Menyelami UFO Peninggalan Komunis di Bulgaria yang Mencekam dan Bikin Merinding

oleh Faradina
08:00 AM on Feb 1, 2017

Apa yang kamu ada di pikiranmu ketika kamu mendengar kata UFO? Benda yang melayang-layang di luar angkasa yang dikendarai oleh alien? Piring terbang? Atau lainnya. Mungkin mayoritas dari kamu akan terbayang tentang piring terbang ketika mendengar UFO ya dan sepertinya kita tidak pernah melihat secara langsung obyek ini kecuali dalam film. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata di Bulgaria ada sebuah UFO yang ditinggalkan bukan oleh alien, melainkan oleh partai komunis?

UFO tersebut ditemukan di daerah Pegunungan Balkan, Bulgaria. Seperti yang dilansir oleh cnn.com (31/1), Bulgaria’s UFO yang juga dikenal dengan nama Buzludzha Monument ini terletak di puncak bukit yang akan sangat terlihat oleh siapa saja yang melewati daerah tersebut. Monumen tersebut disebut UFO oleh pengunjung yang datang karena memang bentuknya sendiri menyerupai sebuah UFO atau yang kita kenal dengan piring terbang yang ada pada film-film science fiction.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

bulgaria’s ufo [image source]
Monumen tersebut memiliki sebuah menara setinggi 70 meter dengan bintang merah simbol komunis di bagian atasnya. Monumen yang juga dikenal dengan nama House-Monument of the Bulgarian Communist Party ini sudah menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia sejak pertengahan 1990-an. Ada ratusan peninggalan komunis yang tersebar di seluruh Balkan, namun hanya sedikit yang terasa misterius dan menarik, salah satunya adalah monumen Buzludzha.

simbol komunis [image source]
Monumen ini bukan dibangun secara tidak sengaja di daerah tersebut. Monumen ini didirikan tepat di tengah Shipka Pass yang merupakan tempat terjadinya perang-perang ternama antara pemberontak Bulgaria dan Pemerintahan Ottoman pada 1868. Kemudian pada 2 Agustus 1891, beberapa pria memutuskan bertemu di puncak bukit tersebut untuk mendirikan Bulgarian Social Democratic Workers’ Party yang kemudian dikenal dengan nama Bulgarian Communist Party atau Partai Komunis Bulgaria.

grafiti ufo [image source]
Kemudian pada tahun 1981, setelah 8 tahun masa pembangunannya, Buzludzha Monument bukan lagi menjadi tempat tertutup. Siapa saja bisa memasuki monumen ini dan menggunakannya untuk acara-acara resmi. Kejayaan monumen ini harus berakhir saat Uni Soviet tumbang. Tepat pada tahun 1989 monumen ini terpaksa harus ditutup. Saat ini para pengunjung seakan menghidupkan kembali monumen tersebut.

grafiti ufo [image source]
Contohnya saja di bagian depan monumen terdapat grafiti bertuliskan “never forget your past” atau tidak pernah lupa akan masa lalumu, dan juga “enjoy communism” atau nikmati paham komunis”. Ketika memasuki monumen ini, pertama kali kamu akan merasakan atmosfir menakutkan dengan banyaknya sampah dan puing-puing reruntuhan bangunan di dalam. Juga ada sebuah tangga yang sudah rusak yang akan membawamu menuju auditorium besar bernama Solemn Hall yang berisi gambar-gambar politisi Bulgaria seperti Engels, Marx, dan Lenin.

mosaik ufo [image source]
Sampai saat ini belum ada yang tahu bagaimana nasib monumen ini selanjutnya. Para petugas keamanan setiap bulannya akan mengecek properti di dalam bangunan ini dan akan melarang pengunjung yang mencoba untuk merusaknya. Ada juga yang berpendapat bahwa tempat ini akan dijadikan museum. Namun, seperti apapun rencananya, bangunan ini sudah seperti simbol kematian dari rezim komunis di masa silam.

Jika peninggalan komunis di Bulgaria masih dilengkapi dengan penjagaan yang lengkap, bagaimana dengan peninggalan komunis di Indonesia? Kalau di Indonesia, sudah barang pasti apa-apa yang berbau komunis bakal disikat. Kaos dan atribut saja dimusnahkan apalagi kalau sampai ada bangunan-bangunan khususnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA