Kisah Tunanetra Penjual Kerupuk Kulit Ini Mengetuk Keikhlasan dan Kejujuran Manusia

oleh Savira soviana
11:00 AM on Sep 2, 2015

Penjual pastinya mencari cara agar dagangan yang ia jual menghasilkan untung. Berbagai cara ia lakukan agar mendapat laba yang lumayan di luar modal yang ia gunakan. Namun sayangnya, banyak sekali yang berbuat curang untuk mendapatkan uang yang banyak tanpa memperhatikan kepuasan pelanggan.

Keinginan mendapat laba yang tinggi dari penjualannya merupakan sifat manusia yang selalu tidak puas. Sifat manusia yang selalu diliputi rasa tidak puas inilah yang selalu menghantui tiap manusia yang kurang rasa ikhlas. Memunculkan rasa ikhlas dalam diri memang sulit dikala menerima rezeki yang tak sesuai dengan harapan. Namun, jika kita bisa menghindari sifat mengeluh dan tidak puas, maka akan muncul keikhlasan yang menuntun kita pada ketenangan hati.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Dengan kondisi yang kurang secara fisik dalam penglihatan tak lantas membuat salah seorang ini sering mengeluh ataupun protes. Ia adalah penyandang tunanetra penjual kerupuk kulit keliling. Ia berjalan sepanjang jalan kota bandar lampung untuk menjajakan kerupuknya. Dua toples besar ia pakai untuk tempat kerupuk yang selalu ia panggul. Ia berjalan dengan bantuan tongkat saat ia berkeliling menjual kerupuk kulit yang ia jual.

Pedagang kerupuk tunanetra
Pedagang kerupuk tunanetra [ImageSource]
Satu-satunya hal yang bisa ia lakukan adalah berteriak untuk menawarkan dagangannya di jalan.Tiga ribu rupiah adalah harga yang ia patok untuk tiap bungkus kerupuk kulit yang ia jajakan. Ketika terdapat pembeli ia langsung melayaninya dengan sigap. Namun, saat transaksi jual beli berlangsung, ia malah bertanya pada sang pembeli uang berapa yang ia berikan padanya. Lalu, ia meraba tas pinggangnya yang berisi uang yang hampir saja berjatuhan untuk ditunjukkan kepada pembelinya. Untuk apa? Agar pembelinya tersebut bisa mengambil sendiri uang kembaliannya. Dengan polos dan ikhlas, bapak ini mengatakan ‘silakan ambil, uang yang mana kembalian Anda?’ Hal tersebut sontak membuat si pembeli tersebut bengong dan penuh tanya.

Ia kemudian menanyakan bagaimana jika si pembeli mengambil kembalian yang jumlahnya lebih besar dari yang si bapak terima. Jawaban bapak ini membuat kagum sang pembeli. Apa jawabannya? Ia mengatakan bahwa rezeki sudah ada yang mengatur, ia ikhlas jika memang saat itu ia harus rugi. Ia percaya bahwa rezeki seseorang tidak akan pernah tertukar. Jika ia harus menerima kerugian di hari itu, ia yakin bahwa akan ada rezeki lain yang disediakan sang kuasa untuk dirinya.

Kerupuk kulit dagangan Bapak keren ini..
Kerupuk kulit dagangan Bapak keren ini.. [ImageSource]
Dengan kondisi dan pendapatan yang kecil dari berjualan kerupuk kulit tak lantas membuatnya putus asa untuk mencari nafkah bagi keluarganya. Ia yakin bahwa kegigihannya akan membuahkan hasil. Di lain sisi, dengan rasa ikhlas, sang pencipta akan memberikan rezeki yang lebih baginya.

Ketabahan dan keikhlasan seseorang akan membuat hati kita merasa tenang sehingga kita tidak akan menjadi manusia yang serakah. Namun sebaliknya, jika kita terus mengeluh dengan kondisi yang kita terima, maka kehidupan akan menjadi beban berat. Ingatlah bahwa masih banyak di antara kita yang kondisinya lebih memprihatinkan. Dengan rasa tulus dan ikhlas serta yakin akan takdir yang diberikan Tuhan-lah yang bisa membuat kita bangkit dari rasa malas dan optimis untuk bekerja keras mendapatkan tujuan hidup.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA