik antar kelompok ini, upah buruh sangatlah rendah. Afganistan menempati peringkat ke tiga sebagai negara dengan upah minimum terendah di dunia. Upah perjam yang mereka dapat sekitar Rp.6.270.

Buruh Afghanistan via Areyana Group

Namun, biaya hidup di sini relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Meski begitu, jumlah Upah Minimun itu dirasa masih belum memadai. Untuk sekarton susu cair dipatok harga sekitar Rp.7.000 dan makan di restoran murah bisa mencapai sekitar Rp.50.000

3. India

India adalah salah satu negara dengan penduduk paling banyak. Oleh karena itu banyak perusahaan besar tertarik untuk membuka pabrik di India. Selain itu, upah buruh di India juga relatif murah.

Buruh India via Wikipedia

Penghasilan per jam buruh di India adalah sekitar Rp.3.000. Sementara harga sewa apartemen bisa mencapai Rp.2.000.000 per bulan. Kebutuhan pokok seperti telur berharga sekitar Rp. 12.000/lusin.

4. Indonesia

Meski Indonesia dikenal sebagai negara yang cukup maju dibanding negara Asia Tenggara lainnya, namun dalam urusah upah buruh Indonesia masih terbelakang. Kita tertinggal jauh di bawah negara kecil seperti Filipina dan Vietnam.

Pekerja di Indonesia via Equal Justice Center

Buruh di Indonensia mendapat sekitar Rp.8.000 per jam sangat jauh dibanding buruh Vietnam yang mendapat sekitar Rp.35.000 per jam. Dan biaya hidup di Indonesia juga relatif mahal.

5. Kamboja

Dalam riset World Socialits, Kamboja menjadi salah satu negara dengan tingkat upah buruh paling rendah. Buruh di negara ini dihargai US$ 2,03 atau setara Rp 18.270 per hari. Dalam sebulan jika dihitung 30 maka buruh di Kamboja dapat upah Rp 548.000

Pekerja di Kamboja via Ethical Corp

Kamboja memang negara yang masih berjuang untuk menstabilkan keadaan negaranya. Selain banyaknya konflik sosial, negara ini memang masih tertinggal pembangunan ekonominya

Melihat perbandingan di atas, masihkah kita bisa mengatakan bahwa buruh Indonesia terlalu banyak menuntut? Apakah pendapatan buruh kita sudah sebanding dengan kerja keras mereka? Apakah kontrak kerja dan upah para buruh sudah adil?

Bagaimanapun, buruh adalah penggerak roda ekonomi kita. Investasi yang ditanamkan ke Indonesia tidak akan tumbuh subur jika kesejahteraan buruh tidak terpenuhi. Selamat Hari Buruh Sedunia. (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA