Sebagai seorang muslim, siapa sih yang tidak tertarik buat pergi ke tanah suci? Ya, itu memang impian seluruh umat islam di dunia. Apalagi membayangkan sholat di masjid Nabawi dan mencium hajar aswad, sudah merinding terharu dibuatnya. Namun sayang untuk melakukan hal itu dibutuhkan biaya yang luar biasa.

Soal biaya, sebenarnya tidak perlu terlalu dipikirkan. Asal jeli menyiasati, pasti bisa umroh dengan biaya yang minim. Salah satunya adalah dengan umroh mandiri. Ya berangkat ke tanah suci melalui jalur pribadi ini terbukti bisa memangkas banyak biaya. Penasaran dengan umroh ala seorang backpacker ini? Simak ulasan beikut.

Umroh tanpa travel agent

Umroh [image source]
Siapa bilang umroh harus selalu menggunakan jasa travel? Kita juga bisa umroh sendiri alias backpacker. Bahkan biayanya terbilang sangat murah ketimbang menggunakan jasa travel. Soalnya kita tidak harus membayar biaya jasa travel serta tour guidenya. Namun diperlukan persiapan serta perhitungan yang ekstra jika ingin menggunakan cara ini. Kamu harus melakukan semuanya secara mandiri, baik booking pesawat, hotel dan keperluan lainnya. Satu-satunya yang membutuhkan jasa travel adalah masalah pengurusan visa.

Titipkan pengurusan visa pada travel agent

Visa [image source]
Tidak harus kenal orang di kedutaan untuk pengurusan visa ini, titipkan saja pengurusannya di jasa travel. Masalahnya, pengurusan visa umroh tidak boleh dilakukan oleh perseorangan. Pastinya bakal ada biaya lebih masalah pengurusan visa ini, namun itu tidak seberapa ketimbang biaya umroh di travel agent. Kalau masalah paspor, bisa diurus sendiri baik dengan online maupun dengan datang langsung ke kantor imigrasi. Tidak sampai satu juta persyaratan paspor dan visa sudah ada di tangan.

Cari penerbangan promo

Promo [image source]
Ya, selalu ada promo-promo spesial saat bulan-bulan khusus. Nah saat itulah jangan lupa booking tiketnya agar dapat memotong biaya. Biasanya di bulan-bulan ibadah seperti ramadhan danĀ  bulan-bulan haji. Meskipun memburu promo, jangan lupa memperhitungkan kedatangan dan pulang, pasalnya karena saking berburu promo sudah sampai di sana eh terdampar karena menunggu potongan harga lagi buat tiket pesawat pulang. Dapat satu kali promo sih sebenarnya sudah cukup, tapi untung-untung kalau dapat dua.

Tidak perlu menyewa guide

Ilustrasi guide umroh [Image Source]
Satu lagi hal yang penting, biaya guide bisa menguras dompet. Akan lebih baik mengajak kerabat atau kenalan yang sudah pernah ke sana. Syukur-syukur orang tersebut juga bisa bahasa arab. Tapi meskipun tidak bisa bahasa arab itu bukan masalah, pasalnya di sana juga bakal bertemu dengan orang Indonesia. Jadi bila tersesat atau mengalami kendala bahasa cari saja orang Indonesia yang ada di sekitar. Tapi ingat jangan pernah melakukan umroh seperti ini sendirian karena itu sangat berbahaya. Di anjurkan membawa rombongan dengan jumlah minimal 4 orang. Jadi kalau ada apa-apa, bisa menghubungi yang lainnya.

Sewa hotel biasa saja, agak jauh dari tempat ibadah

Hotel [image source]
Karena kendala utama adalah masalah buget, maka tidak usah muluk-muluk memaksakan diri dengan menginap di hotel mewah. Hotel bintang tiga saja sudah cukup. Selain itu semakin jauh dari tempat populer, maka akan semakin murah bayarnya. Tapi ya resikonya memang bakal memakan waktu dan tenaga untuk sampai ke tempat tujuan. Oleh karena itu perhitungkan kondisi badan dan letak hotelnya. Jangan karena pingin murah cari hotel yang sangat jauh dari tempat ibadah. Alih-alih ibadah khusuk, malah sakit jadinya.

Hal-hal di atas adalah jurus ampuh jika memang ingin pergi ke tanah suci dengan biaya sangat murah. Bila dilakukan dan diperhitungkan dengan bak, dijamin nggak sampai Rp 15 juta sudah umroh. Belum lagi tidak terikat waktu, jadi bisa beribadah lebih khusuk di sana. Tertarik dengan umroh sendiri? Silakan dicoba.