Bosan Ujian di Kelas? Bisa Coba Trik Unik Sekolah Asal China Ini!

oleh Rizal
03:58 AM on Jul 8, 2015

Bagi para pelajar atau mahasiswa, ruang kelas bagaikan rumah kedua. Alasannya, karena sebagian besar waktu pasti dihabiskan di tempat ini. Tapi, berbeda dari rumah yang beneran, kelas kadang adalah tempat paling membosankan. Gimana nggak, harus duduk di ruang kotak selama berjam-jam. Akibat dari rasa bosan sendiri pun bisa berdampak nggak bagus tuh, misalnya mengganggu proses belajar mengajar dan juga yang nggak kalah penting adalah ketika ujian.

Harus ada inovasi yang keren untuk menanggulangi hal ini. Bukan, bukan mengatur tempat duduknya agar kamu bisa duduk sama si dia yang cakep itu, tapi dengan mengubah suasananya. Kelas mah cuma gitu-gitu aja, dihias keren kayak apa tetap ia adalah ruang kotak yang membosankan. Nah, kalau bingung caranya biar nggak suntuk ujian di kelas, trik sekolah asal China ini layak buat dicobain.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Para siswanya ini disuruh meninggalkan kelas-kelas untuk kemudian pergi ke hutan dan ujian di sana. Terdengar nggak umum sih, tapi kalau ditelisik lebih dalam cara ini keren lho. Nggak hanya mendatangkan manfaat bagi siswa sendiri tapi juga para guru.

1. Bikin Siswa Nggak Stres

Asiknya ujian di hutan adalah kamu bisa mendapatkan suasana yang benar-benar beda. Mendengar suara burung dan daun bergesekan pasti bisa bikin kamu lebih berkonsentrasi. Belum lagi hembusan angin sepoi serta udaranya yang segar juga bikin semangat dan nyaman.

Potret ujian di hutan ala sekolah di China [Image Source]
Potret ujian di hutan ala sekolah di China [Image Source]
Nah, sekolah di Hennan, China, ini menata memanfaatkan ruang terbuka luas yang ada di samping sekolah. Sama seperti di kelas, para guru menata meja kursi dengan rapi. Para murid pun nampak sangat enjoy dan tenang dalam mengerjakan ujian. Agak berbeda jika dibandingkan di kelas dimana mereka nampak lebih depresi dan susah konsen.

2. Mengerjakan Soal Lebih Mudah

Emang cukup sih dengan belajar untuk bisa mengerjakan ujian. Tapi, tempat juga memberikan pengaruh lho. Memilih tempat terbuka seperti ini emang keren, selain membuat siswa nggak jenuh, kemampuan mereka cenderung meningkat.

Suasana baru bikin siswa lebih gampang ngerjain soal [Image Source]
Suasana baru bikin siswa lebih gampang ngerjain soal [Image Source]
Salah seorang guru di Sekolah Hennan ini mengatakan kalau nuansa alam akan membuat para murid lebih bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan mengurangi tekanan. Sehingga nantinya bakal berpengaruh kepada hasilnya yang lebih baik. Masuk akal nih!

3. Mengurangi Tindak Kecurangan

Seawas apa pun para guru ternyata mereka masih sering lalai tuh terhadap beberapa kasus kecurangan yang dilakukan para murid ketika ujian. Namun ketika ujian dilakukan di alam terbuka seperti ini hampir nggak ditemukan aksi curang para peserta. Mereka lebih cenderung asik menikmati soal mereka sendiri.

Bagi guru, jauh lebih mudah untuk diawasi [Image Source]
Bagi guru, jauh lebih mudah untuk diawasi [Image Source]
Mengadakan ujian di alam terbuka seperti ini juga mempermudah para pengawas. Jadi, nggak hanya nilai bagus yang bakal didapatkan siswa, tapi juga attitude yang lebih baik. Dobel manfaat sekaligus lewat satu cara aja, keren kan?

4. Bisa Diterapkan di Indonesia Nggak?

Udah jelas banget manfaatnya bagi para siswa, nggak ada salahnya buat dicobain nih. Well, untuk Indonesia sih mungkin butuh perhatian lebih. Masalahnya, nggak semua sekolah punya tanah luas yang rindang yang bisa digunakan. Mungkin ada sih tapi biasanya hanya di sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil.

Bisa nih ditiru banyak sekolah di Indonesia [Image Source]
Bisa nih ditiru banyak sekolah di Indonesia [Image Source]
Mungkin bisa disiasati dengan cara lain nih untuk sekolah yang ada di kota-kota besar. Misalnya ujian di tempat wisata, kebun binatang atau taman kota. Pasti asik banget tuh. Mungkin juga bisa dengan sistem ditukar, yang ada di daerah terpencil pindah ke kota, dan sebaliknya. Pasti seru dan bakal penuh antusiasme para siswa.

Mungkin untuk beberapa hal kita harus meniru China deh. Salah satunya adalah melakukan hal-hal seperti ini. Manfaatnya pasti bakal besar banget nggak hanya bagi para siswa aja tapi juga guru. Ini juga bisa jadi cara nggak unik agar pemerintah lebih banyak lagi membangun ruang terbuka hijau di kota-kota besar yang minim lahan. Makin banyak manfaatnya deh.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA