in

Menilik 5 Trik Rahasia Para Pembobol Rumah yang Bisa Buka Pintu Dalam Hitungan Detik

Kasus pembobolan rumah dari dulu sampai sekarang memang enggak ada habisnya. Walaupun sudah diberantas oleh pihak yang berwajib, kasus ini tetap saja ada. Bukannya berkurang, malah peristiwa kejahatan ini semakin bertambah. Dengan adanya kasus pencurian rumah yang selalu berhasil, banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara para pelaku untuk masuk ke dalam hunian padahal pintu atau jendela dalam keadaan terkunci.

Ternyata para pencuri ulung ini punya beberapa cara kreatif buat masuk ke dalam rumah sasaran. Hanya dalam waktu beberapa menit, bahkan detik mereka bisa langsung masuk layaknya membuka pintu rumah sendiri. Kalau mau tahu lebih lanjut, yuk simak cara nakal para maling ini.

Menggunakan media kunci ketok

Ketok lubang kunci adalah cara paling umum yang digunakan para maling untuk bobol rumah sasarannya Saboom. Mereka menggunakan metode ini karena selain cara kerjanya mudah, juga kuncinya mudah ditemukan di mana-mana. Bisa memesan di tukang kunci, beli di toko-toko online, bahkan dapat membuatnya sendiri. Namun, kalau membuat sendiri ya butuh ketelitian dan perkakas yang lengkap.

Memakai kunci ketok [Sumber Gambar]
Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan kunci ke lubang tapi jangan terlalu dalam. Biarkan kunci hanya masuk setengah ke dalam lubang tersebut. Lalu, hantam kunci ketok dengan menggunakan palu karet atau benda serupa sekeras-kerasnya. Kalau sudah, kunci diputar dan akhirnya pintu bisa dibuka. Tapi, cara ini memang membutuhkan waktu yang sedikit lama supaya kunci benar-benar bisa membuka pintu.

Bisa juga dengan alat pembobol kunci

Metode ini juga paling sering digunakan oleh para pencuri rumah. Sebab, alat pembobol rumah sangat mudah untuk dibuat sendiri. Alat tersebut harus ada dua bagian penting di dalamnya yaitu sebagai pencungkil dan pengungkit. Untuk pengungkit biasanya dibuat dalam bentuk huruf L yang digunakan sebagai pemberi tekanan di bagian bawah kunci. Sedangkan pencungkil dibuat dengan kaki yang lebih pendek dan menyerupai seperti huruf r. Fungsi dari pencungkil ini adalah untuk menekan pin di lubang kunci sehingga bisa diputar.

Dengan trik pembobol kunci [Sumber Gambar]
Cara membuka pintu dengan alat tersebut adalah terlebih dahulu masukkan pengungkit ke bagian dasar kunci. Lalu masukkan juga pencungkil di bagian atas pengungkit. Kemudian gunakan ujung bawah pencungkil untuk mencari dan menekan pin lubang ke atas hingga keluar dari rumah kunci. Kalau semua pin sudah berhasil digerakkan, maka kunci akan terbuka dengan sendirinya.

Memakai kunci L pada pintu interior

Saat ini banyak rumah menggunakan pintu interior dengan model lubang kecil untuk rumah kuncinya. Nah, dengan pintu yang seperti ini para maling lebih senang karena hanya cukup dengan menggunakan seperangkat kunci L saja untuk membukanya. Bentuk kuncinya memang kecil, tapi sangat ampuh untuk membobol pintu khusunya yang bermodel interior.

Memakai kunci L [Sumber Gambar]
Hal pertama yang dilakukan adalah dengan mencocokkan ujung kunci L ke dalam lubang pintu. Kalau sudah cocok, masukkan lebih dalam ujung kunci L tersebut dengan arah lurus sambil digerakkan maju mundur secara perlahan. Nah, kemudian putar sedikit gagang untuk membuka pintu. Alhasil, pintu akan terbuka dengan sendirinya.

Pakai kartu kredit untuk pintu model lama

Trik ini memang paling sederhana di antara yang lain Saboom. Hanya dengan mengandalkan kartu kredit atau sejenisnya, pintu sudah bisa terbuka. Namun metode ini hanya untuk pintu yang model lama saja. Jika pintu modern, trik ini tidak efektif karena sudah ada alat keamanan tertentu yang ditanamkan di dalamnya. Cara ini juga bisa kok kalian lakukan sendiri ketika kunci ketinggalan di dalam rumah.

Buka pintu dengan kartu kredit [Sumber Gambar]
Caranya adalah dengan menyelipkan kartu kredit di antara kusen dan bagian yang mengunci pintu. Kartu ditempatkan tepat di atas posisi kunci memasuki kusen. Lalu, kartu diarahkan ke bawah dan posisikan di belakang slot kunci. Selanjutnya kartu ditarik ke arah luar sambil memutar gagang pintu. Kalau berhasil, biasanya pintu akan langsung terbuka.

Kalau rumah tidak berpenghuni, maling pakai cara kekerasan

Dobrak rumah adalah salah satu cara terakhir untuk membuka pintu dari rumah sasarannya. Tapi biasanya para maling juga melihat situasi dari keadaan rumah tersebut, apakah sepi atau tidak. Kalau kondisi rumah sepi dan keadaan sekitarnya bagai tidak ada kehidupan, maka para pencuri akan membobol pintu dengan cara kekerasan.

Dengan mendobrak pintu [Sumber Gambar]
Ada dua metode sih yang dilakukan para maling ini. Ada yang pakai kekerasan secara fisik atau bisa juga menggunakan benda keras. Jika menggunakan kekerasan, biasanya pintu ditendang berkali-kali sampai terbuka. Selanjutnya, kalau memakai benda keras, barang yang digunakan adalah pemukul dinding atau sering disebut patok. Trik ini selalu berhasil, namun tingkat risikonya ya cukup tinggi mengingat suara hantaman bisa didengar oleh penduduk sekitar.

Jadi, itulah cara-cara maling untuk membobol rumah korbannya. Tapi, kemungkinan besar masih banyak lagi trik yang digunakan para pencuri mengingat teknologi sudah semakin mutakhir. Sehingga untuk kalian yang meninggalkan rumah, sebisa mungkin titipkan ke tetangga atau gunakan kunci pintu double supaya rumah aman terkendali. Ingat, ini cuma pengetahuan saja ya Saboom, jangan digunakan untuk berbuat kejahatan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengenal Pohon Tarra, Persemayaman Terakhir Bayi Masyarakat Toraja yang Meninggal Dunia

Hamzah Mamba, Sosok Pemilik Abu Tours and Travel yang Hartanya Sanggup Cicil Utang Negara