in

Jangan Dipegang! Nyolek 4 Tumbuhan Ini Bisa Membuat Kulitmu Melepuh Seketika

Beberapa waktu lalu, ada peristiwa tentang seorang remaja di Amerika Serikat yang kakinya tiba-tiba melepuh. Bukan karena main api, tapi lantaran tak sengaja menyentuh tanaman ubi liar. Dilansir dari suara.com, jika remaja bernama Charlotte Murphy tersebut mengalami luka bakar beberapa hari setelah bersentuhan dengan tanaman itu. Menurut Dosen Manajemen Hama Cornell University yang bernama Joellen Lampman kalau itu merupakan tanaman jenis Pastinaca Sativa yang ternyata getahnya berbahaya bagi manusia.

Cukup mengerikan memang, karena selama ini yang kita tahu, tanaman-tanaman tertentu hanya menimbulkan gatal pada kulit saja, bukan melepuh. Nah, selain tumbuhan di atas, masih ada lagi tanaman yang mempunyai efek melepuh bagi kulit manusia.

Tanaman raksasa yang racunnya semakin bereaksi ketika terkena sinar matahari

Tanaman yang bisa membuat kulit melepuh pertama adalah hogweed raksasa. Nah, tanaman ini diketahui bisa membuat mereka yang menyentuhnya menderita luka bakar adalah dari Negara Inggris. Pada pertengahan tahun 2015 lalu, tumbuhan beracun tersebut tiba saja tumbuh dan memenuhi taman kota. Akibat menyebarnya tanaman ini, dilansir dari news.labsatu.com, banyak orang yang menjadi korban dan salah satunya adalah balita bernama Annie Challinor.

Giant Hogweed [Sumber Gambar]
Usut punya usut, dokter yang memeriksa Annie Challinor tersebut berpendapat bahwa getahnya yang bisa membuat kulit balita mungil itu melepuh dalam waktu 48 jam alias dua hari. Getah dari tanaman raksasa itu mengandung bahan kimia beracun yang dikenal sebagai furanocoumarins photosensitising. Nah, racun ini akan semakin parah efeknya ketika kulit terpapar langsung dengan cahaya matahari. Lalu, jika terkena mata bisa menyebabkan kebutaan sementara dan bahkan permanen Sahabat Boombastis. Untuk ciri-cirinya adalah batangnya berwarna merah keunguan dan dihiasi duri halus. Kemudian ukuran daunnya cukup besar dengan tangkai daun yang berbintik dan berongga. Sedangkan untuk ukurannya sesuai dengan namanya kok yaitu tingginya bisa mencapai dua hingga lima meter.

Sayuran yang kita makan sehari-hari getahnya bisa berbahaya juga bagi kulit

Lobak, wortel dan seledri sudah menjadi makanan kita sehari-hari. Namun apa Sahabat Boombastis tahu kalau sebenarnya ketiga bahan makanan tersebut bisa membuat kulit kita melepuh? Ya, ternyata menurut Guy Barter selaku pakar tanaman pada Royal Society Hortikultura jika bagian getahnya dapat menimbulkan kulit kita mengalami luka bakar dan terasa sakit.

Getah lobak [Sumber Gambar]

Dilansir dari laman Daily Mail, seorang wanita yang bernama Jo Miles asal Surlingham telah mengalami luka akibat dari getah tumbuhan-tumbuhan tersebut. Bahkan, ia sampai tidak bisa bangun karena rasa sakitnya sangat luar biasa. Oleh karena itu, para dokter di Unit Dermatologi Norfolk menyarankan kepada kita, untuk supaya menggunakan sarung tangan sebelum menyentuh wortel, lobak ataupun seledri.

Tanaman Indonesia yang tetap beracun meski sudah mati

Gympie-gympie. Kalau didengar-dengar, namanya cukup imut ya Sahabat Boombastis. Tapi jangan salah, tanaman satu ini ternyata bisa berefek kejam pada siapa saja yang menyentuhnya. Setiap bagiannya mempunyai efek yang berbahaya kecuali akarnya Sahabat Boombastis. Jika kalian tidak sengaja menyentuhnya, menurut Marina Hurley selaku pengamat Entomologi dan Ekologi rasa sakitnya tak akan hilang selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun lho. Lalu jika duri-duri halusnya tak sengaja terhirup, bisa membuat mimisan juga.

Gympie -gympie [Sumber Gambar]
Kalau sudah mati pun, duri dari batang dan daunnya tetap berfungsi. Jadi, jika kalian tidak segera mengambil duri tersebut dari tubuh, maka racunnya akan terus mengalir ke dalam badan. Rasanya seperti dibakar dengan asam panas dan listrik pada saat yang sama. Sehingga menimbulkan peradangan hingga luka bakar pada kulit. Oleh karena itu, berhati-hatilah kalau menemukan tanaman dengan daun berbentuk hati yang dipenuhi duri halus sampai batangnya. Sebab, tumbuhan cantik ini bisa kalian temukan di beberapa tempat karena sudah merebak di Indonesia.

Tumbuhan ini sudah ditetapkan jadi pohon paling beracun di dunia

Selain gympie-gympie, tumbuhan yang hampir semua bagiannya beracun adalah Pohon Manchineel. Hal ini sudah terbukti karena Guinnes World Records telah menetapkannya sebagai tumbuhan paling berbahaya di dunia. Florida Institute of Food and Agricultural Sciences menuliskan jika ada yang menyentuh atau menelan bagian dari pohon ini kemungkinan bisa berakibat fatal.

Pohon Manchineel [Sumber Gambar]
Bagian yang menyebabkan kulit melepuh adalah getahnya. Meski sedikit saja tersentuh, kulit akan melepuh seperti tersiram aki. Bahkan, jika terkena mata, dapat mengakibatkan iritasi cukup parah dan bisa berujung kebutaan. Lalu, dilansir dari mongabay.co.id, tetesan air hujan yang menyentuh bagian pohon dapat membuat kulit melepuh. Ihh.. ngeri banget ya dan untungnya pohon ini masih belum tumbuh di Indonesia.

Sudah tahu kan tanaman apa saja yang bisa membuat kulit manusia menjadi melepuh? Oleh karena itu, sebelum memegang tumbuhan yang tidak pernah kita lihat, alangkah lebih baik cari infonya dahulu. Sebab ada banyak tumbuhan di dunia yang mempunyai efek membahayakan bagi tubuh. Jadi, tetap berhati-hati ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Balada Topeng Monyet, Pertunjukan Sirkus Lawas yang Menuai Kontroversi Masyarakat

Anti-Mainstream, Tiga Mahasiswa di Malang Ini Tercyduk Tanam Ganja di Kontrakan