Rakyat Twitter sedang dihebohkan dengan twitwor dua sejoli –yang sudah menjadi mantan saling tagih utang di timeline mereka. Perang ini ternyata berlanjut karena banyak yang mampir nimbrung dan kepo ingin tahu mengenai akar permasalahan ini yang sebenarnya.

Drama ini terus berlanjut karena dua-duanya enggak mau kalah. Mereka kekeh mempertahankan harga diri masing-masing. Nah, buat yang sudah mampir di lapak twitter mereka tapi masih belum mengerti juga, berikut kronologinya yang Boombastis.com rangkum.

Masalah ini bermula dari chat akun @omJe_ yang berbalas pesan dengan temannya. Nah, disela-sela capture chat yang diunggah di twitter tersebut tiba-tiba si mantan @nialisadi30 muncul dan membahas masalah utang. Keduanya kemudian lanjut mengungkit aib masing-masing di timeline twitter. Ya, pertengkaran ini membuat para tweeps mania menjadi-jadi. Bak kompor disiram minyak, mereka juga memberi berbagai macam saran dan hujatan.

Hutang dari tahun 2017 [Sumber gambar]
Permasalahan utang ini ternyata memang sudah lama, sejak tahun 2017 lalu si cewek sudah rajin menanyakan (nagih) utang di sela-sela percakapan mereka. Yang bikin kesal adalah mantan yang selalu mengelak dan mencari berbagai alasan untuk kabur dari tanggung jawab. Masalah kembali mencuat saat keduanya perang tiga hari yang lalu. Si cewek masih bersikukuh menagih, sekaligus memberi rincian jumlah utang beserta tetek bengek uang pinjaman yang diperlukan untuk apa saja. Tak mau kalah, pemilik akun @omJe_ itu juga membalas dengan pernyataan bahwa sebenarnya ia sudah mentransfer tapi sayang buktinya sudah hilang entah ke mana.

Jawaban dari sang mantan [Sumber gambar]
Masih terus berlanjut, karena tak terima dihujat oleh netizen, dikatakan miskin dan tak punya harga diri. Si cowok pindah pembahasan bahwa mantan pacarnya tersebut memang hobi mencari masalah dan punya dendam kesumat yang belum selesai hingga terus mampir di lapak-lapak timeline twitternya dalam berbagai kesempatan dan terus mencari aibnya. Ia juga bilang kalau selama mereka pacaran si cewek selalu mau diapa-apain aja.

Ternyata, berdasarkan pengakuan akun @nialisadi30, kebiasaan ngutang @omJe_ tak hanya pada dirinya saja, tetapi juga pada semua cewek yang pernah ia kencani. Cewek tersebut juga membahas perihal dendam. Ia tak mungkin mengungkit utang tersebut kalau memang sudah dibayar, lagian sekarang dirinya sudah bahagia dan akan segera menikah dengan tunangannya. Jadi tak ada waktu untuk meladeni duda kere macam @omJe_

Balasan dari si cewek [Sumber gambar]
Walaupun sudah tiga hari dan disinggahi netizen dari berbagai daerah, masalah yang berbuntut panjang ini masih terus berlanjut. Apalagi setelah thread ini diunggah ulang oleh akun @InfoTwitwor, jadi makin banyak nasihat-nasihat ndagel netizen, dari yang mengeluarkan kata bijak, fatwa, info mengenai azab orang yang tidak mau bayar utang, sampai yang mau menjadikan si mas @omJe_ sebagai tumbal. Wah, ternyata rumitnya masalah utang ini jauh lebih heboh dari nilai rupiah yang kian melemah ya gaes *ehhh

Tapi, masalah utang memang jangan sekali-kali dijadikan bahan candaan. Seberapa pun jumlahnya tetap harus dipertanggungjawabkan. Kalau dalam agama Islam, dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Huraira RA disebutkan bahwa jiwa orang yang berutang itu tergadaikan, sebagai ganti tebusannya adalah membayar kepada siapa dia berutang. Banyak orang bilang kalau mereka yang tidak membayar di dunia, maka akan ditagih di akhirat itu memang benar adanya ya Sahabat semua.

Hujatan para netizen [Sumber gambar]
Dalam masalah dua orang mantan ini, utang dan biaya ngedate pas pacaran itu beda. Bukan masalah hitung-hitungan atau tidaknya, karena mas @omJe_ yang bilang meminjam, itu artinya harus dibayar bukan?

Hadis mengenai hutang [Sumber gambar]
Ya, kita hanya bisa menyimak kapan serial drama ini akan berakhir. Eits, plus dijadikan pelajaran juga kalau sudah buat utang dengan siapapun jangan sekali-kali kabur dan amnesia. Emang mau diseret lagi keluar dari surga cuma karena utang yang jumlahnya gak seberapa?