in

5 Koin Jadul yang Dipercaya Bisa Dijual dengan Harga Mahal, Ada yang Terbuat dari Emas

Cerita mengenai uang zaman dahulu yang berharga mahal, memang sering sekali didengar. Mulai dari yang dijual dengan harga ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah bisa saja ditemui. Apalagi dengan adanya media sosial, berita mengenai mahalnya uang kuno ini cepat menyebar dan jadi rebutan banyak orang untuk menjualnya.

Beberapa koin berikut, mungkin adalah sebagian uang kuno yang juga disebut pernah naik harganya. Ada yang benar-benar dihargai mahal oleh kolektor, hingga yang tak tahu penyebabnya apa nilai jualnya bisa naik. Berikut adalah daftar uang koin yang sempat diisukan bikin tajir pemiliknya.

Uang koin 850 ribu yang dianggap langka

Umumnya, pemilik dari uang koin yang satu ini sangat sedikit di Indonesia. Hal itu karena pada masanya saja peredaran dari koin yang satu ini sudah terbatas, apalagi saat ini. Dilansir dari laman Kompas, uang terbitan zaman orde baru ini terbuat dari emas dengan kandungan 23 karat.

Koin 850 ribu [sumber gambar]
Alhasil wajar kalau koin ini bisa dijadikan sebagai barang koleksi karena mengandung logam mulia. Namun uniknya, koin yang satu ini sebenarnya belum ditarik peredarannya di masyarakat, tetapi karena keberadaannya yang langka sehingga sulit ditemukan saat ini.

Uang koin kelapa sawit yang sempat dianggap mahal

Sempat ramai di media sosial, mengenai uang seribuan bergambar kelapa sawit yang dianggap punya harga fantastis. Hal ini bermula dari unggahan di toko online yang menjual uang bernominal seribu rupiah itu hingga ratusan juta. Alhasil banyak orang yang otomatis menawarkan koin yang dimilikinya itu.

Diisukan mahal [sumber gambar]

Entah memang serius atau bercanda, namun yang jelas uang koin yang dihargai ratusan juta itu sudah bikin geger. Namun tak selang lama, penjual koin seribuan di toko online yang mematok harga fantastis itu jadi makin menurun. Bahkan, malah bermunculan orang yang menjual koin bergambar kelapa sawit hanya dengan harga tak sampai Rp30 ribu di platform serupa.

Isu uang 500 rupiah yang sempat dibanderol ratusan juta

Mirip dengan kasus yang terjadi pada koin bergambar kelapa sawit, uang 500 rupiah gambar bunga melati tahun 1991 juga sempat booming. Fenomena ini dimulai ketika banyak penjual di toko online yang menawarkan harganya dengan tak biasa.

Uang gopek [sumber gambar]
Bayangkan saja, mulai pada angka ratusan juta hingga miliaran rupiah pun sempat disematkan pada uang tersebut. Dilansir dari laman Kompas, para kolektor uang kuno menampik berita tersebut. Pasalnya uang 500 yang dijual itu harganya maksimal mungkin Rp10 ribu, masalah nilai jualnya yang tinggi hanya mengada-ada saja.

Koin zaman Belanda yang dihargai ratusan ribu

Makin kuno sebuah barang, kadang tambah mahal pula harga yang dimilikinya. Begitu pula dengan uang koin zaman Belanda, yang rupanya di toko online juga punya nilai yang mahal. Dilansir dari laman Detik, uang koin 1/2 sen tahun 1915 itu, ternyata dijual dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga Rp255 ribu.

Koin Belanda [sumber gambar]
Namun, tentu uang yang ditawarkan dalam keadaan masih bagus dan layak jual. Hal ini karena selain langka, uang koin zaman Belanda ini juga punya nilai sejarah yang cukup panjang, karena digunakan lumayan lama sebelum merdeka.

Uang koin 300 ribu yang juga diburu

Sama halnya dengan uang 850 ribu, koin tiga ratus ribu diedarkan terbatas pada masa orde baru. Koin yang satu ini, ternyata juga terbuat dari emas 23 karat sehingga harganya juga mahal. Pada zaman itu saja sudah dihargai dengan 300 ribu, apalagi zaman sekarang tentunya nilainya bakal melonjak tinggi.

Koin tiga ratus ribu [sumber gambar]
Apalagi, koin yang satu ini dianggap langka bagi para kolektor. Koin yang satu ini punya ciri khas dengan gambar presiden Soeharto, lengkap dengan untaian 50 butir padi yang berkilauan karena terbuat dari bahan emas.

BACA JUGA: Dihargai sampai 100 Juta, Uang Koin dan Kertas Kuno, Langka, dan Unik Ini Banyak Diincar

Beberapa uang yang sudah disebutkan, memang dihargai mahal karena memang diedarkan dalam jumlah terbatas dan terbuat dari bahan mahal. Namun, ada pula yang mahal entah karena sebab apa, mulai dari iseng penjual atau memang sedang dicari oleh kolektor.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Mengenal Nasi Komando, Makanan Legend Para Calon Tentara Buat Melatih Fisik dan Mental

Dikabarkan Hilang di Cadas Pangeran sampai Dicari 3 Hari, Pria Ini Ternyata Cuma Nge-Prank