Nasib Pejuang Veteran yang Kini Jadi Tukang Foto Keliling

oleh Savira soviana
11:00 AM on Sep 28, 2015

Foto sudah menjadi tren di kalangan masyarakat mulai era dahulu kala. Bentuknya yang dulu dalam cetak kertas, kini sudah bisa dinikmati tanpa harus mencetaknya yaitu dalam bentuk digital. Kini pun gambar tak harus di ambil di studio, tetapi juga melalui kamera yang handy yaitu mulai dari kamera yang terpasang di handphone hingga kamera masa kini dengan berbagai jenis lensa.

Dengan meningkatnya teknologi ini, kita dimudahkan untuk mengambil foto di manapun kita suka sebagai pengabadian momen. Oleh karena itu di era ini banyak sekali fotografer handal yang dibutuhkan untuk memotret model, pemandangan, produk atau bahkan acara-acara khusus seperti pre-wedding, resepsi pernikahan hingga acara wisuda.

Baca Juga
15 Status Resolusi Suka-suka ala Netizen Indonesia, dari Realistis Hingga Bikin Ngakak
Inilah 5 Fakta Makam Keramat di Purwokerto yang Tak Dipindah Meski Ganggu Lalu Lintas

Fenomena tersebut juga berpengaruh pada seorang kakek yang juga seorang fotografer yang menjual jasa fotonya. Namun yang berbeda adalah ia menjual jasanya secara keliling dan ia akan datang ke acara-acara penting untuk mencari peruntungan. Dengan sebuah kamera yang ia tenteng ke mana-mana, ia menawarkan jasa foto. Salah satu acara yang ia tunggu untuk mengais rejeki adalah acara wisuda.

Bapak Fotografer ini mengais rezeki saat ada acara khusus, seperti wisuda
Kakek Fotografer ini mengais rezeki saat ada acara khusus, seperti wisuda [ImageSource]
Pada acara tersebut biasanya ia menawarkan jasanya dan setelah ia memotret,  kemudian di cetaknya hasil foto tersebut. Tiap foto yang telah ia cetak, ia patok harga sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 untuk tiap lembarnya. Jika hanya ada acara wisuda inilah, ia bisa mendapat sesuap nasi. Namun sayang, ia tidak bisa bertumpu pada pendapatan jasa foto ini karena jarang yang membeli jasanya di luar acara-acara penting. Seperti yang kita ketahui, di jaman yang sudah modern ini, masyarakat sudah banyak yang memiliki kamera. Mulai dari kamera yang terdapat di handphone hingga kamera berlensa yang harganya jutaan rupiah.

Kakek renta ini telah hidup di masa jaman penjajahan hingga kini masa kemerdekaan. Ia bahkan pernah ikut berjuang dalam perang melawan penjajah pada masa Indonesia masih belum mengumumkan kemerdekaannya. Namun, kehidupannya kini tidak semulus harapannya. Jasanya saat membantu terwujudnya kemerdekaan di masa penjajahan tidak mengubah ranah kehidupan dirinya. Untuk mencari makan pun ia harus bersusah payah untuk berkeliling menawarkan jasa fotonya.

Kakek Penjual Jasa Foto
Kakek Penjual Jasa Foto [ImageSource]
Keaadaan kakek yang berasal dari Padang, Sumatera Barat ini kini sebatang kara di kota perantauan Jakarta. Tak ada satupun sanak saudara yang menghubunginya. Ia seperti terlupakan begitu saja oleh keluarga di kampung halamannya. Ia biasanya duduk di OCBC, samping Mall Ambassador, Kuningan Jakarta selatan saat istirahat untuk sekedar beristirahat, menghilangkan dahaga dan mengganjal rasa lapar dengan beberapa snack yang ia punya. Kehidupannya kini bergantung pada kamera DSLR yang satu-satunya ia punya saat ini.

Kehidupan memang tak selalu sesuai dengan harapan. Adakalanya senang ada juga saat kita sedih hingga ingin mengakhiri semuanya. Namun, hal yang terpenting adalah selalu bersyukur dan semangat untuk meraih tujuan. Lakukan hal-hal yang positif yang bisa membuat diri lebih berkembang. Layaknya kakek rantau asal Padang ini. Meski ia sebatang kara, ia tak lantas meneruskan hidupnya dengan bermalas-malasan atau meminta-minta. Ia bekerja keras dan selalu beryukur walau penghasilnnya tak banyak.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara
BACA JUGA