7 Penemuan Arkeologi Mengejutkan Tentang Tumbal Manusia di Masa Lalu

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Nov 1, 2015

Pengorbanan adalah hal yang sering dilakukan manusia kepada apa yang diyakini lebih hebat. Mereka akan memberikan apa saja yang dipunyai mulai dari bahan makanan, ternak, hingga manusia. Di era modern, praktik seperti ini mungkin masih ada, namun terselubung. Pengorbanan manusia atau tumbal dianggap mampu memberikan dampak magis yang sangat besar bagi seseorang atau kelompok.

Di masa lalu, praktik seperti ini banyak sekali dilakukan. Beberapa korban ditemukan oleh arkeolog setelah ratusan tahun terkubur di dalam tanah. Berikut penemuan arkeologi tentang tumbal manusia yang mengerikan itu. Mari kita bahas satu per satu.

Baca Juga
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat

1. The Midnight Terror Cave

Midnight Terror cave adalah sebuah gua yang isinya banyak sekali tulang manusia berserakan. Seorang arkeolog yang menemukannya meyakini jika sebagian besar tulang ini adalah orang yang dikorbankan. Di masa lalu, anak-anak dianggap disukai oleh penguasa tanah agar dapat menghasilkan tambang yang berharga.

The Midnight Terror Cave [image source]
The Midnight Terror Cave [image source]
Anak-anak ini sebelumnya disiksa, dibunuh hingga dimutilasi sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam gua. Setidaknya ratusan tulang manusia yang hancur dan seperempatnya adalah anak-anak. The Midnight Terror cave dipercaya merupakan peninggalan Suku Maya yang kerap memberikan tumbal kepada dewa-dewa.

2. Mumi Frankenstein Skotlandia

Sekitar tahun 2012 silam, sekelompok arkeolog menemukan sebuah mumi yang mengerikan di Skotlandia. Ada dua buah mumi yang bersisa tulang yang terkubur di dalam reruntuhan. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata ada 6 mayat yang ditata sedemikian rupa hingga menyerupai 2 mayat saja.

Mumi Frankenstein Skotlandia [image source]
Mumi Frankenstein Skotlandia [image source]
Arkeolog meyakini jika sebelum dibuat mumi, mayat terlebih dahulu dimutilasi dan ditata menjadi dua bagian. Mereka kemungkinan besar dikorbankan sekitar ratusan tahun lalu. Arkeolog belum menemukan alasan yang mendasari pembuatan mumi yang disebut sebagai mumi Frankenstein. Dokter yang suka mengotak-atik mayat di film sains fiksi.

3. Pengorbanan Massal Suku Maya

Suku Maya adalah suku yang dikenal senang sekali mengorbankan nyawa manusia. Salah satu upacara yang sering dilakukan adalah untuk memanggil hujan. Puluhan orang alan dibelah perutnya dan diambil hatinya. Mayat akan ditenggelamkan di danau yang airnya langsung berubah warna. Orang Maya percaya jika mengorbankan manusia yang banyak maka hujan akan segera turun.

Pengorbanan Massal Suku Maya [image source]
Pengorbanan Massal Suku Maya [image source]
Pengorbanan ini dilakukan di kolam Belize Cara Blanca. Suku Maya percaya jika dewa Chaak akan segera memberinya hujan setelah mayat-mayat tenggelam dalam air. Upacara ini terus dilakukan selama berpuluh tahun hingga kolam penuh dan rakyatnya semakin menipis.

4. Kanibalisme dan Pengorbanan Suku Acolhua

Suku Acolhua adalah suku yang terdapat di Meksiko kuno. Mereka dikenal suka melakukan penangkapan terhadap orang-orang yang akan dijadikan tumbal. Korban yang tidak berasal dari suku akan disembelih dan dikeluarkan isi perutnya dalam sebuah upacara pengorbanan di tengah desa. Tetua suku akan memberikan arahan mengena tatacara penyembelihan yang benar.

Kanibalisme dan Pengorbanan Suku Acolhua [image source]
Kanibalisme dan Pengorbanan Suku Acolhua [image source]
Setelah disembelih, daging manusia akan dimasak bersama-sama dan dinikmati dalam upacara yang sakral. Kepala korban biasanya akan dijadikan pajangan di tengah desa. Semakin banyak kepala artinya semakin banyak keberkahan yang akan diterima.

5. Pemenggalan Zaman Perunggu di Inggris

Di sebuah peternakan di Inggris sekitar 2013 ditemukan sebuah fosil mengerikan terkait dengan tumbal manusia. Arkeolog yang meneliti menemukan adanya tubuh manusia yang terpenggal bersama beberapa tubuh anak. Yang paling membuat miris adalah adanya tulang kuda di sana. Tulang kuda ini ditata agar menyatu dengan tulang manusia.

Pemenggalan Zaman Perunggu di Inggris [image source]
Pemenggalan Zaman Perunggu di Inggris [image source]
Tumbal ini dilakukan untuk memberikan kesuburan pada tanah. Mereka dipenggal, dimutilasi dan ditata sedemikian rupa, agar seperti manusia kuda. Arkeolog yang menemukan fosil ini mengatakan jika orang yang melakukan pengorbanan ini sungguh mengerikan!

6. Tumbal Wanita Massal di China Kuno

China juga memiliki sejarah brutal tentang pengorbanan manusia terhadap dewa atau sesuatu yang dianggap memberi berkah. Di reruntuhan Shimao, provinsi Shaanxi ditemukan banyak sekali tengkorak wanita. Jumlahnya sekitar 80 orang dan telah berumur sekitar 4.800 tahun sebelum ditemukan arkeolog.

Tumbal Wanita Massal di China Kuno [image source]
Tumbal Wanita Massal di China Kuno [image source]
Pengorbanan ini diyakini bertujuan untuk memberi keselamatan saat membangun kota. Shimao dibangun dengan mengorbankan 80 wanita dalam sebuah ritual yang brutal. Wanita-wanita ini dipenggal dan darahnya dibiarkan mengalir di tanah. Setelah itu potongan kepala ikut ditanam dalam bangunan.

7. Pengorbanan Kepala Manusia di Minoan

Jika di atas kita telah membahas mengenai manusia yang dicampur dengan tubuh hewan dalam pengorbanan. Kali ini di Minoan, Crete, Italia, terdapat pengorbanan yang nyaris mirip. Seorang tulang gadis yang diduga masih perawan ditemukan dengan keadaan mengerikan. Kepala terbuka dan menyatu dengan kepala hewan.

Pengorbanan Kepala Manusia di Minoan [image source]
Pengorbanan Kepala Manusia di Minoan [image source]
Arkeolog meyakini jika sebelum meninggal, gadis ini dipukul kepalanya hingga terbuka. Setelah itu kepala diisi dengan pernak-pernik dan juga tulang hewan. Setelah prosesi selesai. Anak ini akhirnya dikubur dan keberkahan akan datang dengan sendirinya. Pengorbanan ini juga berlaku untuk menghormati pahlawan yang menyelamatkan desa.

Pengorbanan terhadap manusia adalah tindakan yang mengerikan. Karena pada dasarnya nyawa manusia sangatlah berharga. Semoga di era modern seperti ini tidak ada lagi yang namanya pengorbanan atau pun tumbal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA