5 Bagian Tubuh dari Orang-Orang Terkenal yang Diawetkan Hingga Sekarang

oleh Centralismo
12:00 PM on Aug 31, 2015

Selain dikenal dengan keahlian dan bakatnya, biasanya seorang selebriti dikenal dengan bagian tubuh tertentunya. Misalnya, Angelina Jollie tentu selalu diidentikkan dengan bibirnya yang seksi. Atau Beyonce yang memiliki bagian pinggul yang demikian indah dan digilai banyak pria dan wanita. Tidak sedikit wanita yang rela menjalani operasi menyakitkan untuk mendapat bokong seindah diva berkulit hitam manis tersebut.

Tidak heran jika banyak sekali artis yang mengasuransikan bagian tubuh mereka dengan harga sangat fantastis. Inul Daratista, contohnya, pernah mengasuransikan pinggulnya dengan harga hampir satu milyar rupiah. Berikut ini adalah bagian tubuh dari orang-orang terkenal, yang tetap menjadi barang incaran banyak orang, meskipun sang selebriti telah terkubur di dalam makamnya masing-masing.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

1. Kepala Jeremy Betham

Jeremy Betham adalah seorang ahli filsafat yang juga menjadi dosen di sebuah kampus. Di tahun-tahun terakhirnya, dia sering membawa sepasang mata palsu di sakunya. Jeremy berkata, ketika dia mati nanti, dia ingin tubuhnya di mumifikasi, namun mata aslinya dicungkil dan diganti dengan mata palsu yang dia bawa-bawa. Ketika Jeremy wafat, keinginannya tersebut dilaksanakan. Patung mumi Jeremy diposisikan di kampus sebagai tanda penghormatan dari almamater.

Kepala Jeremy Betham
Kepala Jeremy Betham [ImageSource]
Namun, sayang sekali, patung mumi Jeremy, khususnya bagian kepalanya sering sekali dijadikan bahan ledekan dan olok-olok oleh mahasiswanya. Oleh karena itu pihak kampus memutuskan untuk mengganti mumi Jeremy dengan patung yang mirip dirinya. Sementara kepala Jeremy disimpan di sebuah museum dan hanya boleh dilihat dengan izin khusus dari pengelola.

2. Otak Einstein

Siapa yang tidak kenal dengan ilmuwan Einstein. Sang jenius ini memiliki bagian tubuh yang paling dikenal sepanjang abad 20: otaknya. Konon, otak Einstein diidentikkan dengan lambang kepintaran dan kejeniusan. Otak Einstein juga jadi objek yang membuat para ahli neurosains menjadi penasaran.

Otak Einstein
Otak Einstein [ImageSource]
Beberapa bagian otak Einsten telah diberikan kepada sekelompok peneliti untuk penelitian tentang kecerdasan. Sementara bagian lainnya masih disimpan oleh dokter yang melakukan pembedahan pada mayat Einstein. Otak Einsten merupakan satu-satunya bagian tubuh manusia yang telah dibahas dalam banyak buku dan film dokumenter.

3. Jari Galileo Galilei

Galilelo Galilei adalah ilmuwan yang harus menderita karena kepintarannya. Di jaman dahulu, orang-orang percaya bahwa matahari bergerak mengelilingi bumi. Setelah melakukan banyak penelitian dan menunjukkan serangkaian bukti-bukti, Galileo mengemukakan bahwa justru Bumi-lah yang bergerak mengelilingi matahari.

Jari Galileo Galilei
Jari Galileo Galilei [ImageSource]
Pernyataanya tersebut membuat banyak kalangan geram, khususnya kalangan gereja. Galileopun dihukum mati karena teorinya dianggap menyesatkan. Beberapa tahun kemudian barulah diketahui bahwa teori Galileo memang tepat. Orang-orang mulai membongkar makamnya dan mengambil jari tengah dari tangan kanan Galileo. Jari tersebut disimpan di Musium of the History of Science di Florence. Jari tersebut disimbolkan sebagai lambang perlawanan kepada kelompok yang telah mengeksekusi mati Galileo, padahal apa yang dikatakannya adalah benar.

4. Gigi Budha Gautama

Budha Gautama adalah guru spiritual yang ajarannya menjadi sumber dari agama Budha. Ajaran ini muncul di India pada abad 6 SM. Saat Budha meninggal, diapun dikremasi. Seluruh tubuhnya menjadi abu, kecuali gigi taringnya. Gigi taringnya ditemukan dengan keadaan yang nyaris utuh.

Gigi Budha Gautama
Gigi Budha Gautama [ImageSource]
Ketika India berada dalam perang pembagian wilayah, gigi Budha ini menjadi salah satu barang warisan yang jadi rebutan. Selain gigi tersebut sangatlah tua usianya, banyak orang yang menganggap bahwa gigi itu mengandung berkah dan keajaiban. Setelah beberapa kali dipindahkan dan diperebutkan, kini gigi itu ditempatkan di Kandy, Srilanka, hingga hari ini.

5. Pecahan Tengkorak Abraham Lincoln

Di National Museum of Health and Medicine, Maryland, Anda bisa menemukan banyak sekali benda-benda yang berhubungan dengan mantan presiden AS, Abraham Lincoln. Mantan Presiden AS ini tewas karena ditembak orang tidak dikenal. Sesaat setelah kejadian naas tersebut, Lincoln dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tidak dapat ditolong lagi.

Pecahan Tengkorak Abraham Lincoln
Pecahan Tengkorak Abraham Lincoln [ImageSource]
Untuk mengeluarkan peluru dari batok kepalanya, banyak sekali cara yang ditempuh oleh pihak rumah sakit. Salah satunya dengan sedikit melubangi tengkorak mantan orang nomor satu AS tersebut. Akhirnya, serpihan dari tengkorak Lincloln yang diambil setelah operasi diabadikan oleh rumah sakit tersebut. Serpihan itu diletakkan tepat di samping peluru yang menewaskannya.

Demikianlah beberapa bagian-bagian tubuh yang sangat terkenal di dunia. Melalui bagian tubuh tersebut, generasi sekarang diharapkan untuk belajar lebih banyak lagi tentang hal-hal yang terjadi di masa lampau. Selain memiliki nilai sejarah, benda-benda ini juga memiliki nilai sains yang tidak boleh diabaikan.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa daerah di mana orang-orang mengawetkan tubuh orang yang sudah meninggal. Namun tubuh tersebut diawetkan dalam keadaan utuh, tidak sepotong-sepotong seperti bagian tubuh yang disebutkan di atas. Jika Anda diberi kesempatan, beranikah Anda mengunjungi museum dan melihat potongan bagian tubuh di atas? (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA