in

Penting! Ini 4 Cara Mudah untuk Keluarkan Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Daging ikan memang sangat disukai oleh banyak orang. Selain rasanya enak, juga karena gizi yang terkandung pada daging tersebut sangatlah banyak. Tapi beberapa orang juga ogah untuk makan dari daging hewan satu ini. Penyebabnya adalah karena tulangnya terlalu banyak dan kecil-kecil sehingga bisa masuk ke dalam tenggorokan.

Hal itu pasti sangat menyebalkan. Di waktu kita menikmati makanan, tapi malah terganggu karena tulang ikan tak sengaja masuk ke tenggorokan kita. Masalah ini jangan disepelekan ya sahabat boom karena itu bisa melukai tenggorokan. Tapi tenang, beberapa cara di bawah ini bisa jadi penyelesaian kalau ada yang kemasukan tulang ikan.

1. Coba dulu dengan minum segelas air

Minum air putih [image source]
Ini adalah pertolongan pertama yang paling mudah dilakukan. Caranya adalah dengan minum segelas air putih sahabat boom. Hal tersebut dilakukan supaya tulang ikan ikut larut bersama air yang diminum. Tapi perlu diingat ya, kalau tak ada perubahan apapun lebih baik jangan diteruskan. Karena hal itu hanya bisa membuat perut kalian kembung. Nggak mau kan tenggorokan sakit tapi malah tambah penyakit?

2. Batuklah yang keras jika tak keluar juga

Batuklah yang keras agar bisa mengeluarkan tulang ikan [image source]
Cara kedua ini bisa banget dilakukan kalau minum air putih tak mempan untuk mengeluarkan tulang ikan. Caranya adalah dengan batuk. Batuklah dengan keras agar memancing tulang tersebut keluar dari tenggorokan. Biasanya cara ini efektif untuk orang yang sedang ketulangan. Tapi kalau tak ada perubahan, jangan diteruskan cara ini. Karena batuk keras yang terlalu dipaksakan bisa membuat tenggorokan mengalami peradangan.

3. Menggunakan gumpalan nasi yang caranya sudah diterapkan sejak dulu

Memakan nasi yang sudah dibentuk menjadi gumpalan [image source]
Ketulangan pada tenggorokan memang hal yang sangat menyebalkan. Apalagi berbagai cara sudah dilakukan dan tak kunjung keluar juga. Ya, cara ini bisa diterapkan untuk orang yang kemasukan tulang ikan. Caranya adalah dengan memadatkan nasi kemudian dipadatkan menggunakan tangan. Kemudian gumpalan nasi tersebut ditelan, tapi jangan buru-buru minum setelah memakannya ya sahabat boom.  Itu agar nasi tersebut tidak hancur terkena air. Biasanya cara ini sangat efektif karena tulang ikut masuk bersama nasi ke dalam lambung.

4. Cara terakhir dengan memanfaatkan buah pisang

Dengan menelan buah pisang [image source]
Kalau ketiga cara di atas tetap tak mampu untuk mengeluarkan tulangnya, cara ini adalah solusinya. Caranya dengan memakan buah pisang. Terlebih dahulu pisang dipotong kecil-kecil menjadi beberapa bagian. Kemudian potongan pisang dimasukkan ke dalam mulut dan diamkan beberapa detik. Kalau sudah terasa seperti bubur, telanlah pelan-pelan buahnya. Hal ini dilakukan karena memanfaatkan kelengketan buah pisang yang dipercaya mampu menarik tulang ikan tersebut dari tenggorokan.

Cara-cara di atas sangat mudah untuk diterapkan ketika ada orang yang kemasukan tulang ikan pada tenggorokannya. Tapi jika semua cara itu nggak berhasil, lebih baik segera dibawa ke dokter spesialis THT. Karena kalau hal ini dibiarkan terlalu lama bisa berakibat fatal sahabat boom yaitu tenggorokan bisa radang dan yang paling parah adalah mengeluarkan nanah.  Jadi, berhati-hatilah kalau sedang makan ikan yang banyak tulangnya ya..

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

4 Negara Selain Indonesia yang Etnisnya Bangga Jadi Keturunan Kerajaan Sriwijaya

5 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek yang Sangat Gampang Digunakan