Trend musik akan selalu berubah dari masa ke masa. Kamu pasti masih ingat bagaimana lagu-lagu yang sering kamu dengar saat masih kecil, saat remaja dan dewasa telah banyak berubah. Nah, itu bukti bahwa jenis atau genre lagu yang populer akan berbeda. Nggak jarang, trend lagu ini juga dipengaruhi oleh budaya negara lain. Contoh gampangnya, kamu bisa lihat sendiri trend musik macam boyband dan girlband Korea dan Jepang yang saat ini lagi ngetop banget.

Nah, Boombastis kali ini akan mengajakmu untuk melihat berbagai macam trend lagu yang pernah populer di Indonesia. Sekalian nostalgia masa kecil dan masa mudamu. Yuk simak baik-baik.

1. Tahun 1980an

Tahun 1980an, berbagai genre musik tumbuh subur di Indonesia. Mulai dari pop yang mendayu-dayu dengan lirik yang puitis hingga genre rock yang tidak kalah dengan band-band rock asing yang saat itu juga banyak bermunculan.

Dari kiri ke kanan Chrisye, Diana Nasution, Ebiet G. Ade
Dari kiri ke kanan: Chrisye, Diana Nasution, Ebiet G. Ade

Di genre musik pop ada banyak nama-nama besar seperti Chrisye, Diana Nasution, Rinto Harahap, Ebiet G. Ade, dan masih banyak lagi. Di genre rock, ada berbagai band populer seperti God Bless, Grass Rock dan masih banyak lagi.

2. Tahun 1990an

Tahun 1990an, warna lagu pop yang muncul mulai terdengar berbeda. Lagu pop bernuansakan romantis yang mendayu-dayu masih tetap ada di era ini. Namun muncul juga genre lain seperti alternative rock, pop rock, serta slow rock. Band slow rock macam Slank juga meraih kepopulerannya di era ini. Begitu juga dengan Boomerang dan Jamrud.

Dari atas ke bawah: Naif, Slank, Tipe - X
Dari atas ke bawah: Naif, Slank, Tipe – X

Beberapa band khas anak muda yang cukup populer di era tersebut antara lain seperti Padi, Base Jam, Wayang, Potret, Shaden, DOT, Stinky, Naif, Tipe-X dan masih banyak lagi. Lagu-lagu era ini begitu banyak dikenang oleh anak-anak muda tahun 90an karena dianggap sebagai era musik dengan lagu-lagu yang paling menarik dengan lirik yang bermakna.

3. Tahun 2000an

Di awal tahun 2000, lagu-lagu pop masih menjadi hits dan banyak dinikmati oleh masyarakat di Indonesia. Musisi yang sangat hits di tahun-tahun tersebut antara lain seperti Sheila on 7, Dewa 19, Padi, Rossa, Ungu, Samson, Kerispatih, Letto, Nidji, Bunga Citra Lestari, Andra & The Backbone dan Ada Band. Musisi-musisi pendatang baru juga banyak bermunculan meramaikan kancah musik Indonesia.

Dari atas ke bawah: Sheila on 7, Nidji, Vierra
Dari atas ke bawah: Sheila on 7, Nidji, Vierra

Di era ini juga muncul band-band yang di awal kemunculannya menjadi bahan cercaan seperti Radja dan kangen Band. Namun single kedua band ini sempat menjadi hits di tahun 2006. Pada tahun 2008, muncul musik-musik bernuansa melayu seperti Wali, Hijau Daun dan ST12 yang membuat orang mulai bertanya-tanya tentang kecenderungan trend ini. Nah, selanjutnya di tahun 2009, mulailah bermunculan aliran Power Pop Disney yang digawangi oleh band Vierra yang berhasil memikat hati para penikmat musik remaja.

4. Tahun 2010an

Tahun 2010 menjadi momen munculnya boyband dan girlband di Indonesia. Dengan berkiblat pada Korean Style, boyband dan girlband Indonesia mengusung gaya, model lagu dan koreografi yang mirip dengan negara asalnya. Ada Sm*sh, Cherry Belle, Princess, 7 Icons, Super Girlies dan masih banyak lagi.

Dari atas ke bawah 7 Icons, Smash, Super Girlies

Namun popularitas boyband dan girlband ini mulai meredup hanya dalam beberapa tahun saja. Pengamat musik Budi Ace mengungkapkan bahwa tahun 2014 era boyband dan girlband akan semakin memudar karena penikmat musik mulai meninggalkan genre ini.

Setiap tahun, genre musik akan selalu berubah sesuai dengan permintaan pasar yang juga berubah. Akan ada nuansa-nuansa baru yang meramaikan trend musik di tanah air. Nah, dari beberapa era musik di atas, era tahun berapa sih yang menjadi favoritmu? Siapa musisi yang paling kamu sukai?