Beginilah Definisi Tubuh Ideal Wanita Dari Waktu ke Waktu

oleh Tetalogi
10:47 AM on Jun 9, 2015

Setiap wanita selalu ingin tampil cantik dan memiliki tubuh yang ideal. Banyak hal dilakukan untuk bisa mendapatkan tubuh cantik dan ideal, mulai dari menjaga pola makan yang sehat dan juga dengan rajin berolahraga. Sejak dulu, wanita memang mengalami perubahan yang signifikan, baik dari gaya hidup, standar kecantikan, hingga bentuk tubuhnya.

tubuh wanita dari waktu ke waktu

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Di masing-masing negara yang berbeda dan dari masa yang berbeda, definisi cantik ternyata juga berbeda-beda. Dulu, wanita rela pakai korset yang mencekik pinggang demi tubuh ramping, namun beberapa waktu terakhir, wanita mengalami peningkatan ukuran tubuh. Ketakutan akan tubuh yang ‘membengkak’ kadang memunculkan fenomena anoreksia yang mengkahwatirkan. Nah, Boombastis kali ini akan mengajakmu mengenali definisi tubuh ideal dari waktu ke waktu.

1. Tahun 20an

Tahun 1920 di Amerika Serikat, wanita sudah mulai mendapatkan kebebasan untuk ikut pemilihan umum. Kebebasan wanita mulai diangkat di tahun-tahun ini. Dengan adanya keinginan untuk merasakan kebebasan ini, wanita kemudian lebih menyukai penampilan yang bersifat androgini.

Model 1920-an [Image Source]
Model 1920-an [Image Source]
Definisi cantik pada masa ini adalah lebih pada bentuk tubuh yang kelaki-lakian. Mereka lebih menyukai dada yang kecil dan hampir datar dan dengan pinggang yang samar. Untuk tata rambut, rambut model bob pendek lebih disukai.

2. Masa Keemasan Hollywood (1930an-1950an)

Pada masa keemasan Hollywood ini ada aturan moral tertentu tentang apa yang tidak boleh dikatakan atau ditunjukkan dalam film. Kode ini membatasi peran wanita yang boleh ditunjukkan di televisi, yang kemudian melahirkan figur wanita yang menjadi idola banyak orang.

Hollywood [Image Source]
Hollywood [Image Source]
Pada masa ini bintang film seperti Marilyn Monroe menjadi pujaan dengan bentuk tubunya yang curvy. Figur berlekuk seperti jam pasir menjadi idola para wanita dengan dada yang besar dan pinggang yang ramping.

3. Tahun 60-an

Pada masa-masa ini, bentuk tubuh yang dianggap ideal mulai berubah drastis. Bentuk tubuh yang ramping dan kurus banyak disukai pada tahun 1960an. Selain memiliki tubuh yang kurus, kamu juga harus tinggi untuk bisa masuk dalam kategori cantik pada masa itu.

Model 1960-an [Image Source]
Model 1960-an [Image Source]
Pada masa ini, kaki panjang dan ramping akan dilihat sebagi bentuk kaki yang indah. Selain itu bentuk tubuh yang seperti anak remaja menjadi definisi tubuh wanita ideal pada tahun 1960-an.

4. Era Supermodel Tahun 1980an

Tahun 1980-an adalah eranya para supermodel. Para wanita yang ingin tampil dengan tubuh ideal dituntut untuk mendapatkan tubuh yang tinggi, langsing, atletis, tapi juga masih tetap berisi. Tubuh yang ramping tapi juga curvy menjadi bentuk ideal tubuh wanita. Tangan yang kencang juga menjadi idaman bagi setiap wanita di masa ini.

Model 1980-an [Image Source]
Model 1980-an [Image Source]
Bentuk tubuh seperti ini mulai diidamkan sejak olahraga aerobik diciptakan di era yang sama. Hal ini berdampak pada banyaknya wanita yang kemudian ingin menjadi lebih fit dengan tubuh tinggi dan kelihatan lebih atletis.

5. Tahun 1990an

Tahun 1980an bisa menjadi masa yang cukup baik karena tingginya keinginan untuk tampil ideal dengan berolahraga. Namun bentuk tubuh ideal tahun 1990an justru jauh dari kesan ini.

Model Heroine Chic - Tahun 1990an [Image Source]
Model Heroine Chic – Tahun 1990an [Image Source]
Tahun 1990an bentuk tubuh yang ideal justru yang kurus, pucat, dan lingkaran hitam di sekitar mata seperti seseorang yang kecanduan heroin. Penggunaan heroin nyatanya pada masa ini memang meningkat tajam sampai-sampai President Clinton berkomentar dengan trend yang kurang baik ini.

6. Kecantikan postmodern (2000 hingga sekarang)

Di era milenium, bentuk tubuh ideal kembali berubah jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Wanita pada masa ini dibombardir dengan begitu banyak syarat untuk bisa dianggap cantik dan menarik. Wanita diharapkan memiliki tubuh yang kurus tapi sehat, harus memiliki dada yang besar, pantat yang besar, tapi perut yang rata.

Postmodern beauty [Image Source]
Postmodern beauty [Image Source]
Demi mendapatkan kategori cantik yang seperi ini, banyak wanita akhirnya memilih jalur singkat dengan cara operasi plastik. Bahkan di tahun-tahun terakhir ini, jumlah orang yang melakukan operasi pantat, pasien operasi plastik yang masih berusia dibawah 30 tahun, dan pasien yang menyebutkan selfie sebagai alasan untuk melakukan operasi plastik, meningkat jauh lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Persepsi setiap orang tentang arti tubuh cantik dan ideal selalu berubah dari masa ke masa. Belum pernah ada definisi bentuk tubuh ideal yang bertahan sangat lama. Untuk itulah wahai wanita, ada baiknya jika kita mensyukuri bentuk tubuh kita yang dianugerahkan oleh Tuhan. Kalau mengikuti tren, tidak akan ada habisnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA