Trepanation Alias Mengebor Kepala, Cara Edan Orang-Orang Zaman Dulu Mengobati Sakit Kepala

oleh Rizal
07:00 AM on Aug 20, 2016

Selayaknya kita harus berterimakasih kepada ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi karena berkatnya hari ini segala kemudahan bisa didapatkan. Termasuk mengatasi penyakit, pusing misalnya, sekarang sih cuma butuh obat kecil saja sudah pasti sembuh. Dulu, ternyata orang-orang menggunakan cara yang berlebihan bahkan bisa dibilang ekstrem hanya untuk mengatasi masalah kepala ini. Contohnya adalah dengan menggunakan metode Trepanation.

Trepanation mungkin sekilas terdengar seperti hal yang biasa ya, tapi kalau diilustrasikan dijamin kamu bakal mual seketika plus ngeri. Trepanation adalah metode untuk mengatasi sakit kepala orang-orang kuno dulu, caranya adalah dengan melubangi tengkorak. Ya, dengan berbekal alat-alat mengerikan, tengkorak dilubangi sedemikian rupa. Kita mungkin menganggapnya menyakitkan dan memang seperti itu prosesinya, tapi ajaibnya cara ini katanya selalu berhasil. Bahkan si pasien konon mendapatkan sederet manfaat lainnya.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

Kok bisa ya jadinya seperti itu? Padahal cara ini sangat berisiko, bahkan bisa bikin mati. Entah, orang-orang dulu memang sakti-sakti sih dan cara ini mungkin saja memang mujarab. Lebih jauh soal Trepanation, berikut adalah fakta-fakta metode pengobatan brutal dan ngeri itu.

Trepanation Sudah Ada Sejak 7.000 Tahun Lalu

Trepanation terkenal ketika bangsa-bangsa Eropa zaman pertengahan menjalankan praktiknya. Tapi, kalau dilihat dari sejarahnya, metode gila satu ini sebenarnya sudah ada sejak 7 ribu tahun lalu. Buktinya bisa didapatkan dari banyaknya fosil tengkorak manusia berlubang simetris di Peru yang diduga umurnya memang setua itu.

Trepanation sudah ada ribuan tahun lalu [Image Source]
Trepanation sudah ada ribuan tahun lalu [Image Source]
Sejauh ini, soal Trepanation hanya diketahui origin atau asalnya, sedangkan alasan kenapa orang-orang dulu menggunakan metode ini tak pernah diketahui. Mungkin saja nih karena pengetahuan yang minim orang-orang dulu langsung saja main sikat bagian yang sakit. Ketika kepala yang bermasalah ya sudah, kepala yang dihajar. Tapi, melihat jumlah fosil kepala berlubang yang ditemukan cukup banyak, mungkin saja cara ini memang benar-benar berhasil.

Perkembangan Alat Trepanation dari Waktu ke Waktu

Kecuali orang-orang dulu punya kemampuan layaknya Pak Ho Eng Hui yang mencatatkan rekor melubangi kelapa dengan jari, Trepanation jelas harus dilakukan menggunakan alat. Nah, kalau kita lihat sejarahnya, ternyata alat yang dipakai untuk Trepanation berbeda-beda dari masa ke masa. Yang paling primitif adalah dengan menggunakan semacam logam tajam, sedangkan Trepanation modern alatnya berbentuk seperti bor tangan.

Alat Trepanation kuno dan modern
Alat Trepanation kuno dan modern

Untuk yang bor tangan ini bentuknya cukup ekstrem. Mirip dengan alat mengetap ulir yang ujung-ujungnya bergerigi tajam. Cara menggunakannya ya sama persis, tangan memegang handle bagian atas lalu diputar-putar sampai tengkorak berlubang. Tak perlu dibayangkan karena rasanya sudah jelas seperti apa, ditambah lagi dulu juga belum ada bius seperti sekarang.

Ngerinya Proses Trepanation

Kalau zaman dulu sekali Trepanation dilakukan secara konvensional menggunakan logam tajam. Jadi mungkin ya dengan cara diiris-iris tengkorak secara sampai terkikis dan baru berhenti ketika bagian otaknya sudah terlihat. Ah, membayangkannya saja sudah ngilu sendiri.

Proses Trepanation [Image Source]
Proses Trepanation [Image Source]
Tak lebih enak dari menggunakan logam tajam, mekanisme Trepanation zaman modern juga sama ngerinya. Bor diletakkan di kepala lalu diputar perlahan-lahan sampai tengkorak berlubang. Lebih manusiawi prosesnya, walaupun rasa sakitnya tetap tak terbayangkan.

Manfaat Hebat Trepanation

Secara umum Trepanation dipakai untuk menghilangkan pusing, tapi nyatanya metode ngeri dan ekstrem ini tak hanya punya manfaat itu saja. Menurut orang-orang dulu Trepanation ini juga sanggup menghilangkan berbagai macam gangguan kepala lainnya macam epilepsi dan migrain.

Manfaat Trepanation [Image Source]
Manfaat Trepanation [Image Source]
Belum selesai nih, Trepanation juga punya manfaat sampingan yang luar biasa. Berdasarkan catatan yang ada, orang-orang dulu juga menggunakan metode ini untuk mengobati sakit mental. Ada juga anggapan yang mengatakan kalau Trepanation sangat mujarab mengusir setan yang ada di dalam diri seseorang dalam artian lain ia bisa dipakai untuk mengobati kesurupan. Kapan-kapan coba deh, mungkin saja bisa berhasil.

Dokter Modern Mengatakan Trepanation Adalah Metode Gila

Seiring dengan pengetahuan kedokteran yang makin maju, makin banyak tuh metode medis kuno yang ditinggalkan. Salah satunya ya Trepanation ini. Banyak dokter yang mengatakan jika metode ini ngawur dan benar-benar gila. Bagaimana bisa mengobati kepala dengan melubanginya?

Trepanation menurut dokter [Image Source]
Trepanation menurut dokter [Image Source]
Banyak dokter yang mengatakan Trepanation sangat berbahaya karena bisa menimbulkan efek samping yang mengerikan. Infeksi misalnya, atau juga kerusakan otak. Bor yang masuk ke kepala sangat mungkin juga melubangi bagian otak. Kalau sudah begitu maka jelas akan mengalami celaka besar. Tapi, menurut sejarah Trepanation tak pernah membuat korbannya mati. Lha kok bisa begitu ya?

Kalau melihat mekanismenya, memang sangat mengerikan Trepanation ini. Entah sakitnya seperti apa ketika kepala dilubangi seperti itu. Tapi, ajaibnya konon tak pernah ada yang mati ketika menjalani treatment ini. Bahkan, ada yang mengatakan setelah melakukan Trepanation seseorang bisa makin sehat dan energetik. Meskipun demikian, bagaimana pun juga kamu tidak punya alasan untuk mencoba metode ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA