in

Viral Unggahan Uang Sobek Ketika diambil di ATM, Bagaimana Solusinya?

Pernah tidak Sahabat Boombastis menerima uang rusak ketika diambil di ATM? Kalau pernah, kalian senasib dengan orang yang memiliki akun facebook Dito Sang Virgo. Yap, dirinya mengungkapkan keluh kesahnya di akun facebook miliknya lantaran uangnya rusak ketika keluar dari mesin ATM.

Kalau rusak pada bagian ujungnya sih tak apa. Tapi, lelaki tersebut mengaku jika uang yang diterima sobek separuh sehingga sudah tak layak untuk digunakan. Sampai-sampai dirinya menyebutkan kalau tidak ingin menukarkan uangnya ke bank. Cukup dengan mengembalikan sisa sobekannya untuk disambungkan kembali dengan uang yang sudah ditarik tadi. Ckckck….

ATM yang digunakan saat mengambil uang [Sumber Gambar]
Unggahan ini pun mendadak viral dan mendapat banyak respon. Seperti akun Phii BimiAnkha yang malah mendadak curhat lantaran nasibnya serupa. “Et sama tuh, saya pernah sobek juga, sama lagi banknya, saya gak teliti, cm ujung doang si, malahan duitnya ituh doang, kaga diterima ma abang2 tkg bakso, malah bakso nya udah abis”. Lalu akun Santoso yang mengungkapkan jika ini semua bukan salah dari petugas pengisi uang di ATM. “Saya pernah ngambil uang di di ATM BCA, pas mau lebaran ngambil 200 eeh keluar 300, uangnya dempet (uang baru) saldo sih tetep wkwkwkwk rezeki anak soleh, so jangan nyalahin kang pengisi ATM nya , kesalahan teknis bisa terjadi dari banyak faktor bukan hanya dari SDM.”

Uang sobek dan juga struk ATM [Sumber Gambar]
Hmm.. memang peristiwa satu ini sangat menyebalkan. Apalagi kalau uang tersebut tinggal tetes terakhir di rekening kita. Namun, sebenarnya kita tak perlu khawatir dengan hal yang satu ini Sahabat Boombastis. Alasannya karena sebenarnya, uang rusak seperti ini masih bisa ditukarkan ke Bank Indonesia atau pihak lain yang telah ditunjuk oleh negara.

Komentar para netizen [Sumber Gambar]
Namun, ada hal yang perlu dicatat Sahabat Boombastis sekalian. Sebab, ada syarat dan ketentuan penukaran uang rusak. Seperti yang tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia nomor 14 Tahun 2012. Jika uang rupiah kertas rusak masih satu kesatuan atau tidak dengan nomor seri yang lengkap. Intinya adalah di uang kertas tersebut masih ada nomor seri yang lengkap meskipun sudah terpisah. Jadi, jika masih ada nomor seri dan dapat dibaca dengan jelas, maka uang akan mendapat penggantian. Tapi, kalau uang tersebut tidak ditunjukkan nomor serinya atau ukurannya kurang dari dua pertiga dari aslinya, maka tidak akan diberikan penggantian.

Namun sayangnya, untuk kejadian yang dialami pemilik akun facebook tersebut, uangnya kemungkinan tidak bisa diganti. Sebab, nomor serinya pas sekali terdapat pada bagian yang hilang itu Sahabat Boombastis. Namun tak ada salahnya jika menanyakan langsung kepada Bank Indonesia. Siapa tahu, bank akan memberikan penggantian karena kejadian ini murni bukan kesalahan dari orang yang bersangkutan. Jika kalian juga mengalami hal seperti ini, sebaiknya jangan sungkan untuk menanyakan langsung kepada Bank Indonesia. Tapi jangan lupa juga untuk membawa struk ATM juga sebagai barang bukti.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Dari Patah Kaki Hingga Cedera Serius, Inilah 5 Selebrasi Gol yang Berujung Nasib Tragis

Kota Wuna, Sebuah Peradaban di Pulau Muna yang Hilang Bak Ditelan Bumi